Lompat ke isi

Angkat maut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Angkat maut adalah latihan beban di mana palang beban atau palang yang diberi beban diangkat dari tanah setinggi pinggul, batang tubuh tegak lurus dengan lantai, sebelum diletakkan kembali di tanah. Ini adalah salah satu dari tiga latihan angkat besi, bersama dengan sikap jongkok dan bangku beban, [1] serta latihan yang sering dilakukan perkasawan. Kadang-kadang juga digunakan dalam angkat lengan (olahraga kekuatan cengkeraman) .

Fase angkat maut
Fase 1
Fase 1
Fase 2
Fase 2
Fase 3
Fase 3

Dua gaya angkat maut yang umum digunakan dalam lingkungan kompetisi: gaya angkat maut konvensional dan angkat maut sumo . [2] Meskipun kedua gaya ini diperbolehkan berdasarkan aturan angkat maut, hanya sikap konvensional yang diperbolehkan pada perkasawan.

Peralatan[sunting | sunting sumber]

Setelan angkat maut adalah pakaian bantuan angkat besi khusus. Setelannya terbuat dari bahan yang sangat ketat. Bahan tersebut mengencangkan saat jongkok saat turun, menyimpan energi, yang memberikan dorongan ekstra dengan ketegangan yang tersimpan untuk terangkat. Dengan demikian, pencatatan dicatat dengan dan tanpa gugatan. Setelannya juga terdiri dari dua jenis: lapis tunggal (satu lapis) dan lapis rangkap (dua lapis atau lebih). Bantuan tersebut bertambah seiring bertambahnya jumlah lapisan. Posisi awal dengan suit sedikit berbeda untuk memaksimalkan penggunaan, sehingga latihan dengan suit pun berbeda. Pelindung pergelangan tangan terkadang digunakan untuk memberikan dukungan, tidak harus menambah beban yang diangkat, seperti halnya setelan jas. [3]

Tali pengikat dapat membantu dalam angkat maut jika cengkeramannya lemah. Tali Gambar 8 diperbolehkan di beberapa kompetisi orang kuat. Mereka memungkinkan pengangkat memegang palang di ujung jari mereka dan dapat mengurangi jarak yang ditempuh lebih dari satu inci. [4]

Rantai dan karet gelang tebal dapat dipasang di kedua ujung barbel untuk menambah atau mengurangi resistensi pada berbagai fase pengangkatan. Hal ini dikenal sebagai angkat maut resistensi variabel .



Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vaughan-Ellis, Nicolas (2013). "Introduction". Powerlifting: Training, Techniques and Performance. Ramsbury: The Crowood Press. ISBN 978-1-84797-575-1. 
  2. ^ Stoppani, Jim (2015). Jim Stoppani's Encyclopedia of Muscle and Strength (edisi ke-2). Champaign: Human Kinetics. hlm. 184. ISBN 978-1-4504-5974-7. 
  3. ^ Harper, Devin. "Suits, Shirts, Wraps, and Sleeves: A Quick Tutorial on Powerlifting Gear". Breaking Muscle. Diakses tanggal 26 December 2020. 
  4. ^ Beck, Kalle (18 February 2019). "Should An Elephant Bar Deadlift Record Count?". BarBend. Diakses tanggal 26 December 2020.