Angkaisera, Kepulauan Yapen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Angkaisera
Distrik
Negara Indonesia
ProvinsiPapua
KabupatenKepulauan Yapen
Pemerintahan
 • Kepala distrik-
Kepadatan- jiwa/km²
Kampung/kelurahan-

Angkaisera adalah sebuah distrik di Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Indonesia.

Kondisi Geografis dan Demografis Distrik Angkaisera Distrik Angkaisera adalah salah satu distrik yang jaraknya tak jauh dari Kota Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Perjalanan menuju Distrik ini di tempuh melalui jalur darat. Satu jalur jalan yang menembus Distrik ini. Jalan menuju tempat itu sudah diaspal. Namun, tak semua. Sebagian badan jalan masih dalam tahap perbaikan lantaran berlubang. Beberapa tikungan tajam, di lewati. Setiap kendaraan melewati tikungan (baik roda dua maupun roda empat) wajib membunyikan klakson pertanda mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Kendaraan roda dua maupun roda empat lancar ke Angkaisera.

Biaya transportasi untuk angkutan umum (taksi) sebesar Rp. 10.000.00 per-kepala/satu orang. Sementara ojek (motor) harganya bervariasi tergantung jaraknya tempat tujuan. Masing Rp. Rp. 30.000.00 – 50.000.00. Jarak antara Angkaisera dari Kota Serui sekitar 21 kilo. Perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda taksi angkutan umum memakan waktu satu jam perjalanan. Selanjutnya, perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua memakan waktu 20-30 menit.

Memasuki Distrik Angkaisera, tampak satu tanjakan di pinggir bibir jalan. Jika dari arah kota menuju Angkaisera, jurang ini berada di sebelah kanan jalan. Sebaliknya, dari Angkaisera ke kota, tanjakan ini berada di samping kiri jalan raya. Setiap kendaraan yang lalu lalang, kecepatannya dikurangi alias berjalan perlahan-lahan. Persis di tanjakan itu, ada perbaikan perluasan jalan. Perluasan jalan ini di kerjakan dengan menggunakan alat berat (eksavator) di samping kiri – kanan jalan. Bagi kendaraan yang datang dari arah Angkaisera menuju kota harus tancap gas menaiki tanjakan ini. Sementara kendaraan dari arah kota, turun perlahan-lahan. Tanjakan tersebut dinamakan ‘tanjakan Kabuena’ lantaran setelah melewatinya, masuk kampung Kabuena. Kabuena adalah kampung pertama sebagai pembuka memasuki perkampungan lain yang tersebar di Angkaisera.

Secara umum, Distrik Angkaisera terdiri dari 14 kampung. Kondisi permukiman seluruhnya berada di darat dengan kondisi lahan yang cukup subur. Wilayah Distrik Angkaisera berbatasan langsung sebelah Utara Distrik Yapen Utara; sebelah Selatan berbatasan dengan Distrik Kepulauan Ambai; sebelah Barat berbatasan dengan Distrik Yapen Selatan; dan sebelah Timur berbatasan dengan Distrik Teluk Ampimoi. Kondisi penutupan lahan (hutan) berada pada kisaran 32,47-51,39%.