Ang Tanging Ina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ang Tanging Ina
SutradaraWenn Deramas
Produser
Skenario
  • Mel Mendoza del Rosario
  • Keiko Aquino
Cerita
  • Mel Mendoza del Rosario
  • FMG
Pemeran
Penata musikJesse Lasaten
SinematograferSherman So
PenyuntingVito Cajili
Perusahaan
produksi
DistributorStar Cinema
Tanggal rilis
  • 28 Mei 2003 (2003-05-28)
Durasi95 menit
NegaraFilipina
BahasaFilipino
Pendapatan
kotor
₱136 juta[1]

Ang Tanging Ina (terj. har.'Satu-satunya Ibu') adalah film komedi Filipina tahun 2003, dibintangi Ai-Ai de las Alas dan Eugene Domingo. Film ini adalah film Filipina terlaris hingga terlampaui oleh Sukob pada 2006. Saat ini film ini berada di peringkat nomor 6 setelah You Changed My Life (2009), Sukob (2006), sekuelnya Ang Tanging Ina Ninyong Lahat (2008–2009), Kasal, Kasali, Kasalo (2006–2007), dan A Very Special Love (2008). Setiap film diproduksi atau diproduksi bersama oleh Star Cinema.

Kesuksesan film ini melahirkan serial televisi dengan nama yang sama dan tiga sekuel yang berjudul Ang Tanging Ina N'yong Lahat, Ang Tanging Ina Mo (Last na 'To!), dan Enteng Ng Ina Mo.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Ai-Ai de las Alas sebagai Ina Montecillo: Ina adalah istri dari Alfredo, Tony, Kiko, dan Eddie, dan merupakan orang tua dari Juan, Tudis, Tri, Por, Pip, Six, Seven, Cate, Shammy, Ten-Ten, Connie & Sweet. Dia adalah sahabat Rowena. Dia sangat mencintai anak-anaknya, dan akan melakukan apa saja untuk memenuhi keinginan mereka. Dia telah bekerja sebagai pekerja konstruksi, penjual DVD bajakan, pedagang, penari telanjang, dan pekerjaan lain yang dapat Anda pikirkan. Dia kemudian menjadi penyelamat beberapa penumpang dalam ledakan bus. Pada akhirnya, dia menyelesaikan semua masalah anak-anaknya, dan anak-anaknya menjadi bangga padanya sekali lagi. Dia juga menikahi Eddie, tetapi mereka tidak dapat memiliki anak lagi karena Eddie terlibat dalam insiden kembang api.
  • Eugene Domingo sebagai Rowena, Sahabat terbaik Ina. Dia sangat mendukungnya, dan akan melakukan apa saja untuk membuat Ina bahagia.
  • Marvin Agustin sebagai Juan Montecilo, Anak pertama Ina. Dia telah lulus dari perguruan tinggi, dan merupakan penolong keluarga. Ketika Juan mengungkapkan kepada ibunya bahwa ia telah melamar Jenny, Ina menegurnya, dan dia memohon Jenny untuk bergabung dengannya dalam keluarga mereka. Pada akhirnya, Ina memaafkannya, dan dia dan Jenny melanjutkan hubungan mereka. Bertahun-tahun kemudian, mereka bermigrasi ke Selandia Baru untuk kehidupan baru.
  • Nikki Valdez sebagai Getrudis "Tudis" Montecillo: Tudis adalah anak kedua Ina. Lulusan perguruan tinggi, dia adalah satu-satunya anggota keluarga yang bekerja. Dia kemudian memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya, dan mengejar keinginannya untuk menjadi seorang seniman. Pada akhirnya, dia mengambil pekerjaannya kembali, dan puas menjadi salah satu pembantu keluarganya. Bertahun-tahun kemudian, ia pindah ke Kanada di mana ia bertemu lelaki yang menjadi pendamping hidup sepanjang hayatnya.
  • Carlo Aquino sebagai Dimitri "Tri" Montecillo: Tri adalah anak ketiga Ina. Dia adalah siswa yang cerdas di kampusnya, dan berkencan dengan Gretchen. Tetapi ketika orang tua Gretchen tahu ibunya seorang penari telanjang, Gretchen putus dengannya. Ini membuat Tri menjadi terguncang, dan memutuskan untuk keluar dari sekolah. Pada akhirnya, Ina memperbaiki hubungan mereka, dan dia dan Gretchen kembali bersama. Dia juga memutuskan untuk melanjutkan studinya.
  • Heart Evangelista-Escudero sebagai Portia "Por" Montecillo: Por adalah anak keempat Ina. Dia memiliki kepribadian blak-blakan bersama dengan bakat feminin dengan sifatnya, dan juga naksir Jeffrey. Dia adalah orang yang memberi ibunya masalah terberat, karena dia menginginkan "début sempurna". Pada akhirnya, dia debut, dengan keluarga dan teman-temannya diundang. Dia juga memutuskan untuk putus dengan Jeffrey bertahun-tahun kemudian, sebelum bermigrasi ke Dubai sebagai misionaris.
  • Alwyn Uytingco sebagai Tirso "Pip" Montecillo: Pip adalah anak kelima Ina. Dia diam-diam seorang gay, dan keluarganya juga tidak mengetahuinya. Dia jatuh cinta dengan Nhel. Pada akhirnya, Ina menerima kepribadiannya, dan dia & Nhel mulai berkencan.
  • Marc Acueza sebagai Sixto "Six" Montecillo: Enam adalah anak keenam Ina. Dia adalah siswa yang cerdas, dan suka deklamasi dan orasi. Ketika dia mengundang ibunya ke "pengobatan massal", Ina salah mengartikannya sebagai acara "kenakalan atau permen", mempermalukannya. Pada akhirnya, dia memaafkan ibunya. Bertahun-tahun kemudian, ia pindah ke Britania Raya untuk bekerja di sana sebagai perawat.
  • Shaina Magdayao sebagai Severina "Seven" Montecillo: adalah anak ketujuh Ina. Dia juga seorang siswa yang cerdas, dan sangat menyukai esai dan program. Tetapi ketika dia menjadi pemimpin program dengan tema "Bakit Natatangi Ang Aking Ina (Mengapa Ibuku Sangat Istimewa)", dia menjadi takut Ina akan mempermalukannya. Pada akhirnya, dia menyelesaikan program, dan menjadi bangga pada ibunya sekali lagi.
  • Serena Dalrymple sebagai Catherine "Cate" Montecillo: Cate adalah anak kedelapan Ina. Dia agak tomboi, dan tidak sering bersekolah. Dia menyebabkan beberapa masalah saudara-saudaranya seperti perawatan massal Six dan menghilangnya Ten-Ten.
  • Jiro Manio sebagai Samuel "Shammy" Montecillo: Shammy adalah anak kesembilan Ina. Dia sering menjadi sasaran intimidasi di sekolahnya karena dia tidak disunat. Untuk menghindari penghinaan, Shammy mengambil alih tangannya sendiri untuk disunat oleh dokter yang tidak berlisensi dengan tarif 50 peso. Ini menyebabkan dia mengalami demam tinggi, masalah lain bagi keluarga. Pada akhirnya, dia mengatakan meminta maaf kepada ibunya karena tidak sabar, dan kemudian pulih.
  • Yuuki Kadooka sebagai Martin "Ten-Ten" Montecillo, anak kesepuluh Ina yang tunarungu. Cate menakuti Ina setelah menceritakan tentang kondisinya. Dia juga tersesat suatu pagi, mengkhawatirkan keluarganya. Kemudian, Ina menemukannya di gereja lokal. Juga pada akhirnya, keluarganya mengajarinya bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan mereka.
  • Kaye Abad sebagai Jenny, Pacar kuliah Juan. Akhirnya, mereka menjadi rekan kerja di taman hiburan. Kemudian, Juan melamarnya, yang dia terima. Setelah Juan dimarahi oleh ibunya, mereka berdua melarikan diri dari keluarga mereka dan menjalani hidup mereka sendiri. Tetapi setelah mengetahui Juan belum siap, mereka berdua memutuskan untuk kembali ke rumah masing-masing. Pada akhirnya, dia dan Juan melanjutkan hubungan mereka. Bertahun-tahun kemudian, ia dan Juan bermigrasi ke Selandia Baru untuk kehidupan baru.
  • Angelica Panganiban sebagai Gretchen, Pacar SMA Tri. Dia berasal dari keluarga kaya, di mana orang tuanya memberikan yang terbaik untuknya. Setelah orang tuanya mengetahui bahwa Ina seorang penari telanjang, dia memutuskan untuk putus dengannya. Belakangan, Ina memohon padanya untuk melanjutkan hubungannya dengan Tri. Pada akhirnya, dia dan Tri kembali bersama.
  • John Prats sebagai Jeffrey, teman SMA Por yang ditaksirnya. Dia juga menjadi pengawal Por di debutnya. Bertahun-tahun kemudian, Por putus dengannya. Dalam tanging ina kedua, ia menjadi pacar Seven pada awalnya Ina tidak setuju dengan hubungan mereka tetapi akhirnya memahaminya.
  • Dennis Padilla sebagai Eddie, seorang sopir taksi yang ditemui Ina ketika Shammy berada di rumah sakit. Dia jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Ina. Dia kemudian terlibat dalam insiden kembang api dan merusak pantatnya. Dia menikahi Ina, tetapi karena kecelakaan itu, mereka tidak dapat memiliki anak lagi.
  • Edu Manzano sebagai Tony, Suami pertama Ina. Dia adalah ayah Juan, Tudis, Tri & Por. Saat berjudi, Tony diblok oleh penonton. Dia berdiri di atas bangku, mencoba melihat dua serangga yang sedang bertarung. Dia kemudian mengimbangi, mematahkan tulang belakang & kolomnya.
  • Tonton Gutierrez sebagai Alfredo, suami kedua Ina. Dia adalah ayah dari Pip, Six, Seven & Cate. Dia mengalami kecelakaan dan jatuh dari jalan layang sehingga mematahkan punggungnya.
  • Jestoni Alarcon sebagai Kiko, suami ketiga Ina. Dia adalah ayah Shammy, Ten-Ten, Connie & Sweet. Saat hari pernikahan mereka, pita lonceng dialiri listrik secara tidak sengaja. Jadi, ketika dia menarik pita, ia tersengat listrik dan tidak lama kemudian meninggal.
  • Pinky Amador dan Mandy Ochoa sebagai orangtua Gretchen. Mereka berperilaku baik, dan akan memberikan apa pun untuk putri mereka. Awalnya, mereka menyukai Tri, tetapi ketika mereka melihat Ina sebagai penari telanjang di klub, mereka meyakinkan putri mereka untuk putus dengan Tri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]