Andrei Lyapchev

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
BASA-252K-3-23-1-Andrey Lyapchev - Dimitar Karastoyanov Foto.jpg

Andrei Tasev Lyapchev (bahasa Bulgaria: Андрей Тасев Ляпчев) (30 November 1866 - 6 November 1933) ialah Perdana Menteri Bulgaria.

Lyapchev lahir di Resen, Kesultanan Usmaniyah, yang sekarang masuk wilayah Republik Makedonia, dan memainkan peran penting dalam politik di Makedonia. Sebagai mahasiswa, ia berkampanye untuk penyatuan Bulgaria dan Rumelia Timur, sebelum menyunting jurnal Priaporets milik Partai Demokrat. Ia juga dikenal untuk karyanya dalam gerakan kooperatif. Ia masuk Sekolah Tinggi Putera Bulgaria di Tesalonika.

Ia memasuki Parlemen Bulgaria pada tahun 1908 dan sebelum naik pangkat di kementerian. Dalam peran ini ia menandatangani perjanjian tahun 1908 yang mendirikan kemerdekaan Bulgaria sebagaimana gencatan senjata pada tahun itu juga. Setelah Perang Dunia Pertama ia menjadi orang sipil pertama yang menduduki jabatan menteri perang. Popularitasnya anjlok pada masa Aleksandar Stamboliyski dan akibatnya ia dipenjara.

Lyapchev menjadi PM Bulgaria pada tanggal 4 Januari 1926 pada koalisi antara Aliansi Demokrat dan Partai Liberal Nasional. Lyapchev umumnya menganut jalan yang lebih moderat daripada pendahulunya Aleksandar Tsankov, memberikan amnesti untuk tawanan komunis (meskipun partai komunis masih dilarang secara resmi). Ia menjamin 2 pinjaman dari Liga Bangsa-bangsa untuk membantu mempercepat ekonomi. Namun, ia dikritik atas toleransinya atas aktivitas Organisasi Revolusi Dalam Negeri Makedonia yang menjalin hubungan dengan Yugoslavia dan Yunani.

Meskipun bersikap lebih moderat, Bulgaria tetap harus bergelut dengan Depresi Besar sehingga ia kalah dalam pemilu tahun 1931. Ia meninggal di Sofia 2 tahun kemudian.

Didahului oleh:
Aleksandar Tsankov
Perdana Menteri Bulgaria
1926-1931
Diteruskan oleh:
Aleksandar Malinov