Ancik-ancik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ancik-ancik kantor

Ancik-ancik ( bangku kaki, sandaran kaki, sandaran kaki ) adalah sebuah perabot atau penyangga yang digunakan untuk meninggikan kaki . Ada dua jenis utama bangku kaki, yang dapat dikategorikan secara longgar menjadi bangku yang dirancang untuk kenyamanan dan yang dirancang untuk fungsi.[1]

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Ancik-ancik ini menopang kaki seseorang (biasanya anak-anak) agar tidak menyentuh lantai saat duduk. Ancik-ancik diletakkan di bawah kaki orang yang sedang duduk agar kaki orang tersebut dapat bertumpu dengan nyaman di atasnya. Contohnya adalah jenis tumpuan kaki piano yang digunakan bersamaan dengan bangku piano . Fungsinya juga agar peredaran darah tubuh mengalir lebih leluasa saat duduk.

Kursi tukang cukur dan kursi penyemir sepatu memiliki ancik-ancik Sebuah mobil biasanya memiliki " pedal bersandar" yang berfungsi sebagai ancik-ancik untuk mencegah "mengendarai kopling" atau "mengendarai rem". Pasak kaki adalah jenis sandaran kaki lain yang biasanya terdapat pada sepeda BMX, sepeda motor, traktor Ford N-Series, beberapa kayak, roda Impossible, dan alat transportasi lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Footstool". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-04-12. Diakses tanggal 2013-03-07.