Ancaman kematian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Catatan ancaman kematian yang tertinggal di kotak surat Holyoke, Walikota Massachusetts Edwin A. Seibel pada tahun 1955.

Ancaman kematian adalah ancaman, seringkali dilakukan secara anonim, oleh satu orang atau sekelompok orang untuk membunuh orang lain atau sekelompok orang. Ancaman ini sering dirancang untuk mengintimidasi korban dengan tujuan memanipulasi perilaku mereka, di mana ancaman kematian dapat menjadi bentuk pemaksaan. Sebagai contoh, ancaman kematian dapat digunakan untuk menakut-nakuti tokoh publik agar tidak mengejar penyelidikan kriminal atau kampanye advokasi.

Legalitas[sunting | sunting sumber]

Di sebagian besar yurisdiksi, ancaman kematian merupakan jenis pelanggaran pidana yang serius. Ancaman kematian seringkali mencakup dalam undang-undang pemaksaan. Sebagai contoh, undang-undang pemaksaan di Alaska menyatakan:

Seseorang melakukan tindak pidana pemaksaan jika orang tersebut memaksa orang lain untuk melakukan suatu tindakan yang seharusnya dapat dihindari atau menghindari tindakan yang seharusnya dapat dilakukan berdasarkan hak hukum, dengan cara menanamkan ketakutan pada orang yang dipaksa bahwa, jika permintaan tersebut tidak dipatuhi, orang yang membuat permintaan atau orang lain dapat menimbulkan cedera fisik pada siapa pun...[1]

Metode[sunting | sunting sumber]

Ancaman kematian dapat disampaikan melalui berbagai media, antara lain surat, publikasi surat kabar, panggilan telepon, blog internet dan surel. Jika ancaman mengincar suatu lokasi yang sering dikunjungi oleh orang (misalnya, sebuah bangunan), dapat dianggap sebagai ancaman teroris. Terkadang, ancaman kematian merupakan bagian dari kampanye pelecehan yang lebih luas yang menargetkan seseorang atau sekelompok orang (lihat terorisme, pembunuhan massal).

Terhadap seorang kepala negara[sunting | sunting sumber]

Dalam banyak pemerintahan, termasuk monarki dan republik dengan berbagai tingkat kebebasan politik, mengancam membunuh kepala negara atau kepala pemerintahan (seperti penguasa, presiden, atau perdana menteri) dianggap sebagai tindak pidana. Hukuman untuk ancaman semacam itu bervariasi. Hukum Amerika Serikat memberikan hingga lima tahun penjara bagi mereka yang mengancam pejabat pemerintah, terutama presiden.[2] Di Britania Raya, berdasarkan Undang-Undang Feloni Pengkhianatan 1848, ilegal untuk mencoba membunuh atau mencabut hak tahta monarki; pelanggaran ini awalnya dihukum dengan deportasi paksa, kemudian diubah menjadi hukuman mati, dan saat ini hukumannya adalah penjara seumur hidup.

Peringatan Osman[sunting | sunting sumber]

Dinamai dari kasus terkenal, Osman v United Kingdom, peringatan Osman (juga dikenal sebagai surat atau pemberitahuan) adalah peringatan ancaman kematian atau risiko tinggi pembunuhan yang dikeluarkan oleh kepolisian atau otoritas hukum Britania Raya kepada calon korban potensial. Mereka digunakan ketika ada intelijen mengenai ancaman tersebut, namun tidak cukup bukti untuk membenarkan penangkapan potensial pembunuh oleh polisi.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sec. 11.41.530. Coercion. – The Alaska Legal Resource Center". www.touchngo.com. 
  2. ^ "18 U.S. Code § 871 - Threats against President and successors to the Presidency | US Law | LII / Legal Information Institute". www.law.cornell.edu. Diakses tanggal 2015-08-13. 
  3. ^ "Beds is one of nation's 'death-threat capitals' - News". Bedford Today. 2008-06-13. Diakses tanggal 2012-04-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]