Anatahan (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Anatahan
SutradaraJosef von Sternberg
ProduserKazuo Takimura
SkenarioJosef von Sternberg
Tatsuo Asano
Penata musikAkira Ifukube
SinematograferJosef von Sternberg
PenyuntingMitsuzō Miyata
Perusahaan
produksi
Daiwa Production Inc.
DistributorToho
Tanggal rilis
  • 28 Juni 1953 (1953-06-28)
[1]
Durasi92 menit
NegaraJepang
BahasaJepang
Inggris

Anatahan (アナタハン), yang juga dikenal sebagai The Saga of Anatahan, adalah sebuah film drama Jepang hitam-putih tahun 1953 yang disutradarai oleh Josef von Sternberg.[2][3] Para pasukan Jepang yang tetap tinggal pada Perang Dunia II di Anatahan juga menginspirasi sebuah novel tahun 1998, Cage on the Sea.

Film tersebut adalah karya terakhir sutradaraan sutradara Hollywood terkenal Josef von Sternberg (meskipun Jet Pilot kemudian dirilis). Von Sternberg tak biasanya memiliki tingkat kontrol yang tinggi atas film tersebut, dibuat di luar sistem studio, yang membolehkannya tak hanya menyutradarai, tetapi juga menulis, memfoto, dan menarasikan kisahnya. Meskipun film tersebut dibuka di Jepang, film tersebut meraih sambutan yang rendah di AS, di mana von Sternberg masih memotong ulang film tersebut untuk empat tahun berikutnya. Ia kemudian meninggalkan film tersebut dan mengajar film di UCLA selama sebagian besar sisa masa hidupnya. Film tersebut ditayangkan dalam seleksi resmi pada Festival Film Venesia ke-14 (1953).

Sutradara seninya adalah Takashi Kono, efek khususnya dibuat oleh Eiji Tsuburaya dan operator kameranya adalah Kozo Okazaki.[4]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]