Analema

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Foto analema pada sore hari yang diambil pada 1998-99 di Murray Hill, New Jersey, AS. Gedung Bell Laboratories berada di latar depan.

Dalam astronomi, sebuah analemma (/ˌænəˈlɛmə/; dari bahasa Yunani ἀνάλημμα analēmma) adalah diagram yang menunjukkan posisi Matahari di langit, seperti yang terlihat dari lokasi tetap di Bumi pada waktu rata-rata matahari yang sama, karena posisi itu bervariasi selama satu tahun. Diagram akan menyerupai angka 8. Gumpalan Bumi sering menampilkan analemma.

Komponen utara-selatan dari analemma adalah hasil dari perubahan deklinasi matahari karena kemiringan sumbu rotasi bumi. Komponen timur-barat merupakan hasil dari laju perubahan yang tidak sama dari kenaikan diarah kanan Matahari, yang dikendalikan oleh efek gabungan dari kemiringan aksial Bumi dan eksentrisitas orbital.

Seseorang dapat memotret analema dengan menjaga kamera pada lokasi dan orientasi yang tetap dan mengambil banyak eksposur sepanjang tahun, selalu pada waktu yang sama sepanjang hari (mengabaikan waktu musim panas, jika berlaku).

Diagram analema sering membawa tanda yang menunjukkan posisi Matahari pada berbagai tanggal yang berjarak dekat sepanjang tahun. Analema dengan tanda tanggal dapat digunakan untuk berbagai tujuan praktis.

Analema (seperti yang dikenal saat ini) telah digunakan bersama dengan jam matahari sejak abad ke-18 untuk mengkonversi antara waktu matahari tampak dan rata-rata. Sebelum ini, istilah ini memiliki makna yang lebih umum yang mengacu pada prosedur grafis untuk mewakili objek tiga dimensi dalam dua dimensi, yang sekarang dikenal sebagai proyeksi ortografis.[1]

Meskipun istilah analemma biasanya mengacu pada analemma matahari Bumi, ini dapat diterapkan pada benda langit lainnya juga.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]