Koto Nan Duo IV Koto Hilie, Batang Kapas, Pesisir Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Anakan)
Koto Nan Duo IV Koto Hilie
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Barat
KabupatenPesisir Selatan
KecamatanBatang Kapas
Kodepos
25661
Kode Kemendagri13.01.04.2004 Edit the value on Wikidata
Luas.....km²
Jumlah penduduk4,641 orang (2010)
Kepadatan.....jiwa/km²

Koto Nan Duo IV Koto Hilie adalah salah satu Nagari di Kecamatan Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatra Barat, Indonesia, dan berpusat pemerintahan nagari di Kampung Anakan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum dimekarkan, nagari ini berada dalam wilayah Nagari IV Koto Hilie Kec. Batang Kapas. Sebelumnya nagari di Kecamatan Batang Kapas terdiri dari 3 Kenagarian, yaitu: Nagari IV Koto Hilie, Nagari IV Koto Mudiek dan Nagari Taluak, dan akhirnya dimekarkan, dan termasuklah nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie, sebagai Nagari hasil pemekaran di Pesisir Selatan.

Asal usul penduduk[sunting | sunting sumber]

Penduduk di Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie dan sebagian besar penduduk di Kec. Batang Kapas berasal dari Kerajaan Sungai Pagu yang merupakan wilayah Kabupaten Solok Selatan saat ini. Yang lebih dikenal dengan masyarakat Banda Sapuluh

Masjid Ikhlasul Munawwarah Anakan

Wilayah[sunting | sunting sumber]

SD 06 Anakan.

Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie terdiri dari 4 kampuang, di antaranya adalah:

  1. Kampuang Anakan
  2. Kampuang Sapan
  3. Kampuang Taluak Kasai
  4. Kampuang Sungai Bungin

Kampuang Anakan merupakan ibu nagari, di mana di kampung ini menjadi pusat pemerintah nagari dan sejumlah kegiatan.

Perekonomian[sunting | sunting sumber]

Kampung Nelayan Teluk Kasai

Perekonomian masyarakat Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie, hidup dalam pertanian, perikanan, Perkebunan dan perdagangan. Dalam pertanian sebagian besar menghasilkan Padi, dan sekarang sudah mulai kepada perkebunan, di antaranya Sawit, Gambir, Pala, Cengkih.

Disamping itu masyarakat juga ada yang bergerak dalam bidang industri kecil, seperti Batako di Kampuang Anakan, Tembok di Kampuang Taluak Kasai, Kerupuk Sagu di Kampuang Sapan.

Makanan Khas[sunting | sunting sumber]

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

  1. Pantai Sungai Tawar Indah Kampuang Pandan-Sapan
  2. Pantai Indah Sungai Bungin
  3. Batu Nago Labuang Baruak
  4. Pantai Indah Teluk Kasai

Pantai Sungai Tawar Indah (Pantai Suta) merupakan Wisata bahari tertua yang terletak di Dusun Kampung Pandan Kampung Sapan Kenagarian Koto nan Duo IV Koto Hilie Kec. Batang Kapas. Pantai Suta memiliki Tiga ikon yang cukup unik:

  1. Sungai yang rasanya Tawar yang berbentuk danau alami terbentuk dari pendangkalan lautan dan tertinggal didaratan ini. Selain rasa airnya yang tawar uniknya Sungai tawar ini bisa dikeringkan dengan cepat dengan bantuan warga masyarakat sekitar. dengan cara membuat galian kearah pantai laut. Setelah kering Sungai Tawar yang berbentuk danau ini, masyarakat sekitar biasa berbondong bondong menangkap ikan, udang, lokan dan lankitang. Keunikan yang menakjubkan juga kalau kita lihat dari atas dengan bantuan satelit google map Sungai Tawar ini akan berbentuk seekor kelelawar.
  2. Batu akik akik (Batu Rakit). Berbentuk pulau Karang kecil yang berukuran sekitar 20x15 meter. Batu Akik akik ini (sebutan warga sekitar) cuma berjarak sekitar 25 meter dari bibir pantai Sungai Tawar. Maka tidak heran Batu Akik akik ini dijadikan Ikon fhoto selfie bagi pengunjung yang datang kepantai Suta. (sampai tulisan ini dibuat penulis masih mengumpulkan cerita legendanya Batu Akik akik ini)
  3. Gunung Anakan. Gunung ini sama namanya dengan kampung tetangga yaitu kampung Anakan. Tetapi karena dipindahkan Aliran sungai yang memisahakan Gunung Anakan dengan Kampung Anakan, maka gunung Anakan menjadi menyatu secara alami ke Pantai Suta yang dapat dikunjungi oleh pengunjung dengan hanya berjalan kaki. Di Puncak Gunung Anakan ini terdapat sebuah Tampat (kuburan Tua) yang cukup dikeramatkan oleh warga sekitar (dan sampai tulisan ini di buat penulis masih mencari sejarah legendanya)
  4. Teluk
  5. luk Kasai, tidak asing bagi orang Pesisir Selatan karena daerah ini terkenal dengan keelokan teluknya. Teluk ini terletak di kecamatan Batang Kapas,Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatra Barat. Untuk mencapai teluk yang indah ini dapat melalui darat dan laut. Melalui darat, daripadang menuju ke Painan terus ke Batang Kapas. Setiba di asar lama Batang Kapas belok ke kanan menuju Anakan,di Anakan belok ke kanan menuju Teluk Kasai, dari sini Desa Teluk Kasai berjarak 3 km lagi.

Teluk Kasai Jika lewat laut, dari pelabuhan Panasahan Painan kira-kira 30 menit perjalanan dengan Boat,menuju arah selatan. Pantai teluk Kasai ini sangat cocok untuk tempat bersantai keluarga,pantainya yang landai berpasir putih bersih serta ombaknya yang kecil sangat cocok sebagai tempat mandi air laut bagi anak-anak. Siapa yang pernah berkunjung ke Pantai Teluk Kasai ini,suatu saat pasti ingin kembali lagi.Tak peduli apa itu seorang raja atau pejabat yang pernah datang ke Teluk Kasai,seperti raja Jogjakarta Sri Sultan Hamengku Buwono IX, dahulu setiap ada kunjungannya ke Sumatra Barat selalu menyempatkan waktu untuk ke Teluk Kasai walau hanya beberapa jam. Hanya sekadar untuk bernostalgia.

Pers dan media[sunting | sunting sumber]

Di Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie terdapat pemancar televisi yaitu Stasiun TVRI, yang baru bisa memancarkan siaran TVRI Nasional. Masyarakat berharap agar kedepan bisa memancarkan siaran TVRI Sumatra Barat.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]