Anak Kambing Saya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

"Anak Kambing Saya" adalah sebuah lagu daerah yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Meskipun asalnya dari Nusa Tenggara Timur, lagu ini dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Dikenalnya lagu ini secara luas terjadi berkat iramanya yang menyenangkan yang menarik hati para guru Taman Kanak-Kanak ataupun Sekolah Dasar untuk mengajarkannya kepada murid-muridnya.

Lagu "Anak Kambing Saya" diartikan sebagai lagu yang girang. Namun, menurut beberapa orang, lagu ini bermakna orang tua ang mencari anaknya. Kegirangan dalam lagu ini mengartikan tentang kebersamaan dan persahabatan anak dengan orang tuanya.[1]

Lagu ini berbentuk bagaikan sebuah sesi tanya jawab. Hal ini saja sudah terlihat pada baris kesatu dan kedua di mana baris kesatu berisi kalimat pertanyaan, sedangkan barisan kedua berisi kalimat berita yang menyambung seperti menjawab baris kesatu. Hal ini terjadi antara kalimat ketiga dan kalimat keempat.

Lirik[2][sunting | sunting sumber]

Mana di mana anak kambing saya?

Anak kambing tuan ada di pohon waru

Mana di mana jantung hati saya?

Jantung hati tuan ada di kampung baru

Caca marica he hey

Caca marica he hey

Caca marica ada di kampung baru

Caca marica he hey

Caca marica he hey

Caca marica ada di kampung baru

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mahardhika, Gusti Iqbal. "HuWagu: Makna Lagu Anak Kambing Saya (Nusa Tenggara Timur)". HuWagu (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-06-26. 
  2. ^ "Lirik Lagu Daerah Nusa Tenggara Timur | Lagu Daerah dan Lirik Lagu Daerah 34 Provinsi di Indonesia Terlengkap". www.lagu-daerah.com. Diakses tanggal 2017-06-26.