Amii Ozaki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Amii Ozaki (尾崎 亜美, Ozaki Ami), nama aslinya Misuzu Ohara (小原 美鈴, Ohara Misuzu, lahir 19 Maret 1957), adalah seorang penulis lagu penyanyi Jepang.[1][2] Dia telah menulis musik seperti Oribia o Kikinagara karya Anri dan Tenshi no Uinku karangan Seiko Matsuda, serta banyak lagu lainnya. Ozaki membuat penampilan yang tidak biasa di acara Akira Kamiya melalui radio Internet bertajuk "Kamiya Akira Hot Beat Party". Suaminya adalah musisi Ray Ohara. Ibunya adalah Akemi Ozaki, pembuat tas dan dompet populer yang terbuat dari vintage obi.[3]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ozaki mulai belajar piano klasik pada tahun 1965 pada usia delapan tahun.[2] Pada saat dia berusia enam belas tahun, setelah lulus dari Sekolah Menengah Pertama Kinugasa Kota Kyoto, dia mulai menulis karyanya sendiri dan berpartisipasi dalam klub komposer amatir. Karya pertamanya, Hitorikko ka Bakko, bercerita tentang kesepian dalam mencari ibu.[2] Dia bersekolah di SMA Yamashiro Prefektur Kyoto.

Pada tahun 1974, Ozaki berpartisipasi dalam kontes pertamanya, memenangkan 5000¥ dan membuat kesan yang baik pada salah satu juri yang menunjukkan bahwa dia pikir dia akan menjadi seorang profesional dalam waktu dekat.[2] Dia menjadi DJ untuk Fōkusu Studio pada tahun 1976, dan mulai memberikan konser di mana dia memainkan gitar dan piano untuk mengiringi lagu-lagunya. Dia membuat debut profesionalnya pada tahun 1976 dengan single Express Toshiba EMI Express Contemplation/Winter Poster.[2][4] Nama panggungnya "Ami" berasal dari kosa kata bahasa Perancis berarti "teman".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Artist Info – 尾崎亜美" (dalam bahasa Jepang). Columbia Music Entertainment. Diakses tanggal 5 August 2007. 
  2. ^ a b c d e "Amii's Biography" (dalam bahasa Jepang). Club Amii. 11 June 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 August 2007. Diakses tanggal 4 August 2007. 
  3. ^ Great Mother Tales (グレートマザー物語, Gurēto Mazā Monogatari). 2005-01-09. TV Asahi. 
  4. ^ 尾崎亜美(おざきあみ) (dalam bahasa Jepang). goo (音楽). Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 January 2006. Diakses tanggal 4 August 2007. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]