Ambin Sayup

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ruang Ambin Sayup pada rumah Gajah Baliku, dan lain-lain.

Ruang Ambin Sayup adalah bentuk bangun ruang yang tercipta karena adanya rangka kuda-kuda atap membentuk atap perisai maupun atap pelana menghasilkan ruang dengan langit-langit/plafon yang datar, maka konstruksi ruangan tersebut disebut bangun ruang Ambin Sayup.

Semula rumah Banjar menggunakan atap Sindang Langit pada bagian ruang depan rumah Bubungan Tinggi, belakangan tercipta model baru yang disebut rumah Gajah Baliku yaitu dengan mengganti atap ruang depan yang semula atap sengkuap yang disebut Sindang Langit menjadi model atap perisai yang disebut Atap Gajah.

Sehingga ruang-ruang rumah Bubungan Tinggi yang semula lantainya berjenjang (karena bersifat hierarkis) yaitu ruang Panampik Kacil, Panampik Tangah dan Panampik Basar menjadi satu ruang saja yang datar seluruhnya yang disebut ruang Ambin Sayup.

Ruang Paluaran pada beragam jenis rumah Banjar lainnya yang atap depannya beratap atap pelana maupun atap perisai dengan plafond yang datar, semuanya itu disebut Ruang Ambin Sayup, kecuali pada rumah Bubungan Tinggi yang disebut Paluaran/Panampik Basar.

Ruang Ambin Sayup terdapat pada :

  1. Rumah Cacak Burung
  2. Gajah Baliku
  3. Balai Laki
  4. Balai Bini
  5. Tadah Alas

Anjung model Ambin Sayup[sunting | sunting sumber]

Maket rumah Banjar dengan atap Anjung yang menyatu dari Anjung Kiwa sampai Anjung Kanan membentuk atap Ambin Sayup

Pada Rumah Banjar yang menggunakan anjung model Ambin Sayup seperti pada, Rumah Cacak Burung, Rumah Gajah Manyusu, dan lain-lain.

Maket Rumah Cacak Burung dengan anjung dengan atap Ambin Sayup

Galeri[sunting | sunting sumber]