Amantius dari Como

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Santo Amantius dari Como (bahasa Italia: Sant'Amanzio di Como) (meninggal 8 April 448 M) merupakan uskup ketiga Como. Dia didahului oleh Felice dari Como dan Provinus dan digantikan oleh Santo Abundius. Hari rayanya pada 8 April.

Sebuah legenda abad pertengahan menyatakan ia lahir di Britania (tepatnya di Canterbury, sebelum provinsi itu ditinggalkan oleh Kaisar Honorius pada 410 M) seorang pejabat kekaisaran dan, menurut beberapa sumber, bahkan seorang kerabat maternal, mungkin seorang cucu Theodosius II. Historiografi modern mempertimbangkan kemungkinan ini dengan beberapa skeptisisme.

Relikuinya disimpan di Sant'Abbondio hingga 2 Juli 1590, ketika dipindahkan ke Gereja Gesù di Como. Relikui tersebut kemudian dipindahkan ke gereja San Fedele di Como dan tetap berada di sana sampai sekarang.[1]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Siro Borrani, Il Ticino Sacro. Memorie religiose della Svizzera Italiana raccolte dal sacerdote Siro Borrani prevosto di Losone, Lugani, Tip. e Libreria Cattolica di Giovanni Grassi, 1896.
  • Adriano Caprioli, Antonio Rimoldi, Luciano Vaccaro, Diocesi di Como, Brescia, Editrice La Scuola, 1986, ISBN 88-350-7761-3.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Keuskupan Como, Fr. 24. Ketegangan yang kuat antara Gereja Como dan Gereja Milan, tempat Canzo berasal, antara abad ke-6 dan ke-10 mungkin juga mempengaruhi interpretasi eksotis.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]