Alur permainan nonlinear

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Permainan video dengan alur permainan nonlinier memberi pemain tantangan yang dapat diselesaikan dalam beberapa urutan berbeda. Setiap pemain dapat mengambil (atau bahkan menghadapi) hanya beberapa tantangan yang mungkin, dan tantangan yang sama dapat dimainkan dalam urutan yang berbeda. Sebaliknya, video game dengan gameplay linier akan menghadapi pemain dengan urutan tantangan yang tetap: setiap pemain menghadapi setiap tantangan dan harus mengatasinya dalam urutan yang sama.

Gim nonlinier akan memungkinkan kebebasan pemain yang lebih besar daripada permainan linier. Misalnya, game nonlinier dapat mengizinkan beberapa urutan untuk menyelesaikan game, pilihan antara jalur menuju kemenangan, berbagai jenis kemenangan, atau misi sampingan dan subplot opsional. Beberapa game menampilkan elemen linier dan nonlinier, dan beberapa game menawarkan mode kotak pasir yang memungkinkan pemain menjelajahi lingkungan game dunia terbuka secara terpisah dari tujuan utama game, jika ada tujuan yang disediakan.

Permainan yang secara signifikan nonlinier terkadang digambarkan sebagai terbuka atau kotak pasir, dan dicirikan dengan memungkinkan pemain mengukur kemajuan melalui tujuan yang ditentukan sendiri, terlepas dari elemen gim yang dituliskan.[1][2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]