Alpbach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Alpbach
Alpbach sommer.jpg
Lambang Alpbach
Lambang
NegaraAustria
Negara bagianTyrol
DistrikKufstein
Pemerintahan
 • WalikotaMarkus Bischofer
Luas
 • Total58,38 km2 (2,254 sq mi)
Ketinggian975 m (3,199 ft)
Penduduk (1 Januari 2014)[1]
 • TotalKesalahan ekspresi: Karakter tanda baca "[" tak dikenali,
Zona waktuWET (UTC+1)
 • Musim panas (DST)WMPET (UTC+2)
Kode pos6236
Kode wilayah05336
Plat kendaraanKU

Alpbach (bahasa Jerman: [ˈalpax], locally [ˈɔɪ̯b̥ɔx]) adalah sebuah kota kecil yang terletak di negara bagian Tirol di Austria barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Catatan tertulis pertama mengenai Alpbach berasal dari tahun 1150,[2] walaupun permukiman manusia diketahui sudah ada di sana sebelum dan sekitar tahun 1000, dan sebuah kapak perunggu telah ditemukan di Steinberger Joch (celah gunung yang mengarah ke Lembah Ziller) pada tahun 1860 menunjukkan bahwa rute ini sudah digunakan pada periode kebudayaan Hallstatt.

Pada permulaan abad ke-15, kandungan tembaga dan perak ditemukan di Gratlspitz dan Schatzberg dan juga di Luegergraben. Pada masa itu, keluarga Fugger dari Augsburg sudah mengendalikan operasi penambangan di Schwaz dan Kitzbühel, dan mereka lalu memperluas wilayah operasi mereka hingga mencapai lembah Alpbach. Namun, pada abad ke-19, produktivitas telah sungguh menurun sehingga tambang-tambang harus ditutup.

Era pariwisata[sunting | sunting sumber]

Wisatawan mulai mendatangi Alpbach pada permulaan abad ke-20, dan pada tahun 1938 desa ini sudah memiliki akomodasi untuk 110 pengunjung. Semenjak itu jumlahnya meningkat menjadi 2500 dan Alpbach kini menarik sekitar 22.000 pengunjung pada musim panas dan jumlah yang kurang lebih sama pada musim dingin. Pariwisata kini adalah sumber pendapatan utama bagi rakyat Alpbach.

Semenjak tahun 1945, Alpbach juga menjadi tempat diadakannya Forum Eropa Alpbach, yaitu konferensi selama dua minggu yang diadakan setiap tahun yang menarik tokoh-tokoh penting dalam bidang sains, bisnis, seni, dan politik.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Statistik Austria - Bevölkerung zu Jahres- und Quartalsanfang, 2014-01-01.
  2. ^ a b Chizzali. Tyrol: Impressions of Tyrol. (Innsbruck: Alpina Printers and Publishers), hlm. 39

Pranala luar[sunting | sunting sumber]