Fugger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Lukisan Georg Fugger karya Giovanni Bellini, 1474

Fugger (pengucapan bahasa Jerman: [ˈfʊɡɐ]) adalah keluarga bankir Jerman yang berasal dari Augsburg. Bersama dengan keluarga Welser, mereka mengendalikan ekonomi Eropa pada abad ke-16 dan telah menumpuk kekayaan yang berlimpah. Keluarga Fugger juga pernah hampir memonopoli pasar tembaga Eropa.

Keluarga bankir ini menggantikan keluarga Medici yang sebelumnya mempengaruhi seluruh Eropa pada masa Renaisans. Keluarga Fugger mengambilalih banyak aset keluarga Medici. Mereka juga berhubungan erat dengan Wangsa Habsburg, dan kebangkitan keluarga kerajaan tersebut didanai oleh mereka. Tidak seperti warga di Augsburg, keluarga ini menolak menjadi Protestan dan tetap setia dengan iman Katoliknya.

Jakob Fugger "yang Kaya" diangkat menjadi bangsawan Kekaisaran Romawi Suci pada Mei 1511 dan mendirikan Grafschaft Kirchberg dan Weissenhorn pada tahun 1514. Kini, ia dianggap sebagai salah satu orang terkaya yang pernah ada. Walaupun perusahaan keluarga Fugger pada akhirnya dibubarkan pada tahun 1657, mereka tetap menjadi tuan tanah yang kaya dan menguasai Grafschaft Kirchberg dan Weissenhorn.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]