Alois Alzheimer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Alois Alzheimer
Alois Alzheimer 003.jpg
Alois Alzheimer
LahirAloysius Alzheimer
(1864-06-14)14 Juni 1864
Marktbreit, Kerajaan Bayern, Konfederasi Jerman
Meninggal19 Desember 1915(1915-12-19) (umur 51)
Breslau, Provinsi Schlesien, Kerajaan Prusia
Pendidikan
Dikenal atasPenemu penyakit "demensia prapikun" (Penyakit Alzheimer)
ProfesiDokter, psikiater
Institusi
SpesialisasiPatologi saraf
Tanda tangan
Alois Alzheimer signature.svg

Aloysius "Alois" Alzheimer (lahir di Marktbreit, Kerajaan Bayern, Konfederasi Jerman, 14 Juni 1864 – meninggal di Breslau, Provinsi Schlesien, Kerajaan Prusia, 19 Desember 1915 pada umur 51 tahun) adalah seorang psikiater asal Jerman. Ia terkenal karena hasil penemuanya, yaitu penyakit Alzheimer.

Alzheimer dilahirkan pada 14 Juni 1884 di Markbreit, Bayern, Jerman Selatan. Dia menempuh pendidikan di University of Tubingen dan University of Wurzburg, sebelum akhirnya bekerja di institut gangguan jiwa dan epilepsi di kota Frankfurt. Di kota itu, dia berkenalan dengan Franz Nissl, pencipta teknik pewarnaan perak untuk mendiagnosis patologi otak. Di kemudian hari, Alzheimer menggunakan metode pewarnaan perak tersebut dalam penelitiannya tentang otak manusia.

Pada tahun 1901, Alzheimer mendapatkan pasien wanita berusia 51 tahun bernama Auguste Deter yang mengalami kehilangan ingatan jangka pendek dan disorientasi (kehilangan arah). Ketika wanita itu meninggal pada tahun 1906, Alzheimer melakukan pembedahan (otopsi) pada otaknya dan dia menemukan timbunan plak amiloid dan kekusutan serabut saraf yang dideteksi dengan pewarnaan perak.

Pada 3 November 1906, Alzheimer mempublikasikan penyakit demensia prapikun (awal dari penyakit Alzheimer) dan hal tersebut membuatnya makin dikenal. Seorang rekannya yang bernama Emil Kraepelin menggunakan nama Alzheimer untuk menuliskan tentang penyakit tersebut di dalam bukunya. Buku tersebut menjadi panduan bagi dokter Eropa untuk mendiagnosa pasien dengan gejala yang sama.

Aloysius Alzheimer meninggal pada usia 51 tahun akibat gagal jantung dan dimakamkan di Frankfurt.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]