Almogavar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Almogavar Catalunya.

Almogavar (bahasa Spanyol: almogávares, bahasa Aragon: almugávares, bahasa Katalan: almogàvers dan bahasa Portugis: almogávares) adalah kelompok tentara dari kerajaan-kerajaan Kristen di Semenanjung Iberia pada masa Reconquista dari abad ke-13 hingga ke-14.[1] Almogavar adalah pasukan darat yang berpakaian ringan dan dapat bergerak dengan cepat. Mereka berasal dari Kerajaan Aragon, Kepangeranan Catalunya, Kerajaan Valencia, Kerajaan Kastilia dan Kerajaan Portugal.[2][3] Pada awalnya almogavar terdiri dari tentara-tentara dan gembala-gembala dari wialyah pedesaan dan pegunungan, tetapi belakangan kelompok almogavar juga menjadi tentara bayaran di Italia, Yunani Latin dan Levant.[1] Contohnya, setelah berakhirnya Reconquista, mereka membantu Raja Fidiricu III dalam Perang Vespri Sisilia.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Joseph F. O'Callaghan (2004). Reconquest and crusade in medieval Spain. University of Pennsylvania Press. hlm. 94. ISBN 978-0-8122-1889-3. 
  2. ^ Enigmas y misterios de los almogávares. Guillermo Rocafort. hlm. 31. 
  3. ^ Enigmas y misterios de los almogávares. Guillermo Rocafort. hlm. 35. 

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Morris, Paul N., ' "We Have Met Devils!" The Almogavars of James I and Peter III of Catalonia-Aragon', Anistoriton v. 4 (2000)[1]
  • Moreno Echavarría, José María, '"Los almogávares"', Círculo de Lectores.
  • ALMOGÁVERS