Allerleirauh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Allerleirauh adalah sebuah dongeng dari Jerman yang ditulis oleh Grimm Bersaudara abad ke-19.[1] Kata Allerleirauh berarti "berbagai jenis bulu yang berbeda".[2] Tema cerita ini adalah cinta tidak wajar atau inses. Dongeng ini mengisahkan seorang raja yang menjanjikan istrinya yang sedang sekarat bahwa ia tidak akan menikah kecuali jika wanita itu secantik dan sebaik istrinya itu. Ia menyadari bahwa satu-satunya wanita yang bisa menandingi kecantikan istrinya adalah putrinya sendiri. Putrinya itu mencoba membuat siasat agar pernikahan itu tidak terjadi dengan membuat tiga permintaan gaun, satu gaun berwarna emas seperti matahari, satu gaun setebal bulan, dan satu gaun lagi berkilau seperti bintang, serta mantel yang terbuat dari bulu segala jenis burung dan binatang.

Merasa tertekan, putrinya akhirnya melarikan diri dengan berbekal cincin emas, roda pemintal emas, dan gulungan emas, serta ketiga gaunnya. Ia juga menghitamkan wajah dan tangannya dengan jelaga serta mengenakan mantel bulunya. Ia pergi ke hutan dan tertidur di pohon yang berongga. Sang Raja dan rombongan prajurut yang juga pemilik hutan itu sedang berburu. Anjing-anjingnya datang ke pohon dan mengendus, lalu menggonggong.

Prajurit pemburu yang mengawal Sang Raja memeriksa hasil buruan anjing-anjing tersebut. Ia melihat ternyata itu adalah makhluk aneh dengan seribu jenis bulu yang berbeda. Sang Raja pun akhirnya menyuruh menangkap hidup-hidup makhluk aneh itu untuk dibawa ke istana. Gadis itu mengatakan bahwa ia adalah anak miskin yang ditinggal oleh ibu dan ayahnya. Para prajurit pemburu itu menjuluki ia sebagai Allerleirauh.

Gadis malang itu akhirnya disuruh tinggal di dapur dan keajaiban-keajaiban pun terjadi. Ketiga persyaratan itu telah terpenuhi. Hingga akhirnya, Allerleirauh dan Sang Raja menikah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Brothers Grimm's Allerleirauh (All-Kinds-of-Fur): Summary & Analysis". SchoolWorkHelper (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-10-23. 
  2. ^ "Allerleirauh". One-elevenbooks (dalam bahasa Inggris). 2013-09-07. Diakses tanggal 2017-10-23.