Alix dari Eu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alix d'Eu (†skt. 1246), merupakan seorang comtesse yang memerintah di Eu pada tahun 1191 hingga 1246.

Dia adalah putri Henri II, Comte Eu, dan Matilda, putri Hamelin de Warenne, Earl Surrey, dan Isabel de Warenne. Comtesse Eu, Lady Hastings. Alix adalah penguasa terakhir county Eu yang berasal dari Wangsa Normandie. Alix mewarisi Eu dan Hastings setelah kematian ayahandanya pada tahun 1191 karena kakandanya telah meninggal sebelum waktunya.

Pada tahun 1219, Alix bepergian ke Inggris rupanya dalam pengaturan dengan Hubert de Burgh, Earl kesatu Kent, Justicar Inggris. Hubungan mereka tetap menjadi misteri.

Dalam piagam tertanggal Februari 1233, Alix memberikan terram de Forz…ex eschæta Guillelmi quondam domini de Forz et comitis Aubemarle kepada Louis IX, Raja Prancis. Tidak jelas bagaimana Alix mulai mengendalikan Forz.

Alix menikah dengan Raoul I dari Lusignan pada tahun 1213, sehingga dia menjadi Comte Eu dan Lord Hastings, de jure uxoris, pada tahun 1214. Alix dan Raoul memiliki keturunan sebagai berikut:

Alix dimakamkan di La Mothe-Saint-Héray setelah kematiannya. Gelar Comte Eu terus berlanjut selama beberapa generasi Wangsa Lusignan.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pollock 2015, hlm. 101.
  2. ^ Power 2004, hlm. 497.