Alfa-N-arabinofuranosidase

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Xilan, substrat enzim alfa-L-arabinofuranosidase.

Alfa-N-arabinofuranosidase (EC 3.2.1.55, arabinosidase, alfa-arabinosidase, alfa-L-arabinosidase, alfa-arabinofuranosidase, polisakarida alfa-L-arabinofuranosidase, alfa-L-arabinofuranoside hidrolase, L-arabinosidase, alfa-L-arabinanase) adalah enzim yang berperan dalam mengkatalis pemutusan residu dan rantai samping senyawa xilan dan polisakarida lain yang mengandung senyawa arabinosa.[1] Senyawa xilan dan arabinosa ini merupakan salah satu jenis karbohidrat atau sakarida yang umum dijumpai pada dinding sel tanaman.[2] Enzim ini banyak diaplikasikan dalam uji kalorimetrik dalam hidrolisis p-nitrofenil-alfa-L-arabinofuranosidase.[3] Arabinosa, salah satu jenis monosakarida, merupakan hasil dari pemotongan senyawa xilan oleh enzim ini.[4] Bersama dengan enzim xilanase, alfa-L-arabinofuranosidase akan membantuk proses degradasi senyawa xilan membentuk molekul-molekul yang lebih sederhana sehingga dapat lebih mudah diuraikan.[2] Mekanisme ini berperan penting dalam siklus karbon di alam dan proses degradasi ini pada umumnya didominasi oleh mikroorganisme tanah.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Saha BC. 2000. Alpha-l-arabinofuranosidases: biochemistry, molecular biology and application in biotechnology. Biotechnol Adv 18:403–423.
  2. ^ a b c Poliana J, MacCabe AP. 2007. Industrial Enzymes; Structure, Function, and Applications. Dordrecht: Springer. Halaman: 74. ISBN 978-1-4020-5376-4
  3. ^ Coughlan MP, Hazlewood GP. 1993. Alpha-1,4-D-Xylan-degrading enzyme systems: biochemistry, molecular biology and applications. Biotechnol Appl Biochem 17:259–289.
  4. ^ Matte A, Forsberg CW. 1992. Purification, characterization, and mode of action of endoxylanases 1 and 2 from Fibrobacter succinogenes S85. Appl Environ Microbiol 58:157–168.