Alexinos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alexinos (/ælɪkˈsnəs/; Yunani: Ἀλεξῖνος; skt. 339–265 SM[1]) dari Elis, adalah seorang filsuf Sekolah Megarian dan merupakan seorang murid Eubulides. Dari sifat argumentatifnya, ia dengan jelas dijuluki sang penengkar (Yunani: Ἐλεγξῖνος), dari Elis ia pergi ke Olympia, berharap dapat mendirikan sebuah sekte yang akan disebut Olympia, namun murid-muridnya segera merasa jijik dengan ketidaknyamanan tempat itu dan sedikit sarana subsisten, dan meninggalkannya hanya dengan seorang pelayan.

Tidak ada satupun dari doktrin-doktrinnya yang dilestarikan, namun dari penyebutan singkat yang dibuatnya oleh Cicero,[2] sepertinya ia telah membahas teka teki logis. Athenaios[3] menyebutkan sebuah paean yang ditulisnya untuk menghormati Krateros, orang Makedonia, dan yang dinyanyikan di Delfi dengan suara kecapi lira. Alexinos juga menulis melawan Zeno, dan melawan sejarahwan Ephoros. Diogenes Laertios menyimpan beberapa baris atas kematiannya yang tertindik dengan buluh saat berenang di Alpheios.[4][5]

Pada tahun 267/6 SM, Alexinos memperdebatkan pertanyaan retoris Hermarkhos.[1] Philodemos di dalam Pada Retoriknya mengutip sebuah bantahan oleh Hermarkhos di mana ia mengutip Alexinos.[6] Alexinos mengkritik para Sophistes retoris karena membuang-buang waktu mereka untuk menyelidiki pelajaran yang tidak berguna, seperti diksi, ingatan, dan interpretasi bagian-bagian yang tidak jelas dalam para penyair.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Dorandi 1999, hlm. 47
  2. ^ Cicero, Academica, ii. 24
  3. ^ Athenaeus, xv. 696
  4. ^ Laërtius 1925, § 109–110.
  5. ^ Jowett 1867, hlm. 128.
  6. ^ PHerc. 1674

Referensi[sunting | sunting sumber]

Atribusi: