Alexandra Stan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alexandra Stan
Stan ketika tampil di Sofia (2012)
LahirAlexandra Ioana Stan[1]
10 Juni 1989 (umur 34)
Constanţa, Rumania
Tempat tinggalConstanţa, Rumania
Pekerjaan
  • Penyanyi
  • penulis lagu
Tahun aktif2009–sekarang
Kekayaan bersihUS$ 6 juta (2016)[2]
Karier musik
GenreElektronik
Label
Artis terkait

Alexandra Ioana Stan (lahir 10 Juni 1989) adalah seorang penyanyi dan penulis lagu asal Rumania. Lahir di kota Constanţa, dia mulai terkenal ke seluruh dunia lewat single "Mr. Saxobeat" miliknya pada tahun 2011, yang ditulis dan diproduksi oleh Marcel Prodan dan Andrei Nemirschi. Mereka sebelumnya bertemu Stan di sebuah bar karaoke pada tahun 2009 dan menawarinya kontrak dengan label rekaman mereka sendiri, Maan Records. Sebelum lagu "Mr. Saxobeat", Stan terlebih dahulu menyanyikan lagu debutnya, yakni "Lollipop (Param Pam Pam)" (2009), yang membuat Stan meraih ketenaran di negara asalnya. "Mr. Saxobeat" secara cepat mencapai kesuksesan di Rumania dan kemudian di luar negeri, duduk di nomor satu tangga lagu di sepuluh negara. Single Stan selanjutnya, "Get Back (ASAP)" (2011), mencapai peringkat sepuluh besar tangga lagu di Finlandia dan Rumania, dan masuk 20 besar di wilayah Eropa lainnya. Saxobeats, debut album studionya, mulai dirilis ke pasaran pada tahun yang sama.

Menyusul perkelahian fisik yang diduga dilakukan antara dirinya dengan Prodan pada 2013, Saxobeats dirilis kembali dengan judul Cliché (Hush Hush), menampilkan tiga single yang sebenarnya ditujukan untuk album studio keduanya yang tertunda. Album bertitel Unlocked akhirnya dirilis pada bulan Agustus 2014 dan dibantu oleh enam single. Lagunya yang berjudul "Dance" (2014), berada di nomor 25 tangga lagu Japan Hot 100, sementara itu, lagu "Cherry Pop" (2014) menjadi nada dering yang paling dicari di Recochoku dalam waktu dua jam. Album ketiganya yang bertajuk Alesta, dirilis pada bulan Maret 2016. Album tersebut menelurkan sebuah kolaborasi dengan penyanyi Rumania, Inna dan penyanyi reggaeton Amerika, Daddy Yankee di lagu berjudul "We Wanna" (2015), yang menduduki urutan 60 tangga lagu di beberapa wilayah.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Informații dosar – 5946/212/2015" (dalam bahasa Rumania). Curtea de Apel Constanța. 
  2. ^ "Alexandra Stan Net Worth". Celebrity Glad. 
  3. ^ "O bomba internationala sta sa explodeze! Alexandra Stan a plecat la Hollywood! Artista pregateste o revenire spectaculoasa" (dalam bahasa Rumania). Wowbiz. 
  4. ^ "Global Records, casa de discuri a Innei, un an cu rezultate impresionante" (dalam bahasa Rumania). Crazy Radio. 11 Januari 2016. 
  5. ^ "Roton Music – Alexandra Stan" (dalam bahasa Rumanian). Roton Records. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-27. Diakses tanggal 2017-03-03. 
  6. ^ Paraschiv, Elena (3 Agustus 2016). "Mario Joy este locul 1 in Romania cu piesa "California"" (dalam bahasa Romanian). Beatfactor. 
  7. ^ "Victor Entertainment – Alexandra Stan" (dalam bahasa Jepang). Victor Entertainment. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]