Alexander Friedmann

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alexander Friedmann
Alexander Friedmann
Lahir(1888-06-29)29 Juni 1888
Saint Petersburg
Meninggal16 September 1925(1925-09-16) (umur 37)
Leningrad
KebangsaanRusia
Dikenal atasPersamaan Friedmann
Metrik Friedmann–Lemaître–Robertson–Walker
Rantai Friedmann–Keller
Karier ilmiah
BidangKosmologi fisik
meteorologi
hidrodinamika
InstitusiUniversitas Negeri Perm
Institut Politeknik Petrograd
Observatorium Geofisik Utama
Pembimbing doktoralVladimir Steklov
Mahasiswa doktoralGeorge Gamow
Nikolai Kochin
Pelageya Polubarinova-Kochina

Alexander Alexandrovich Friedmann, juga dieja Friedman atau Fridman (Rusia: Алекса́ндр Алекса́ндрович Фри́дман) (29 Juni menurutnya, 16 Juni menurut J. O'Conor, tahun 1888, Saint Petersburg, Kekaisaran Rusia – 16 September 1925, Leningrad, Uni Soviet), adalah seorang fisikawan dan matematikawan Rusia.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ia merupakan anak dari pasangan Alexander Friedmann, seorang komponis dan penari balet, dan Ludmila Voyachek, seorang pianis. Friedmann menghabiskan sebagian besar hidupnya di Saint Petersburg. Ia bertempur dalam Perang Dunia I sebagai pengebom.

Friedmann memperoleh gelarnya di Universitas Negeri St. Petersburg (1910) dan menjadi pengajar di St.-Petersburg State College of Mines dan profesor di Universitas Negeri Perm pada tahun 1918.

Pada Juni 1925, ia menjadi kepala Observatorium Geofisik Utama di Leningrad. Ia juga berpartisipasi dalam penerbangan balon yang memecahkan rekor dengan mencapai ketinggian 7.400 meter pada Juli 1925.

Friedmann meninggal pada tanggal 16 September 1925 pada usia 37 tahun akibat demam tifoid yang menularinya saat sedang berlibur di Krimea.

Sebagai penghormatan, sebuah kawah di bulan dinamai darinya.

Karya[sunting | sunting sumber]

Relativitas[sunting | sunting sumber]

Paper Friedmann pada tahun 1924 yang berjudul "Über die Möglichkeit einer Welt mit konstanter negativer Krümmung des Raumes" (Mengenai kemungkinan sebuah dunia dengan kurvatur ruang negatif yang konstan) yang diterbitkan oleh jurnal fisika Jerman Zeitschrift für Physik (Vol. 21, pp. 326–332) menunjukkan bahwa ia telah mengenal tiga model Friedmann yang mendeskripsikan kurvatur positif, nol, dan negatif satu dasawarsa sebelum Robertson dan Walker menerbitkan analisis mereka.

Model kosmologis relativitas umum yang dinamis ini akan menjadi standar untuk teori ledakan dahsyat dan keadaan tetap. Karyanya sama-sama mendukung kedua teori tersebut, sehingga baru setelah radiasi latar mikrogelombang kosmis ditemukan ilmuwan mulai meninggalkan teori keadaan tetap dan mendukung paradigma ledakan dahsyat.

Solusi untuk persamaan medan Einstein yang mendeskripsikan jagat raya yang homogen dan isotropik disebut metrik Friedmann–Lemaître–Robertson–Walker atau FLRW. Nama Friedmann dimasukkan karena ia menyelesaikan masalah tersebut secara independen (begitu pula Georges Lemaître dan duet Howard Percy Robertson dan Arthur Geoffrey Walker)

Publikasi terpilih[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]