Lompat ke isi

Aleksandr Maslyakov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aleksander Vasilyevich Maslyakov pada tahun 2021

Aleksandr Vasilyevich Maslyakov (bahasa Rusia: Александр Васильевич Масляков; lahir 24 November 1941, di Sverdlovsk, Uni Soviet) adalah pembawa acara permainan televisi terkemuka Soviet dan Rusia. Ia adalah sosok yang terkenal dan ikonik di seluruh bekas Uni Soviet, yang telah tampil di layar kaca hampir sepanjang hidup banyak orang.

Dari tahun 1964[1][2] hingga 2022, pemimpin dan presenter acara TV «KVN». Dalam hal ini ia membandingkan dengan tokoh-tokoh seperti Bob Barker atau Dick Clark di televisi Amerika.

Maslyakov telah bekerja di televisi sejak 1964. Dia telah menjadi pembawa acara di banyak acara permainan saat ini, termasuk «Allo, my ishchem talanty» [Halo, kami sedang mencari bakat], «Adresa molodykh» [Alamat anak muda], «Veselyie rebyata» [Anak-anak yang menyenangkan], «A nu-ka, devushki» [Ayo, gadis-gadis] yang sudah berjalan lama, di mana para remaja putri bersaing satu sama lain dalam keterampilan seperti memasak, menari, atau memerah susu sapi, dan film pendeknya - Rekan hidup untuk remaja putra, «A nu-ka parni». Dia juga pembawa acara pertama (1974) dari apa yang kemudian menjadi salah satu acara permainan terlama di Rusia, «Apa? Di mana? Kapan?» (bahasa Rusia: Что? Где? Когда?).

Maslyakov adalah pembawa acara tetap liputan Soviet Festival Pemuda dan Pelajar Sedunia, yang diadakan di ibu kota besar dunia seperti Sofia, Havana, Berlin (Timur), Pyongyang, dan Moskow, serta menjadi tuan rumah bagi sejumlah acara populer Soviet. Kompetisi lagu sinkronisasi bibir ala Eurovision selama bertahun-tahun.

Referensi

[sunting | sunting sumber]

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]