Alejandro Toledo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Alejandro Toledo
Presiden Peru ke-46
Masa jabatan
28 Juli 2001 – 28 Juli 2006
Wakil PresidenRaúl Diez Canseco
David Waisman
Informasi pribadi
Lahir28 Maret 1946
Cabana, Peru
KebangsaanPeru
Partai politikPerú Posible
Suami/istriEliane Karp
ProfesiEkonom
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Alejandro Toledo (Alejandro Celestino Toledo Manrique) (lahir 28 Maret 1946) adalah politikus Peru. Ia menjabat Presiden Peru pada periode 2001 - 2006. Ia terpilih pada 2001. Ia lahir di Cabana (sebuah wilayah di Provinsi Pallasca, departemen Ancash) pada 28 Maret 1946. Ia berasal dari keluarga sederhana (anak seorang tukang batu di sebuah desa di Pegunungan Andes) yang mendapat pendidikan di Amerika Serikat dan cenderung memahami sistem ekonomi pasar. Ia pernah menjadi tukang semir sepatu yang berdarah Indian.

Ia menyebut dirinya el-Cholo (sebutan ejekan rasial yang juga dipakai sebagai panggilan sayang di kalangan orang Peru berdarah Indian atau campuran yang telah meninggalkan cara hidup tradisional). Meskipun keluarganya telah lama meninggalkan cara hidup tradisional, tetapi ia memanfaatkan ke-Indian-an itu untuk menarik pemilih dari kalangan yang berdarah Indian.

Ia pernah menjadi koresponden koran La Prensa de Chimbote. Ia belajar ilmu ekonomi di Universitas San Francisco. Di Universitas Stanford, ia meraih gelar Ph.D. di bidang ekonomi. Ia pernah menjadi konsultan PBB, Bank Dunia, IDB, ILO di Jenewa dan CODE di Paris. Gelar profesor didapatnya dari The School for Master’s Degree ESAN.

Periode 1991-1994, ia bergabung dalam asosiasi ekonomi di Institut Harvard untuk Pembangunan Internasional. Selain itu ia tercatat sebagai konselor dalam masalah pemerintahan di negera Amerika Latin. Dalam Pemilu Presiden 3 Juni 2001, ia memperoleh 52% suara dan mengungguli calon presiden Alan Garcia. Ia menikah dengan perempuan kulit putih kelahiran Belgia yang ahli antropologi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Valentín Paniagua
Presiden Peru
20012006
Diteruskan oleh:
Alan Garcia