Alat penunjuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Alat penunjuk atau suatu perangkat penunjuk adalah sebuah antarmuka masukan (khusus perangkat antarmuka manusia) yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan spasial (yaitu, terus menerus dan multi-dimensi) data ke komputer. Antarmuka pengguna grafis (GUI) memungkinkan pengguna untuk mengontrol dan memberikan data ke komputer dengan menggunakan gerakan fisik - titik, klik, dan tarik - misalnya, dengan menggerakkan mouse genggam di seluruh permukaan desktop fisik dan mengaktifkan switch pada mouse. Mutasi perangkat penunjuk yang bergema pada layar dengan gerakan dari pointer (atau kursor) dan perubahan visual lainnya.[butuh rujukan]

Perangkat penunjuk yang paling umum sejauh ini adalah "mouse", tetapi sudah lebih banyak perangkat telah dikembangkan. Istilah "tetikus" adalah istilah teknis yang mengacu pada perangkat yang menghasilkan seperti masukan mouse. Namun, "mouse" Istilah umumnya digunakan sebagai metafora untuk perangkat yang memindahkan kursor.

Untuk perangkat penunjuk yang paling, hukum Paul Fitts dapat digunakan untuk memprediksi kecepatan dengan mana pengguna dapat menunjuk pada posisi target yang diberikan.

Perangkat penunjuk umum[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan gerakan obyek[sunting | sunting sumber]

Tetikus (Mouse)[sunting | sunting sumber]

Sebuah mouse adalah perangkat genggam kecil yang mendorong di atas permukaan horisontal. Sebuah mouse pointer bergerak grafis dengan menjadi meluncur di permukaan halus. Mouse roller-bola konvensional menggunakan bola untuk membuat tindakan ini: bola berada dalam kontak dengan dua lubang kecil yang ditetapkan di sudut kanan satu sama lain. Saat bola bergerak memutar poros tersebut, dan rotasi diukur oleh sensor di dalam mouse. Jarak dan arah dari sensor ini kemudian ditransmisikan ke komputer, dan komputer bergerak pointer grafis pada layar dengan mengikuti gerakan mouse. Mouse lain yang umum adalah mouse optik. Perangkat ini sangat mirip dengan mouse konvensional tetapi menggunakan cahaya tampak atau inframerah bukannya bola roller-untuk mendeteksi perubahan posisi.

Tetikus mini[sunting | sunting sumber]

Sebuah Mini-mouse mouse telur berukuran kecil untuk digunakan dengan komputer laptop, biasanya cukup kecil untuk digunakan pada daerah bebas dari tubuh laptop itu sendiri, itu biasanya optik, termasuk kabel ditarik dan menggunakan port USB untuk menghemat baterai.

Trackball[sunting | sunting sumber]

Trackball adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari bola bertempat di soket yang mengandung sensor untuk mendeteksi rotasi bola sekitar dua sumbu, mirip dengan mouse terbalik: sebagai pengguna gulungan bola dengan ibu jari, jari, atau telapak pointer di layar juga akan bergerak. Tracker bola biasanya digunakan pada workstation CAD untuk kemudahan penggunaan, mana mungkin tidak ada ruang meja yang menggunakan mouse. Beberapa mampu klip ke sisi keyboard dan memiliki tombol dengan fungsi yang sama seperti tombol mouse. Ada juga trackball nirkabel yang menawarkan jangkauan yang lebih luas dari posisi ergonomis bagi pengguna.

Joystick[sunting | sunting sumber]

  • Joystick isotonik yang menangani stik di mana pengguna dapat dengan bebas mengubah posisi stik, dengan kekuatan lebih atau kurang konstan.
    • Joystick
    • Stik analog
  • Joystick isometrik - di mana pengguna kontrol tongkat dengan memvariasikan jumlah kekuatan mereka mendorong dengan, dan posisi tongkat tetap lebih atau kurang konstan. Joystick isometrik sering disebut-sebut sebagai lebih sulit untuk digunakan karena kurangnya umpan balik taktil yang disediakan oleh joystick bergerak yang sebenarnya.

Tongkat penunjuk[sunting | sunting sumber]

Sebuah tongkat menunjuk adalah inti tekanan kecil yang sensitif digunakan seperti joystick. Hal ini biasanya ditemukan pada laptop tertanam antara kunci 'G', 'H', dan 'B'. Ini beroperasi dengan merasakan gaya yang diberikan oleh pengguna. Yang sesuai "mouse" tombol biasanya ditempatkan tepat di bawah spasi. Hal ini juga ditemukan pada tikus dan beberapa keyboard desktop.

Berdasarkan permukaan[sunting | sunting sumber]

Tablet grafis[sunting | sunting sumber]

Sebuah tablet grafis atau tablet digitalisasi adalah tablet khusus yang mirip dengan touchpad, tetapi dikontrol dengan pena atau stylus yang diadakan dan digunakan seperti pena normal atau pensil. Jempol biasanya mengontrol mengklik melalui tombol dua arah di bagian atas pena, atau dengan menekan pada permukaan tablet. Sebuah kursor (juga disebut keping) mirip dengan mouse, kecuali bahwa ia memiliki jendela dengan rambut lintas untuk penempatan pinpoint, dan dapat memiliki sebanyak 16 tombol. Sebuah pena (juga disebut stylus) terlihat seperti bolpoin sederhana namun menggunakan kepala elektronik, bukan tinta. Tablet ini berisi elektronik yang memungkinkan untuk mendeteksi gerakan kursor atau pena dan menerjemahkan gerakan menjadi sinyal digital yang mengirimkan ke komputer "[3]. Ini berbeda dari mouse karena setiap titik pada tablet merupakan titik pada layar.

Stylus[sunting | sunting sumber]

Stylus adalah instrumen pena berbentuk kecil yang digunakan untuk perintah input ke layar komputer, perangkat mobile atau tablet grafis. Stylus adalah perangkat input utama untuk asisten pribadi digital dan smartphone yang memerlukan masukan akurat, meskipun perangkat menampilkan multi-sentuhan jari-input dengan layar sentuh kapasitif menjadi lebih populer daripada stylus-driven perangkat di pasar smartphone.

Touchpad[sunting | sunting sumber]

Sebuah touchpad atau trackpad adalah permukaan datar yang dapat mendeteksi kontak jari. Ini adalah perangkat penunjuk stasioner, biasanya digunakan pada komputer laptop. Setidaknya satu tombol fisik biasanya dilengkapi dengan touchpad, namun pengguna juga dapat menghasilkan klik mouse dengan menekan pada pad. Fitur lanjutan mencakup sensitivitas tekanan dan gerakan khusus seperti bergulir dengan menggerakkan jari seseorang di sepanjang tepi. Ini menggunakan grid dua lapisan elektroda untuk mengukur gerakan jari: satu lapisan memiliki strip elektroda vertikal yang menangani pergerakan vertikal, dan lapisan lainnya memiliki strip elektroda horisontal untuk menangani gerakan horisontal.

Touchscreen[sunting | sunting sumber]

Touchscreen adalah sebuah perangkat tertanam ke layar TV monitor, LCD atau sistem monitor layar komputer laptop. Pengguna berinteraksi dengan perangkat dengan menekan fisik item ditampilkan pada layar, baik dengan jari-jari mereka atau beberapa alat bantu. Beberapa teknologi dapat digunakan untuk mendeteksi sentuhan. Sentuh resistif dan kapasitif memiliki bahan konduktif tertanam dalam gelas dan mendeteksi posisi sentuhan dengan mengukur perubahan dalam arus listrik. Pengendali inframerah proyek grid sinar inframerah dimasukkan ke dalam bingkai yang mengelilingi layar monitor itu sendiri, dan mendeteksi di mana suatu objek penyadapan balok. Touchscreens modern dapat digunakan dalam hubungannya dengan perangkat stylus menunjuk, sementara mereka didukung oleh inframerah tidak memerlukan sentuhan fisik, tetapi hanya mengenali gerakan tangan dan jari dalam beberapa rentang jarak minimum dari layar real. Touchscreens menjadi populer dengan pengenalan komputer Palmtop seperti yang dijual oleh produsen hardware Palm, Inc, beberapa kelas kisaran tinggi dari komputer laptop, smartphone mobile seperti HTC atau Apple iPhone Inc, dan ketersediaan driver perangkat touchscreen standar ke Symbian, Palm OS, Mac OS X, dan Microsoft Windows sistem operasi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]