Ala (unit militer sekutu Romawi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


An ala ( bahasa Latin untuk "sayap"; pl. alae ) adalah istilah yang digunakan pada pertengahan Republik Romawi (338–88 SM) untuk menunjukkan formasi militer yang terdiri dari wajib militer dari socii, sekutu militer Roma di Italia. Pasukan konsuler pada periode tersebut terdiri dari dua legiun, yang hanya terdiri dari warga negara Romawi, dan dua legiun sekutu.

Alae berukuran lebih besar dari legiun normal, 5.400 atau 5.100 orang dibandingkan 4.500 orang legiun, dan berisi jumlah kavaleri yang lebih besar, biasanya 900 penunggang kuda dibandingkan 300 yang dipasok oleh Romawi.[1]

Sejak masa kaisar Romawi pertama, Augustus (memerintah 27 SM – 14 M), istilah ala digunakan dalam pasukan kekaisaran profesional untuk menunjukkan pasukan yang jauh lebih kecil (c. 500), unit kavaleri murni dari korps auxilia non-warga negara: lihat ala (unit kavaleri Romawi) .

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ketika pasukan Romawi mulai terdiri dari sebagian warga negara Romawi dan sebagian lagi socii (sekutu dari seluruh daratan Italia), baik Latini maupun Italici, sudah menjadi praktik untuk mengerahkan pasukan Romawi di tengah garis pertempuran dan socii di atas sayap. Pasukan konsuler Republik pertengahan akan terdiri dari dua legiun warga negara Romawi dan dua legiun "ala", dengan ala memasok tiga puluh turmae kavaleri per legiun, sedangkan Romawi hanya menyediakan sepuluh turmae. Oleh karena itu ala dan alarii melambangkan kontingen yang dilengkapi oleh sekutu, baik berkuda maupun berjalan kaki, dan kedua divisi tersebut dibedakan sebagai dextera ala (sayap kanan) dan sinistra ala (sayap kiri).[2]

Hingga masa Polybius, kontingen sekutu yang membentuk alae direkrut oleh pemimpin mereka sendiri di tanah air mereka, yang diharapkan memungut jumlah yang setara dengan pasukan Romawi; spesifikasi perjanjian-perjanjian tersebut tercakup dalam rumusan togatorum.[1] Mereka dikelola oleh enam perwira Romawi yang disebut praefecti sociorum, setara dengan enam tribun militer legiun, yang dipilih dari perintah berkuda oleh konsul yang bertugas [1] Namun, Roma juga akan mempercayai komandan sekutu mereka sendiri, dengan contoh yang luar biasa seperti Frentani Oblacus Volsinius atau Decius Vibellius dari Campanian selama Perang Pyrrhic.[3]

Socii diharapkan untuk berperang dengan cara dan perlengkapan yang sama seperti pasukan Romawi dan menyediakan jatah dasar mereka sendiri, dan pada gilirannya akan menerima persentase dari setiap jarahan yang diperoleh, meskipun dengan jumlah yang lebih rendah daripada jumlah yang setara di Romawi.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Ann Hyland: Equus: The Horse in the Roman World. ISBN 0-300-04770-3.
  • Adrian Goldsworthy: The Complete Roman Army. ISBN 0-500-05124-0ISBN 0-500-05124-0.
  • William Smith, ed.: A Dictionary of Greek and Roman Antiquities, John Murray, London, 1875.
  • Artikel ini mengandung teks dari suatu publikasi yang sekarang berada di domain publik: an article by William Ramsay, M.A., Professor of Humanity in the University of Glasgow on pp. 73-74 of A Dictionary of Greek and Roman Antiquities, John Murray, London, 1875, edited by William Smith, D.C.L., LL.D.

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Sara E. Phang, Iain Spence, Douglas Kelly, Peter Londey (2016). Conflict in Ancient Greece and Rome: The Definitive Political, Social, and Military Encyclopedia [3 volumes]: The Definitive Political, Social, and Military Encyclopedia. ABC-CLIO. ISBN 9781610690201. 
  2. ^ (Livy, xxvii.2, Livy, xxv.21, Livy xxxi.21 ; Lips. de Milit. Rom. ii. dial. 7. We find in Livy x.40, the expression cum cohortibus alariis ("with wing cohorts"), and in x. 43, D. Brutum Scaevam legatum cum legione prima et decem cohortibus alariis equitatuque ire...jussit ("He ordered Decius Brutus Scaeva, legate, with the first legion and ten wing cohorts and the cavalry, to go and oppose said detachment...").
  3. ^ Saskia T. Roselaar (2012). Processes of Integration and Identity Formation in the Roman Republic. Brill. hlm. 80. ISBN 9789004229112.