Kavaleri Romawi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemeraga sebagai prajurit berkuda Romawi.

Kavaleri Romawi (bahasa Latin: equites Romani) merujuk kepada pasukan berkuda dalam angkatan darat Romawi yang bertugas di sepanjang berdirinya Romawi.

kaveleri pertama adalah celeres semi-legendaris atau trossuli.ini adalah 300 orang penunggang kuda yang dimasukkan raja raja pertama roma ke dalam legiun,kemudian menambah jumlah mereka menjadi 600.mereka membawa tombak dan kuda mereka di hiasi cakram perak (phelerae).servius tullius raja ke-6 roma (578-535 SM) , sekali lagi menambah jumlah korps kavaleri ( equites), kali ini menjadi 1.800. Anggota harus mengabdi dalam sepuluh kampanye tetapi memiliki hak suara di majelis, kuda dan peralatan mereka disediakan oleh negara, dan mereka menikmati status tinggi, karenanya dominasi bangsawan di barisan mereka. Sekitar 400 SM kavaleri diperluas lebih lanjut dengan pengendara yang membayar kuda mereka sendiri ( equites equo privato ) tetapi tidak menikmati hak istimewa atau status yang sama seperti equites yang lebih tua . Namun demikian, anggota kavaleri menerima gaji lebih tinggi daripada infanteri. Meskipun korps yang adil terus memasok bahan perwira untuk tentara, pada abad ke-2 SM kavaleri Italia semakin jarang digunakan dalam peperangan Romawi dan peran mereka digantikan oleh pembantu asing .

Auxilia[sunting | sunting sumber]

Dari abad ke-1 SM anggota kavaleri paling sering datang dari provinsi di luar Italia dan negara sekutu juga dapat menyediakan pasukan kavaleri bila diperlukan. Diklasifikasikan sebagai auxilia , pasukan ini membentuk sayap kavaleri atau alae . Ini datang dalam dua ukuran kelompok: quingenaria memiliki 512 orang dan milliaria memiliki 768. Pasukan kavaleri ( turma ) terdiri dari 30 orang dengan dua perwira dan dipimpin oleh seorang decurio . Ada juga kohor campuran infanteri dan kavaleri ( cohortes equitatae ). Kavaleri sebenarnya hanya sebuah detasemen kecil, berjumlah 128 dari 512, atau 256 dari unit 768 orang. Kita tahu, misalnya, equitatae semacam itudi Syria pada abad ke-3 Masehi yang sebenarnya beranggotakan 923 orang, 223 orang kavaleri dan 34 orang penunggang unta. Komando unit-unit ini tetap berada di tangan perwira Romawi dengan gelar praefecti tetapi, selama berabad-abad, perbedaan antara auxilia dan legiun biasa menjadi kurang jelas.Kavaleri semakin menonjol di pasukan Romawi dari waktu ke waktu, meskipun tidak pernah menggantikan pentingnya infanteri, dan terutama di akhir Kekaisaran ketika menjadi perlu untuk berpatroli di daerah perbatasan yang semakin gelisah dengan mobilitas pasukan yang lebih besar. Dari masa pemerintahan Diocletian , kavaleri mungkin merupakan sepertiga dari tentara Romawi dan unit baru kavaleri berkekuatan 500 orang yang dikenal sebagai vexillations berpatroli di perbatasan utara. Unit-unit ini diberi nama sesuai dengan standar vexillum persegi yang mereka bawa.


Kuda[sunting | sunting sumber]

Orang Romawi mewarisi pengetahuan tentang kuda dari orang Yunani dan mengumpulkan kumpulan keahlian yang mencakup jenis kuda terbaik untuk dipekerjakan, metode penanganan dan pelatihan yang paling efektif untuk digunakan, dan praktik kedokteran hewan yang paling efektif. Kuda jantan dari Parthia , Persia , Media , Armenia , Cappadocia, Spanyol, dan Libya adalah yang paling berharga. Lebih memilih hewan yang lebih besar, kuda juga dipilih karena temperamen, stamina, dan ketahanannya terhadap lingkungan ekstrem dan kekurangan makanan. Pelatihan memastikan kuda menjadi terbiasa untuk mengelompokkan serangan, senjata yang berkedip, suara pertempuran, dan hewan aneh seperti gajah yang mungkin diterjunkan musuh.

Kuda diberi makan jelai dan setiap anggota kavaleri diberi enam gantang setiap bulan. Menurut Polybius , seekor kuda menerima 3,5 pound per hari. Terlepas dari setiap perawatan yang dilakukan, kuda menghadapi risiko penyakit dan cedera, sejauh ini yang paling umum adalah ketimpangan - sebagian besar karena kuda tidak bersepatu. Dalam pertempuran, luka yang tidak terlalu serius pada hewan dapat diobati tetapi ancaman terbesar datang dari luka yang terinfeksi.

Agar pengendara dapat mengendalikan kudanya dengan lebih baik, berbagai taktik seperti menggigit dan pelana digunakan. Bit yang ditempatkan di mulut kuda dan dihubungkan ke tali kekang seringkali keras untuk memberikan respon langsung dari hewan tersebut, dan ada banyak bukti bahwa penunggangnya memakai taji. Kuda juga bisa diberangus untuk mencegah mereka saling menggigit saat dalam formasi dekat. Pelana Romawi terbuat dari kayu berlapis kulit dan memiliki dua tanduk depan dan dua belakang untuk menjaga posisi pengendara, terutama karena tidak ada sanggurdi. Mereka juga, tidak diragukan lagi, berguna untuk menggantung potongan-potongan peralatan kavaleri.

Kuda dan penunggangnya dilatih di kandang yang dibuat khusus dan kemudian berkembang menjadi pawai panjang dan praktik manuver seperti muatan dan muatan balasan di berbagai medan. Ada juga turnamen ( hippika gymnasia ) untuk emberikan insentif bagi keterampilan berkendara yang sempurna


Senjata & Armor[sunting | sunting sumber]

Meskipun persenjataan bisa sampai ke masing-masing alae , tergantung dari mana asalnya, kavaleri Romawi standar mengenakan baju besi atau baju besi berskala dan membawa perisai heksagonal (thyreos) datar atau melengkung, oval, bulat, atau bahkan memanjang (thyreos) dari kayu yang ditutupi kulit, bermata logam dengan bos pusat, dan dihiasi dengan desain identifikasi. Penunggang mengenakan helm yang mirip dengan infanteri tetapi biasanya dengan perlindungan ekstra untuk telinga dan biasanya didekorasi dengan lebih tinggi. Senjata termasuk pedang lebar ( spatha , panjang hingga 90 cm) atau pedang panjang ( machaira ) dan tombak lempar pendek ( akontes), yang tiga di antaranya digantung di tempat anak panah di sisi kuda dan yang juga bisa digunakan untuk menusuk. Penunggang juga bisa membawa senjata tambahan seperti kapak dan gada berduri.Kavaleri contarri menggunakan tombak panjang ( lanceae atau kontos ) tetapi tidak pernah digunakan dalam jumlah besar, dan ada juga kavaleri ringan khusus, misalnya pemanah berkuda. Kavaleri berat ( cataphractarii ), di mana penunggang dan kudanya mengenakan baju besi logam, juga digunakan, terutama di provinsi timur. Umum dari abad ke-2 hingga ke-5 M, baju zirah yang diartikulasikan terdiri dari lapisan ganda linen dengan sisik tembagapaduan atau besi dijahit. Kuda itu akan sangat terlindungi di sisi tubuhnya dengan leher, kepala, dada, ekor, dan kaki yang dilindungi oleh penutup logam atau kulit. Pengendara mengenakan baju besi artikulasi untuk melindungi punggung dan dada dan sering kali mengenakan topeng logam dan pelindung untuk paha dan tulang kering. Senjatanya adalah contus , tombak berat berukuran panjang 3,5 meter yang membutuhkan dua tangan untuk digunakan secara efektif. Tidaklah nyaman untuk membawa semua logam berat ini, dan kavaleri lapis baja mendapat julukan clibanarii , yang berarti 'orang oven', mengacu pada panas yang diderita oleh pemakainya.


Strategi & Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Bangsa Romawi belajar dari keahlian Yunani dalam menunggang kuda tetapi, meskipun demikian, mereka sering dikalahkan oleh oposisi di awal periode Republik, terutama oleh kaum Kartago. Pasukan kavaleri Numidian Hannibal membantu menimbulkan kekalahan telak pada Romawi di Pertempuran Trebia pada 218 SM dan sekali lagi di Trasimene pada 219 SM. Hasdrubal, memimpin 10.000 kavaleri Celtic dan Numidian bersama 40.000 infanteri Hannibal, menghadapi 6.000 kavaleri Roma dan 80.000 infanteri di Pertempuran Cannaepada 216 SM dan menikmati kesuksesan serupa. Menurut Polybius, di Cannae pasukan kavaleri Romawi dikurangi menjadi hanya 370 orang yang selamat. Dengan 50.000 orang Romawi tewas, pertempuran itu adalah salah satu kekalahan terberat Roma. Namun, akhirnya, orang Romawi cukup meningkat untuk menang melawan Hannibal di Pertempuran Zama pada tahun 202 SM, meskipun dengan kavaleri Numidian sekarang berada di pihak Romawi.