Al Qodiri Al Hasani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Al-Qadiri Al-Hasani' atau Al-Qadiri adalah salah satu marga Ahlul Bait Nabi. Keluarga Al-Qadiri banyak tersebar di sebagian negeri-negeri Islam seperti Irak dan Syria. Begitu juga, mereka banyak terdapat di negeri-negeri Maghrib dan di Asia Tenggara seperti Aceh, Kalimantan, Indonesia. Di daerah Seunagan Aceh ada keturunan Qutbul Wujud As-Sayyid Abdurrahim bin Sayyid Abdul Qadir Al-Qadiri.[1]

Al-Qadiri[sunting | sunting sumber]

Penamaan Al-Qadiri, dikarenakan mereka adalah keturunan dari Al-Quthub Al-Kabir Syaikh Abu Muhammad Muhyidin Abdul Qadir Jailani bin Musa Janki Dausat bin Abdullah bi Yahya Az-Zahid bin Muhammad bin Daud bin Musa Ats-Tsani bin Abdullah bin Musa Al-Jun bin Abdullah Al-Mahdi bin Hasan Al-Mutsanna bin Imam Hasan Sibthi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Gelar Al-Qadiri di ambil dari kata ‘Qadir’ yang merupakan salah satu asmaul husna yang mempunya arti “Yang Maha Kuat”.

Al-Jailani[sunting | sunting sumber]

Penamaan Al-Jailani, dikarenakan mereka adalah keturunan dari Al-Quthub Al-Kabir Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani bin Musa Janki Dausat bin Abdullah bin Yahya Az-Zahid bin Muhammad bin Daud bin Musa Ats-Tsani bin Abdullah bin Musa Al-Jun bin Abdullah Al-Mahdi bin Hasan Al-Mutsanna bin Imam Hasan Sibthi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Gelar Al-Jailani di ambil dari kata ‘Jailani’ yang merupakan tempat kelahiran Syaikh Abdul Qadir Al-jailani. Di Maroko mereka lebih dikenal dengan julukan Al-Kailani dan Al-Qadiri. beliau lahir pada tahun 490/471 H dan wafat pada hari Sabtu malam, setelah maghrib, pada tanggal 9 Rabi’ul Akhir tahun 561 H di daerah Babul Azaj.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Islam, Duta (2015). "Inilah Jalur Dzurriyah Nabi yang Tidak Mengutamakan Gelar". dutaislam.com. Diakses tanggal 2020-06-18.