Al Khered

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Al-Khered adalah gelar yang di berikan kepada orang yang berkali-kali beribadah di suatu Goa yang disebut Goa Kherd. Yang pertama kali dijuluki (digelari) Khered ialah Waliyyullah Alwi bin Muhammad Hamidan bin Abdurrahman bin Muhammad bin Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al-Faqih bin Ali bin Muhammad Shahib Mirbad.

Soal julukan (gelar) yang disandangnya karena ia berkali-kali beribadah di suatu Goa yang disebut Gua Kherd dipegunungan Aqrun di Tarim. Dia selalu beribadah disana sampai seminggu bahkan sampai sebulan lamanya.

Di dalam “Gua Khered” yang sepi dan jauh dari keramaian duniawi tersebut dia disamping melakukan ibadah jasmani (seperti melaksanakan salat) juga melakuan ibadah tafakur dengan kalbu dan fikirannya, yang kesemuanya itu dilakukan karena mencontoh sunnah Rasulullah s.a.w yang pernah melakukan ibadah di “Gua Khered”.

Waliyyullah Alwi Khered dilahirkan di kota Tarim,Yemen dan dikaruniai 6 orang anak lelaki. Di antara ke-6 anak lelakinya tersebut hanya seorang anaknya yang bernama Ali yang kemudian menurunkan keturunan “Al-Khered”.

Waliyyullah Alwi Khered pulang ke Rahmatullah di Tarim pada tahun 808 Hijriyyah Semoga Allah SWT memasukkan dia dalam surga menghimpunkannya bersama-sama para Nabi, para Syuhada, dan para Sholihin.