Al Iraqiya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Al Iraqiya adalah satelit dan terestrial penyiar publik dan jaringan televisi di Irak yang didirikan setelah jatuhnya Saddam Hussein. Ini adalah jaringan bahasa Arab yang melayani lebih dari 85% populasi Irak, dan dilihat oleh persentase yang signifikan (sekitar 40%).

Saluran ini dimulai dengan nama IMN sebagai bagian dari proyek Jaringan Media Irak (atau Shabeket al-Elam Iraqi dalam bahasa Arab) yang dilakukan. Science Applications International Corporation (SAIC) adalah kontraktor untuk proyek Departemen Pertahanan ini.

Termasuk dalam program ini adalah program Aktualitas Politik yang sangat agresif "Burning Issues" yang menangani subjek terorisme yang sangat sensitif di Irak, yang menampung para korban dan pelaku yang ditangkap / dihukum.

Harris Corporation mengambil alih proyek dari SAIC dan menyelesaikan—tepat waktu dan sesuai anggaran—dua saluran TV, surat kabar nasional, dan stasiun radio.

Pada tanggal 31 Mei 2006, Ali Jaafar, seorang pembawa berita olahraga untuk televisi pemerintah Irak, ditembak mati di Baghdad.