Aktivitas CIA di Filipina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Central Intelligence Agency telah aktif di Filipina hampir sejak pembentukannya pada tahun 1940-an. Markas utama CIA untuk Asia Tenggara terletak di Manila, ibu kota Filipina. CIA didirikan pada tahun 1947 dan pertama kali memainkan peran utama di Filipina tiga tahun kemudian.[1] Kehadiran pangkalan militer AS di Filipina, awalnya disusun melalui Perjanjian Pangkalan Militer 1947 yang memberikan otorisasi kepada Amerika Serikat untuk memanfaatkan Clark Field dan Subic Bay,[2] membuatnya sangat mudah diakses oleh agennya. Selama ini, CIA menjalankan banyak operasi rahasia di negara tersebut dan menggunakannya sebagai basis untuk melancarkan tindakan terhadap negara lain. Badan tersebut memiliki pusat pasokan, pelatihan, dan logistik di beberapa pulau Filipina. Setelah pemberontakan mereka yang berhasil melawan Hukbalahap, CIA menggunakan kembali model tersebut di Vietnam dan Amerika Latin. CIA mengerahkan perang psikologis di Filipina serta pasukannya.[3]

Filipina, secara resmi bernama Republik Filipina, adalah negara kepulauan di Asia Tenggara yang berada di antara Laut Filipina dan Laut Tiongkok Selatan di sebelah timur Vietnam.[4] Ini adalah "kekuatan imperial AS [basis] utama di Asia Tenggara," menurut Roland G. Simbulan dari Universitas Filipina.[5] Tuduhan yang dapat dipercaya mengungkapkan bahwa CIA telah beroperasi untuk mendukung bisnis besar yang pro-Amerika seperti Coca-Cola yang disebut oligarki kapitalisme kroni di Filipina, dan menggunakan sumber dayanya untuk memajukan kepentingan perusahaan Amerika seperti Ford, Nike, dan Coca-Cola. CIA dan Amerika Serikat secara konsisten memainkan peran dalam kehidupan politik dan ekonomi Filipina. Mitra Filipina untuk CIA adalah National Intelligence Coordinating Agency (NICA), yang bekerja sama dengannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jeffreys-Jones, Rhodri (2014-07-01). The CIA and American Democracy. Yale University Press. hlm. 88–89. ISBN 9780300208504. 
  2. ^ https://www.heritage.org/report/the-key-role-us-bases-the-philippines
  3. ^ "Equipo Nizkor - Covert Operations and the CIA's Hidden History in the Philippines". www.derechos.org. Diakses tanggal 2017-02-01. 
  4. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-19. Diakses tanggal 2020-12-05. 
  5. ^ Simbulan, Ronald. "Covert Operations and the CIA's Hidden History in the Philippines". Derechos.org. Diakses tanggal February 3, 2017.