Ajagae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ajagae
Hangeul아자개
Hanja阿玆蓋,阿慈介,阿慈个,阿字蓋[1]
Alih Aksara yang DisempurnakanAjagae
McCune–ReischauerAjagae

Ajagae merupakan seorang kepala militer di area Sangju selama tahun-tahun merosotnya kejayaan Silla Bersatu. Ia memimpin pemberontakan lokal yang dirampas Sangju. Ia dikenang pada hari ini terutama sebagai ayah Gyeon Hwon, raja Hubaekje. Beberapa keluarga keturunan Gyeon kemudian menuntutnya sebagai nenek moyang mereka, meskipun ia sendiri adalah keturunan Yi. Ajagae dilahirkan dan menghabiskan hampir seluruh hidupnya di Gaeun, yang sekarang kota Mungyeong, di mana ia adalah seorang petani disana. Menurut Samguk Yusa[2], ia adalah keturunan dari Raja Jinheung dari Silla, namun jelas-jelas cabang keluarganya telah kehilangan hubungan kerajaannya jauh hari sebelumnya.

Karena tidak memiliki catatan interaksi antara Ajagae dan Gyeon Hwon selama tahun-tahun akhir mereka, kemungkinan bahwa Ajagae bukan benar-benar ayah Gyeon Hwon. Catatan dari Periode Tiga Kerajaan Akhir, namun, terlalu jarang untuk mengizinkan penilaian konklusif. Hal ini mungkin juga terjadi karena dua orang tersebut telah menjadi terasing satu sama lainnya setelah Gyeon Hwon meninggalkan rumah untuk bergabung dengan tentara Silla.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://koreandb.nate.com/history/people/detail?sn=3748>
  2. ^ Il-yeon: Samguk Yusa: Legends and History of the Three Kingdoms of Ancient Korea, translated by Tae-Hung Ha and Grafton K. Mintz. Book Two, page 124. Silk Pagoda (2006). ISBN 1-59654-348-5

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]