Air terjun Livingstone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Air terjun Livingstone

Air terjun Livingstone (bahasa Prancis: Chutes Livingstone; bahasa Belanda: Livingstonewatervallen) dinamai untuk penjelajah David Livingstone - adalah suksesi jeram besar di bagian hilir Sungai Kongo di Afrika khatulistiwa barat, hilir dari Malebo Pool di Republik Demokratik Kongo.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Air terjun Livingstone terdiri dari serangkaian jeram yang jatuh 900 kaki (270 m) dalam 220 mil (350 km). Mereka mulai hilir Pool Malebo dan berakhir di Matadi di Bas-Kongo. Sungai Kongo memiliki laju aliran terbesar kedua di dunia setelah Amazon, yang tidak memiliki air terjun atau jeram (kecuali di dekat sumbernya). Oleh karena itu, jeram terendah di Livingstone Falls adalah air terjun terbesar di dunia dalam hal laju aliran - asalkan seseorang menerima jeram ini sebagai air terjun. Aspek menarik dari Livingstone Falls yang panjangnya 220 mil (350 km) adalah lebar saluran. Salurannya sangat sempit: dalam beberapa peregangan, lebar saluran kurang dari 300 meter dan untuk sebagian besar panjangnya saluran itu kurang dari 800 meter. Ini adalah saluran yang sangat sempit karena laju aliran sungai biasanya melebihi 42.000 meter kubik per detik (1.500.000 kaki kubik/detik). Investigasi pada tahun 2008 dan 2009 menunjukkan bahwa bagian-bagian di antara jeram tersebut bisa mencapai 200 m (660 kaki).[1] Jeram yang kuat memisahkan populasi ikan satu sama lain, menyebabkan spesies baru berevolusi berdekatan satu sama lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Weisberger, Mindy (12 January 2020). "Dying Fish Revealed Congo Is World's Deepest River". livescience.com. LiveScience. Diakses tanggal 14 January 2020.