Gitar angin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Air guitar)
Bermain gitar angin

Gitar angin (Inggris: air guitar) adalah akting bermain gitar listrik imajiner sambil diiringi rekaman lagu atau musik hidup berirama rock, blues, atau heavy metal. Permainan gitar angin umumnya menonjolkan kocokan atau petikan gitar secara energetik hingga berlebihan, dan kadang-kadang disertai lip sync atau aksi panggung seperti layaknya penyanyi/gitaris rock.

Gitar angin juga dipertunjukkan dan diperlombakan di kontes-kontes air band (band angin). Pemain air band berpantomim memainkan alat musik sebenarnya sambil diiringi musik yang dimainkan pemusik profesional. Istilah air band sebetulnya kurang tepat, karena alat musik yang dipakai sebagai properti adalah benda nyata.[1] Pemenang kontes dinilai dari kemampuan berakting.

Kevin "Narvalwaker" Leloux di Kejuaraan Dunia Gitar Angin 2010 di Oulu, Finlandia.

Kejuaraan Dunia Gitar Angin ("The Annual Air Guitar World Championship Contest") pertama kali diadakan pada tahun 1996. Kejuaraan ini diadakan sebagai bagian dari Festival Video Musik Oulu di Oulu, Finlandia.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Horn, David (2003). Continuum Encyclopedia of Popular Music of the World. Continuum Publishing Group. hlm. 119. 
  2. ^ "History". Air Guitar World Championship. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-03. Diakses tanggal 2012-10-28. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Gitar angin di Wikimedia Commons