Air Terjun Toyomerto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Air Terjun Toyomerto adalah salah satu lokasi wisata air terjun yang berada di wilayah Ponorogo. Tepatnya Air Terjun Toyomerto ini terletak di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo.[1] Air Terjun Toyomerto ini berjarak kurang lebih 5 kilometer dari lapangan Kecamatan Ngebel menuju ke arah timur. Jika dari pusat kota Ponorogo, Air Terjun Toyomerto berjarak kurang lebih sekitar 35 kilometer. Perjalanan menuju Air Terjun Toyomerto ini cukup berkelok-kelok sehingga dibutuhkan kewaspadaan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini.

Air Terjun Toyomerto ini juga dikenal dengan nama air terjun Selorejo. Hal ini dikarenakan air terjun ini terdiri dari dua buah tingkatan. Hal ini merupakan salah satu keistimewaan dari Air Terjun Toyomerto ini adalah adanya 2 tingkatan air dalam satu aliran yang menuruni tebing batu. Tingkatan yang pertama diberikan nama Selorejo.

Ketinggian dari air terjun ini kurang lebih 25 meter hingga 30 meter bagi masing-masing tingkatannya. Air Terjun Toyomerto ini diapit oleh dua bukit yang disebut dengan Gunung Nglengko dan Gunung Manyutan. Keduanya merupakan bagian dari Gunung Wilis. Air Terjun Toyomerto sumber airnya berasal dari mata air di Gunung Manyutan. Aliran dari Air Terjun Toyomerto ini menuju ke Kali Catur yang mengalir ke arah Kabupaten Madiun.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Air Terjun Toyomerto - Ponorogo - Wisata Air Terjun". sites.google.com. Diakses tanggal 2017-12-13.