Air Terjun Muncar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Air Terjun Muncar Indah
Lokasi
Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah
Peta
7°32′04″S 109°56′29″E / 7.534415°S 109.941293°E / -7.534415; 109.941293

Air Terjun Muncar Indah atau Air Terjun atau Curug Muncar Indah adalah sebuah air terjun dengan ketinggian mencapai 60 meter lebih. Air Terjun Muncar Indah ini berada dilahan Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Kedu Selatan. Air Terjun Muncar memiliki formasi air terjun tunggal, air mengucur dari dasar tebing batu curam sehingga termasuk air terjun dengan tipe Plunge. Air Terjun Muncar mengalir dari Sungai Muncar, salah satu anak Sungai Rebung atau Sungai Bedono yang berhulu di dataran tinggi Sijabung pada ketinggian 600 meter diatas permukaan air laut. Air Terjun ini masih sangat alami. Sehingga bagi yang menyukai petualangan alam maka Air Terjun Muncar Indah dapat menjadi pilihan yang tepat[1]. Dari lokasi air terjun pun pengunjung dapat melihat pemandangan bawah dengan sangat jelas, selain itu suasana yang sejuk dan cipratan air dari air terjun akan melupakan lelahnya perjalanan trekking menuju lokasi. Air Terjun Muncar tidak bisa digunakan untuk bermain air karena banyaknya bebatuan besar dan di bawah air terjun juga tidak terdapat kedung/ kolam, air yang jatuh langsung mengalir kesungai di bawah yang membentuk beberapa air terjun kecil[2].

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Muncar Indah terletak di Dusun Kalibang, Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Air terjun ini berjarak 44 Km berkendara dari pusat Kabupaten Purworejo atau 28 Km dari Kota Kutoarjo.

Aksesbilitas[sunting | sunting sumber]

Untuk menjangkau Air Terjun ini perjalanan bisa di mulai dari Kota Kutoarjo pusat Kota Kabupaten Purworejo. Rute yang digunakan untuk menuju ke lokasi menggunakan rute jalan kabupaten yang menghubungkan Kutoarjo – Bruno – Kaliwungu. Sementara kendaraan yang digunakan bisa menggunakan angkutan desa dan kota berupa minibus dan colt atau menggunakan kendaraan pribadi. Dari lokasi parkir kendaraan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama sekitar 30 menit.

Referensi[sunting | sunting sumber]