Afonso I dari Kongo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Lambang yang dikeluarkan untuk Raja Afonso

Mvemba a Nzinga atau Nzinga Mbemba (c. 1456–1542 or 1543),[1] juga disebut Raja Afonso I, adalah penguasa Kerajaan Kongo pada awal pertengahan abad ke-16, tepatnya dari tahun 1509 hingga akhir tahun 1542 atau 1543. Ia adalah putra Nzinga a Nkuwu yang merupakan raja kelima Kongo.

Hampir semua yang diketahui tentang Kongo pada masa kekuasaan Afonso berasal dari surat-surat yang ditulis olehnya dalam bahasa Portugis kepada raja Manuel I dan João III dari Portugal. Surat-surat tersebut amat panjang dan menjelaskan pemerintahan negara Kongo. Surat-surat tersebut juga banyak yang mengeluhkan perilaku pejabat-pejabat Portugis.

Afonso paling dikenal akan upayanya untuk menjadikan Kongo negara Katolik dengan mendirikan Gereja Katolik Roma di Kongo.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Encyclopedia of African-American Heritage by Susan Altman , Chapter M, page 181

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Afonso's letters are all published, along with most of the documents relating to his reign in:

António Brásio, Monumenta Missionaria Africana (1st series, 15 volumes, Lisbon: Agência Geral do Ultramar, 1952–88), vols. 1, 2 and 4.

  • A separate publication of just his letters and allied documents in French translation is in Louis Jadin and Mirelle Dicorati, La correspondence du roi Afonso I de Congo (Brussels, 1978).