Afek (filsafat)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Afek (dari bahasa Latin affectus atau adfectus) merupakan sebuah konsep, yang digunakan dalam filsafatnya Baruch Spinoza dan diuraikan oleh Henri Bergson, Gilles Deleuze serta Félix Guattari, yang menekankan pada jasmaniah atau pengalaman yang nyata. Kata afek mempunyai perbedaan makna dengan yang ada di dalam ilmu psikologi di bidang yang lain.

Bagi Spinoza, seperti yang dibahas dalam Bab Dua dan Tiga dari bukunya yang berjudul Etika, afek adalah keadaan pikiran dan tubuh yang terkait dengan (tetapi tidak sama persis dengan) perasaan dan emosi, yang menurutnya ada tiga jenis utama dari perasaan atau emosi tersebut, yaitu kesenangan atau kegembiraan (laetitia),[1] rasa sakit atau kesedihan (tristitia)[1] dan hasrat (cupiditas) atau nafsu.[2] Penggunaan filosofis selanjutnya oleh Gilles Deleuze, Félix Guattari dan penerjemah mereka Brian Massumi. Walau pandangan filsafat mereka merupakan hasil turunan eksplisit dari Spinoza, mereka cenderung membedakan lebih tajam daripada Spinoza antara afek dengan apa yang secara konvensional disebut emosi. Afek sulit untuk dipahami dan dikonseptualisasikan karena, seperti yang dikatakan Spinoza, "afek atau gairah pikiran [animi pathema] adalah gagasan yang membingungkan" yang hanya dapat dirasakan dengan peningkatan atau penurunan yang diakibatkan oleh afek dalam kekuatan vital tubuh.[3] Istilah "afek" adalah pusat dari apa yang kemudian dikenal sebagai "perubahan afektif" dalam ilmu-ilmu humaniora dan sosial.

Dalam padangan Spinoza[sunting | sunting sumber]

Dalam Etika karya Baruch Spinoza, Bab III Definisi 3 menjelaskan bahwa istilah "afek" (affectus, secara tradisional diterjemahkan sebagai "emosi")[4] adalah modifikasi atau variasi yang dihasilkan dalam tubuh (termasuk pikiran) oleh interaksi dengan tubuh lain yang menambah atau mengurangi daya aktivitas tubuh (potentia agendi):

Dengan afek saya memahami bahwa peningkatan, pengurangan, bantuan atau penahanan kekuatan tubuh untuk bertindak dikarenakan oleh kasih sayang jasmaniah dan itu datang di saat bersamaan ketika saya memikirkan gagasan ini.[5]

Dengan demikian, afek merupakan kasus khusus dari istilah yang lebih netral yaitu "kasih sayang" (affectio) di mana istilah tersebut menunjukkan bentuk kegiatan "menerima" dari sesuatu.[6] Penerimaan itu dapat berasal dari apa saja seperti dari mode, keadaan atau kualitas hubungan tubuh dengan dunia atau alam (atau "substansi" tak terbatas). Dalam Bab III, "Definisi Emosi/Afek", Spinoza menjelaskan 48 bentuk yang berbeda dari afek, termasuk cinta dan kebencian, harapan dan ketakutan, iri hati dan kasih sayang. Mereka hampir semua manifestasi dari tiga pengaruh dasar:

  • hasrat (cupiditas ) atau nafsu (appetitus), didefinisikan sebagai "hakikat manusia sejauh esensinya dipahami sebagai ditentukan untuk setiap tindakan dari kasih sayang yang diberikan dari dirinya sendiri";[7]
  • kesenangan (laetitia), didefinisikan sebagai "peralihan manusia dari keadaan yang kurang sempurna ke keadaan yang lebih sempurna";[7] dan
  • rasa sakit atau kesedihan ( tristitia ), didefinisikan sebagai "peralihan manusia dari keadaan yang lebih sempurna ke keadaan yang kurang sempurna".[7]

Dalam pandangan Spinoza, karena kekuatan aktivitas Tuhan tidak terbatas, kasih sayang apa pun yang meningkatkan kekuatan aktivitas organisme mengarah pada kesempurnaan yang lebih besar. Afek adalah keadaan atau mode peralihan di mana hal tersebut adalah kekuatan vital yang membuat organisme berusaha untuk bertindak melawan kekuatan lain yang bekerja padanya dan terus-menerus melawan atau menahannya.[8]

Dalam pandangan Bergson[sunting | sunting sumber]

Henri Bergson berpendapat dalam bukunya yang berjudul Matter and Memory (1896) bahwa kita tidak mengetahui tubuh kita hanya "dari luar" melalui persepsi, tetapi juga "dari dalam" melalui afeksi (Bahasa Prancis: affections).[9]

Dalam pandangan Deleuze dan Guattari[sunting | sunting sumber]

Istilah "afek" dan "afeksi" menjadi menonjol dalam buku A Thousand Plateaus pada volume kedua yang berjudul Kapitalisme dan Skizofrenia karya Gilles Deleuze dan Félix Guattari. Dalam catatannya tentang terminologi yang digunakan, penerjemah Brian Massumi memberikan definisi istilah-istilah berikut seperti yang digunakan dalam buku ini:

AFEK/AFEKSI. Tidak ada kata yang menunjukkan perasaan pribadi (sentiment dalam Deleuze dan Guattari). L'affect (affectus yang digunakan Spinoza) adalah kemampuan untuk mempengaruhi dan dipengaruhi. Ini adalah intensitas prapersonal yang sesuai dengan perjalanan dari satu keadaan pengalaman jasmani ke keadaan lain dan menyiratkan peningkatan atau pengurangan kapasitas tubuh untuk bertindak. L'affection (affectio yang digunakan oleh Spinoza) adalah setiap keadaan yang dianggap sebagai pertemuan antara tubuh yang terpengaruh dan tubuh kedua yang mempengaruhi (dengan tubuh diambil dalam arti seluas mungkin untuk memasukkan tubuh "mental" atau tubuh ideal).[10]

Afek, menurut Deleuze, bukanlah afeksi sederhana, karena mereka independen dari subjeknya. Menurut Deleuze, seniman menciptakan afek dan persepsi "blok ruang-waktu", sedangkan sains bekerja dengan fungsi, dan filsafat menciptakan konsep.

Perubahan afektif[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 1995,[11][12] beberapa penulis dalam ilmu sosial dan humaniora memulai eksplorasi terhadap teori afek sebagai cara untuk memahami bidang pengalaman (termasuk pengalaman jasmani) yang berada di luar paradigma dominan representasi (berdasarkan retorika dan semiotika), gerakan ini disebut perubahan afektif.[13] Akibatnya, pendekatan ini tertarik pada kemungkinan variasi interaksi dan pertemuan seluas mungkin, interaksi dan pertemuan yang tidak terbatas pada kepekaan manusia.[14] Penerjemah dari buku A Thousand Plateaus karya Deleuze dan Guattari, yakni filsuf politik Kanada Brian Massumi telah memberikan definisi yang berpengaruh dari afek (lihat di atas) dan telah menulis tentang pentingnya gerakan dan sensasi yang diabaikan dalam formasi budaya dan interaksi manusia dengan dunia nyata dan virtual.[15] Demikian pula, ahli geografi Nigel Thrift telah mengeksplorasi peran afek dalam apa yang disebutnya "teori non-representasional".[16] Pada tahun 2010, The Affect Theory Reader diterbitkan oleh Melissa Gregg dan Gregory J. Seigworth dan telah memberikan ringkasan pertama dari tulisan-tulisan teori afek.[17] Para peneliti seperti Mog Stapleton, Daniel D. Hutto dan Peter Carruthers[18][19][20] telah menunjukkan kebutuhan untuk menyelidiki dan mengembangkan pengertian dari afek dan emosi. Mereka berpendapat bahwa hal ini penting dalam pengembangan paradigma perwujudan dalam ilmu kognitif, dalam studi kesadaran dan filsafat pikiran. Langkah ini akan diperlukan untuk ilmu kognitif, kata Mog Stapleton, untuk menjadi ilmu kognitif yang "diwujudkan dengan benar".

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Part III, Proposition 56. Spinoza, Benedictus de (2001) [1677]. Ethics. Trans. by W.H. White and A.H. Stirling. London: Wordsworth Editions. hlm. 141. ISBN 978-1-84022-119-0. Diakses tanggal 20 Desember 2021. 
  2. ^ "Sebenarnya saya tidak dapat mengenali perbedaan antara nafsu dan keinginan manusia". Spinoza, Benedictus de (2001) [1677]. Ethics, Affect. Trans. by W.H. White and A.H. Stirling. London: Wordsworth Editions. hlm. 146. ISBN 978-1-84022-119-0. Diakses tanggal 20 Desember 2021. 
  3. ^ Existendi vis or power of existence. Spinoza, Benedictus de (2001) [1677]. Ethics. Trans. by W.H. White and A.H. Stirling. London: Wordsworth Editions. hlm. 158. ISBN 978-1-84022-119-0. Diakses tanggal 20 Desember 2021. 
  4. ^ Dari dua terjemahan bahasa Inggris "standar", versi Samuel Shirley menggunakan "emosi" untuk affectus, sedangkan terjemahan yang lebih baru oleh Edwin Curley menggunakan "afek". Spinoza, Benedictus de (2002) [1677]. Complete Works. Trans. by Samuel Shirley. Indianopolis and Cambridge: Hackett Publishing. hlm. 278. ISBN 978-0-87220-620-5. Diakses tanggal 20 Desember 2021.  Spinoza, Benedictus de (1994). A Spinoza Reader: The Ethics and Other WorksPerlu mendaftar (gratis). Trans. by Edwin M. Curley. Princeton and Chichester: Princeton University Press. hlm. 154. ISBN 978-0-691-00067-1. Diakses tanggal 20 Desember 2021. 
  5. ^ Spinoza, Benedictus de (1994). A Spinoza Reader: The Ethics and Other WorksPerlu mendaftar (gratis). Trans. by Edwin M. Curley. Princeton and Chichester: Princeton University Press. hlm. 154. ISBN 978-0-691-00067-1. Diakses tanggal 20 Desember 2021. 
  6. ^ Samuel Shirley, "Translator's Preface". Spinoza, Benedictus de (1992). The Ethics; Treatise on the Emendation of the Intellect; Selected LettersPerlu mendaftar (gratis). Trans. by Samuel Shirley. Hackett Publishing. hlm. 24. ISBN 978-0-87220-130-9. Diakses tanggal 20 Desember 2021. 
  7. ^ a b c Spinoza, Benedictus de (1994). A Spinoza Reader: The Ethics and Other WorksPerlu mendaftar (gratis). Trans. by Edwin M. Curley. Princeton and Chichester: Princeton University Press. hlm. 311. ISBN 978-0-691-00067-1. Diakses tanggal 20 Desember 2011. 
  8. ^ Kisner, Matthew J. (2011). Spinoza on Human Freedom: Reason, Autonomy and the Good Life. Cambridge: Cambridge University Press. hlm. 20. ISBN 978-0-521-19888-2. Diakses tanggal 28 November 2011. 
  9. ^ Henri Bergson, Matter and Memory (1896), ch. 1.
  10. ^ Deleuze, Gilles; Guattari, Félix (1987) [1980]. "Notes on the Translation and Acknowledgment". A Thousand Plateaus: Capitalism and Schizophrenia (PDF). Capitalism and Schizophrenia. 2. Trans. and foreword by Brian Massumi. Minneapolis and London: University of Minnesota Press. hlm. xvi. ISBN 978-0-8166-1401-1. OCLC 16472336. 
  11. ^ Massumi, Brian (1995). "The Autonomy of Affect" (PDF). Cultural Critique. Autumn (31): 83–109. 
  12. ^ Sedgwick, Eve Kosofsky; Frank, Adam (1995). "Shame in the Cybernetic Fold: Reading Silvan Tomkins" (PDF). Critical Inquiry. 21 (2): 496–522. doi:10.1086/448761. 
  13. ^ Patricia Ticineto Clough, Jean Halley (eds.), The Affective Turn: Theorizing the Social, Duke University Press, 2007, halaman. 1; Paul Hoggett, Simon Thompson (eds.), Politics and the Emotions: The Affective Turn in Contemporary Political Studies, Bloomsbury, 2012, halaman 1.
  14. ^ Seyfert, Robert (2012). "Beyond Personal Feelings and Collective Emotions: A Theory of Social Affect". Theory, Culture & Society. 29/6: 35. doi:10.1177/0263276412438591. 
  15. ^ Massumi, Brian (2002). Parables for the Virtual: Movement, Affect, Sensation. Durham and London: Duke University Press. hlm. 273–277. ISBN 978-0-8223-2897-1. Diakses tanggal 20 Desember 2021. 
  16. ^ Thrift, Nigel J. (2007). Non-representational Theory: Space, Politics, Affect (PDF). London: Routledge. hlm. 116. ISBN 978-0-415-39320-1. Diakses tanggal 20 Desember 2021. 
  17. ^ Gregg, M.; Seigworth, G. (2010). The Affect Theory Reader. North Carolina: Duke University Press. hlm. x. ISBN 978-0822347767. Diakses tanggal 20 Desember 2021. 
  18. ^ Stapleton, M (2012). "Steps to a "Properly Embodied". Cognitive Science, Cognitive Systems Research. 22-23: 1–11. doi:10.1016/j.cogsys.2012.05.001. 
  19. ^ Hutto, D. I ntersubjective Engagements without Theory of Mind: A Cross-Species Comparison
  20. ^ Carruthers, P. (2000). Phenomenal Consciousness: A Naturalistic Theory Cambridge: Cambridge University Press. halaman 1

Sumber-sumber[sunting | sunting sumber]