Aegopodium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aegopodium
Aegopodium podagraria
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Tribus:
Genus:
Aegopodium

Spesies

Lihat teks

Sinonim[1]
  • Aegopodion St.-Lag., orth. var.
  • Chamaele Miq.
  • Podagraria Hill
  • Pseudopimpinella F.Ghahrem., Khajepiri & Mozaff.

Aegopodium adalah sebuah genus tumbuhan dari keluarga Apiaceae yang berasal dari Eropa dan Asia Barat. Genus ini diwakili oleh sekitar dua belas spesies, semuanya adalah tumbuhan herba. Bunganya majemuk, bunga payung muncul di musim semi-musim panas dan dikunjungi oleh banyak jenis serangga penyerbuk.[2] Buahnya terdiri dari buah geluk bersayap dua atau berusuk yang terpisah saat matang.

Anggota yang paling terkenal adalah Aegopodium podagraria yang berasal dari Eropa dan Asia. Warnanya hijau dan putih beraneka ragam yang terkadang berubah menjadi hijau pekat dalam satu petak. Bunga kecil, putih, dengan lima kelopak terletak setinggi sekitar tiga kaki, di atas daun, dan dalam kelompok dengan puncak datar. Di bawah tanah terdapat rimpang bercabang putih panjang yang samar-samar menyerupai rumput Elymus repens. Tumbuhan ini dianggap sebagai ancaman ekologis karena bersifat agresif, invasif, dan membentuk petak-petak padat sehingga mengurangi keanekaragaman spesies di lapisan tanah. Di sisi lain, karena itu sering digunakan sebagai penutup tanah yang perawatannya rendah.

Kultivasi[sunting | sunting sumber]

Tumbuhan dari genus ini tahan beku tetapi rapuh terhadap kekeringan, lebih menyukai tanah lembab dengan drainase baik dalam posisi terbuka dan cerah. Mereka bisa diperbanyak dari biji atau rimpang.

Daftar Spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Aegopodium L." Plants of the World Online. Royal Botanic Gardens, Kew. Diakses tanggal 2022-12-16. 
  2. ^ Van Der Kooi, C. J.; Pen, I.; Staal, M.; Stavenga, D. G.; Elzenga, J. T. M. (2015). "Competition for pollinators and intra-communal spectral dissimilarity of flowers". Plant Biology. 18 (1): 56–62. doi:10.1111/plb.12328. PMID 25754608.