Adnan Ganto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dr. HC. H. Adnan Ganto, M.B.A (lahir di Kuta Makmur, Aceh Utara, 4 Februari 1947; umur 73 tahun) adalah seorang putera dan tokoh Aceh yang terlahir dari sebuah desa terpencil hingga menjadi Bankir kelas dunia. Adnan Ganto adalah orang Asia pertama yang berhasil menjabat posisi strategis di sebuah Bank Inggris yaitu Morgan Bank Ltd. Di Bank Inggris tersebut ia bekerja selama 23 tahun. Lalu pada tahun 1987, Adnan lalu diangkat menjadi Director Investement Banking di Singapura. Terakhir, Adnan menjabat sebagai Executive Director di New York,Amerika Serikat[1][2]

Riwayat Pribadi[sunting | sunting sumber]

Terlahir dari sebuah desa terpencil, tidak mudah bagi Adnan kecil untuk mengeyam pendidikan. Maklum, ayahnya Hasan Basri Ganto, hanya seorang Tentara Keamanan Rakyat (TKR) cikal bakal dari TNI yang hingga pensiun berpangkat kopral. Di tengah keterbatasan, ia menamatkan pendidikan dasar pada Sekolah Rakyat Islam (SRI) Kareung, Kabupaten Aceh Utara. Dari sekolah tua itu, ia merangkak menapaki jalan-jalan Belanda.

Ia membayangkan kehidupannya masa lampau. Bagaimana sulitnya naik kereta api dari Lhokseumawe ke Kota Langsa untuk menamatkan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Meskipun saat ini Adnan berdomisili Menteng, Jakarta Pusat. Ia pun terbiasa pulang pergi Indonesia - London karena pekerjaannya.

Adnan Ganto telah berkarir selama 37 tahun di Bank Asing. Ia pernah ditugaskan di Amsterdam, Hong Kong, Singapore, London, Zurich hingga New York. Di saat orang-orang Aceh masih berjuang di masa-masa konflik, Adnan Ganto justru bisa beprestasi di tingkat dunia.Selain berprestasi di tingkat dunia, Adnan Ganto juga berkontribusi nyata untuk Indonesia. Semenjak tahun 1991 hingga sekarang, Adnan Ganto adalah penasehat Menteri Pertahanan Republik Indonesia. Sudah 7 menteri pertahanan yang menjabat, namun posisinya sebagai penasehat tetap dipertahankan.[3]

Meskipun telah sukses di dunia internasional, Adnan Ganto tetap tak lupa dengan tanah kelahirannya yaitu Aceh. Dialah sosok yang paling berperan saat mengubah status Bank Pembangunan Daerah (BPD) Aceh menjadi Bank Aceh Syariah. Proses konversi dari konvensional ke Syariah ini merupakan prestasi Adnan yang layak diapresiasi.[4][5]

Riwayat Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  1. Akuntansi, Institut Ilmu Keuangan Negara (IIKN)Jakarta, Indonesia pada 1969
  2. Banking and Capital Market Program, Nederlandse Instituut voor Bank en Effecten (NIBE), Amsterdam,Holland pada 1976
  3. Management Program for Senior Executives, Institute of Management Development (IMD), Lausanne,Switzerland pada 1988
  4. Corporate Finance, Harvard Business School, Harvard University, Boston, USA pada 1990[6]

Karier Profesional[sunting | sunting sumber]

  • Bekerja selama 14 tahun pada Bank Belanda, PiersonBank NV, Amsterdam, Holland (yang kemudian merger dengan AMRO BANK NV, Amsterdam). Jabatan terakhir adalah Senior Vice President & Regional General Manager di Hong Kong (1971– 1985)
  • Bekerja selama 23 tahun pada Bank Inggris, Morgan Bank Ltd., London, United Kingdom. (1986- 2008)[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Media, Kompas Cyber. "Kisah Adnan Ganto, Warga Pedalaman Aceh yang Sukses Jadi Bankir Dunia". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-11-28. 
  2. ^ Network, AJNN net-Aceh Journal National. "Unsyiah Anugerahi Doktor Kehormatan ke Adnan Ganto". AJNN.net. Diakses tanggal 2019-11-28. 
  3. ^ "Adnan Ganto Sukses Jadi Bankir Bank Kelas Dunia". metropost.id. Diakses tanggal 2019-11-28. 
  4. ^ MODUSACEH.CO. "Adnan Ganto: Bank Syariah Perlu Hati-hati!". MODUSACEH.CO. Diakses tanggal 2019-11-28. 
  5. ^ Redaksi. "Adnan Ganto Diskusikan Bank Aceh Syariah – sumberpost.com | Independen dan Jujur". Diakses tanggal 2019-11-28. 
  6. ^ "Buku Biografi Adnan Ganto Diluncurkan di Banda Aceh - PORTALSATU.com". portalsatu.com. Diakses tanggal 2019-11-28. 
  7. ^ Ago, Abahharunain Life • 2 Years (2018-01-09). "Adnan Ganto, Bankir asal Aceh yang Mendunia (INA-ENG)". Steemit (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-28.