Ade Safrina Nasution

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ade Nurul Safrina Nasution (lahir di Jakarta, 20 Februari 1993; umur 26 tahun) adalah seorang pengusaha, ekonom, dan pembawa acara berita berkebangsaan Indonesia.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Safrina tumbuh besar di Jakarta. Putri pertama dari dua bersaudara dari pasangan Chairul Basri Nasution dan Mardiana Daoed. Keduanya adalah pengusaha konstruksi dan insinyur sipil, pemilik perusahaan Deta Decon. Safrina menempuh pendidikan tingginya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia jurusan Manajemen Keuangan, lulus dengan gelar Lulusan Termuda pada tahun 2013. Berbekal rekomendasi langsung dari Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia Bambang Brodjonegoro, Safrina melanjutkan studi Magister di University of Illinois at Urbana-Champaign jurusan Ekonomi Pembangunan. Safrina aktif dalam organisasi Women in Economics University of Illinois at Urbana-Champaign.

Karier[sunting | sunting sumber]

Ia mengawali kariernya pada tahun 2012 sebagai tenaga riset di Bank Indonesia dan Citibank. Pada tahun 2016, ia menyabet gelar semi-finalis Wajah Femina 2016 dan pemenang The Most Fearless Cosmopolitan Indonesia, Fun Fearless Female Awards 2016[1][2], berkat kerjanya sebagai tenaga riset ekonomi di Timor dengan Kopernik. Ia kemudian terjun ke dunia jurnalisme TV pada tahun 2017, menjadi host dalam acara Jurnal Ekstra Ekonomi di Berita Satu. Pada tahun 2019, ia menjadi Pembawa Acara di CNBC Indonesia[3].

  1. ^ https://www.harpersbazaar.co.id/articles/read/11/2016/3065/Kemeriahan-Fun-Fearless-Female-2016
  2. ^ https://www.herworld.co.id/article/2016/11/5392-FFF-2016-Kembali-Mencari-Sosok-Wanita-Berkarakter
  3. ^ https://www.cnbcindonesia.com/search?query=safrina+nasution