Adam Lambert

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Adam Lambert
Nama lahirAdam Mitchel Lambert
Lahir29 Januari 1982 (umur 39)
Indianapolis, Indiana, U.S.
AsalSan Diego, California, U.S.
GenrePop, alternative, rock[1]
PekerjaanSinger-songwriter
Aktor
InstrumenVokal
Tahun aktif1992–sekarang
LabelRCA/19 Recordings
Situs webwww.AdamOfficial.com

Adam Mitchel Lambert (lahir 29 Januari 1982) adalah penyanyi, penulis lagu dan aktor asal San Diego, California. Pada bulan Mei 2009, ia menjadi juara kedua musim kedelapan American Idol.[2] Ia mengakui dirinya merupakan seorang gay sejak delapan tahun silam.[3]

Lambert mulai terkenal pada tahun 2009 setelah menyelesaikan sebagai runner-up pada musim kedelapan dari American Idol .  Belakangan tahun itu, ia merilis album debutnya, For Your Entertainment , yang debut di nomor tiga di US Billboard 200 .  Album ini menelurkan beberapa single, termasuk " Whataya Want from Me ", di mana ia menerima nominasi Grammy untuk "Penampilan Vokal Pop Pria Terbaik".

Pada 2012, Lambert merilis album studio keduanya, Trespassing . Album ini ditayangkan perdana di nomor satu di US Billboard 200, membuatnya menjadi artis gay pertama yang memuncaki tangga album. Pada 2015, Lambert merilis album ketiganya, The Original High , yang debut di nomor tiga di US Billboard 200 dan menghasilkan single " Ghost Town ".

Bersamaan dengan karier solonya, Lambert telah berkolaborasi dengan band rock Queen sebagai vokalis utama untuk Queen + Adam Lambert sejak 2011, termasuk beberapa tur dunia dari 2014 hingga 2020. Album pertama mereka, Live Around the World , dirilis pada Oktober 2020, dan debut di nomor tersebut. satu di Tangga Album Resmi Inggris .

Pada akhir 2019, Lambert mendirikan lembaga nonprofit Feel Something Foundation, yang melabuhkan aktivitas filantropi, LGBTQ +, dan hak asasi manusia miliknya yang sedang berlangsung. Fokus khususnya adalah dukungan untuk organisasi dan proyek yang secara langsung dan tidak proporsional berdampak pada komunitas LGBTQ +, termasuk pendidikan dan seni, kesehatan mental, pencegahan bunuh diri, dan tunawisma.

Kehidupan Awal dan Keluarga[sunting | sunting sumber]

Lambert lahir di Indianapolis, Indiana , pada tanggal 29 Januari 1982,  dari ibu Leila, seorang ahli kebersihan gigi ; dan ayah Eber Lambert, manajer program Novatel Wireless. Ayahnya adalah keturunan Norwegia parsial dan ibunya adalah seorang Yahudi , dengan akar di Rumania.  Lambert dibesarkan dalam agama ibunya.  Dia memiliki seorang adik laki-laki, Neil.  Tak lama setelah kelahirannya, keluarganya pindah ke San Diego , California .

Lambert mulai tampil dengan jaringan Metropolitan Educational Theater (sekarang MET2) sejak usia sembilan tahun.  Beberapa tahun kemudian, ia mulai melatih akting dan vokal yang lebih intens, terus tampil dengan MET2 dan kemudian menjadi Yayasan Teater Pemuda Broadway Bound, saat ia pindah melalui Sekolah Menengah Mesa Verde dan kemudian Sekolah Menengah Gunung Karmel .  Di sana, ia menjadi sangat terlibat dengan teater dan paduan suara, tampil vokal dengan band jazz sekolah, dan berkompetisi di kompetisi Band Udara setempat.  Dia juga muncul dalam produksi profesional lokal seperti Hello, Dolly! , Camelot , Manusia Musik ,Grease , Chess dan Peter Pan , di tempat-tempat seperti The Starlight, The Lyceum, dan lainnya.

Setelah lulus dari sekolah menengah pada tahun 2000, dia kuliah di California State University, Fullerton , tetapi pergi setelah lima minggu untuk pindah ke Los Angeles : "Saya baru saja memutuskan bahwa yang benar-benar ingin saya lakukan adalah mencoba bekerja di dunia hiburan yang nyata. semua tentang mengambil risiko untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. "

Karier[sunting | sunting sumber]

2001–2008: Awal karier[sunting | sunting sumber]

Pada usia 19, Lambert mendapatkan pekerjaan profesional pertamanya, tampil di kapal pesiar selama sepuluh bulan bersama Anita Mann Productions. Setelah itu, dia tampil di opera ringan di Orange County, California. Pada usia 21, ia ditandatangani dengan seorang manajer dan berperan dalam tur Eropa Rambut .  Pada tahun 2004, ia muncul dalam produksi Brigadoon Theatre Under the Stars (TUTS)  dan produksi Pasadena Playhouse 110 in the Shade ,  sebelum berperan sebagai Joshua dalam Sepuluh Perintah: Musikal di Teater Kodak bersama Val Kilmer . Dia menjadi perhatian direktur casting untuk Wicked , dan dipekerjakan sebagai pengganti untuk peran Fiyero dan anggota ansambel dalam produksi tur nasional pertama dari musikal tersebut dari tahun 2005, dan produksi Los Angeles dari tahun 2007. Dia menyelesaikan pertunjukan dengan musik pada tahun 2008.

Selama periode yang sama ini, Lambert secara singkat menjadi vokalis band rock underground The Citizen Vein dengan Steve Sidelnyk, Tommy Victor dan Monte Pittman .  Dia juga bekerja sebagai penyanyi demo dan musisi sesi ; kompilasi rekaman 2005-nya dirilis pada 2009 di album Take One

2009: American Idol[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: American Idol (season 8) dan For Your Entertainment (album)

Lambert menyanyikan lagu kebangsaan selama kunjungannya ke MCAS Miramar (2009)

Lambert mengikuti audisi untuk musim kedelapan dari American Idol di San Francisco, California dengan menyanyikan " Rock dengan Anda " dan " Bohemian Rhapsody ".  Memajukan minggu ke Hollywood, ia menampilkan solo " What's Up " dan " Believe ", dan " Some Kind of Wonderful " dalam upaya grup.  Simon Cowell menyuarakan keprihatinan tentang teaternya, tetapi Randy Jackson menganggapnya "terkini".  Dia maju dengan mudah ke 36 teratas dengan penampilan " (I Can't Get No) Satisfaction ".

Dalam minggu pertama pertunjukan langsung, membawakan lagu Michael Jackson " Black or White " dipuji oleh keempat juri.  Untuk Country Week, dia menyanyikan versi sitar dari " Ring of Fire ". -Nya Motown malam versi akustik dari The Miracles ' ' The Tracks of Tears My ' menarik pujian dari juri dan tepuk tangan meriah dari Smokey Robinson , mentor minggu ini. Maju ke 8 besar, dia menyanyikan aransemen " Mad Worlds " 2001 Michael Andrews dan Gary JulesKarena acaranya sudah melebihi slot waktunya, hanya Cowell yang memberikan kritik, yang dia lakukan dengan memberikan standing ovation kepada Lambert, satu-satunya yang dia berikan selama satu dekade sebagai juri American Idol . Setelah Lambert menyanyikan " If I Can't Have You ", menyampaikan apa yang DioGuardi sebut sebagai" penampilan yang paling berkesan ", Cowell menggambarkan vokalnya sebagai" sempurna. "Untuk 3 pertunjukan teratas, ia menampilkan" Satu "sebelum Cowell menyatakan," Jika Anda tidak berada di final minggu depan, itu akan menjadi salah satu gangguan terbesar "; dan dilanjutkan dengan" Menangis "sebelum Abdul menegaskan," kami akan bertemu denganmu minggu depan dan bertahun-tahun setelah itu ".

Lambert menampilkan tiga solo di final, reprise dari "Mad World", diikuti oleh lagu hak-hak sipil tahun 1960-an " A Change Is Gonna Come ", untuk reaksi juri yang sangat positif. Setelah penampilan single pemenang wajib, " No Boundaries " Cowell menyimpulkan perjalanan Lambert: "Selama seluruh musim, Anda telah menjadi salah satu kontestan terbaik dan paling orisinal yang pernah kami miliki di acara itu. Harapan dan keseluruhan Ide acara seperti ini adalah menemukan bintang di seluruh dunia, dan saya benar-benar yakin kami telah menemukannya dalam diri Anda ".  Lambert diumumkan sebagai runner-up untuk musim kedelapan American Idol . Setelah menang, Kris Allenmenyatakan: "Adam pantas mendapatkan ini", kemudian menjelaskan bahwa menurutnya Lambert pantas menang sebanyak yang dia lakukan, dan bahwa Lambert "adalah orang yang paling konsisten sepanjang tahun. Dia benar-benar salah satu pemain paling berbakat yang pernah saya temui" .  Versi Lambert dari single pemenang dirilis bersama Allen. LA Times kemudian menempatkan Lambert di peringkat kelima dalam daftar 120 kontestan American Idol teratas, dipilih dari sembilan musim pertama pertunjukan, di atas Allen.

Foto-foto Lambert berciuman dengan pria lain muncul selama kompetisi American Idol . Disorot sebagai kontroversial, mereka ditampilkan oleh komentator konservatif di The O'Reilly Factor , yang menyebut mereka "memalukan," tetapi tidak setuju bahwa gambar tersebut akan mempengaruhi persaingan.  Lambert membenarkan bahwa foto-foto itu adalah dirinya, menyatakan bahwa dia tidak menyembunyikan apa pun dan selalu terbuka tentang hidupnya.  Media arus utama berspekulasi tentang seksualitasnya dan kesiapan pemilih American Idol untuk pemenang gay secara terbuka.  Dia menegaskan bahwa dia gay dalam wawancara sampul Rolling Stone tidak lama kemudian.

Pertunjukan dan hasil American Idol season 8
Minggu # Tema Pilihan lagu Artis asli Pesanan # Hasil
Audisi Pilihan Audisi " Rock with You "

" Bohemian Rhapsody "

Michael Jackson

Queen

T / A Maju
Hollywood Solo Pertama " What's Up " 4 Non Blondes T / A Maju
Hollywood Kinerja Grup " Some Kind of Wonderful " Soul Brothers Six T / A Maju
Hollywood Solo Kedua " Percaya " Cher T / A Maju
36 Teratas / Semi Final 2 Billboard Hot 100 Hits to Date " (I Can't Get No) Satisfaction " Batu berputar 12 Maju
13 teratas Michael Jackson " Hitam atau Putih " Michael Jackson 11 Aman
11 teratas Grand Ole Opry " Cincin Api " Anita Carter 5 Aman
10 besar Motown " The Tracks of My Tears " Keajaiban 8 Aman
9 teratas Unduhan Teratas " Mainkan Musik Funky Itu " Cherry liar 8 Aman
8 teratas Tahun Mereka Lahir (1982) " Dunia Gila " Air mata untuk Ketakutan 8 Aman
7 teratas Lagu dari Bioskop " Born to Be Wild " - Easy Rider Steppenwolf 3 Aman
7 teratas Disko " Jika Aku Tidak Bisa Memilikimu " Yvonne Elliman 5 Aman
5 teratas Standar Rat Pack " Merasa Baik " Cy Grant 5 Bawah 2
4 teratas Duet Solo Rock and Roll " Whole Lotta Love "

" Slow Ride " dengan Allison Iraheta

Led Zeppelin

Foghat

1

6

Aman
3 teratas Pilihan Juri ( Simon Cowell ) Pilihan

Kontestan

" Satu "

" Menangis "

U2

Aerosmith

3

6

Aman
2 teratas Lagu Penobatan Pilihan Kontestan

Simon Fuller 's Choice

"Dunia Gila"

" Perubahan Akan Datang " " Tanpa Batas "

Air Mata untuk Ketakutan

Sam Cooke Kris Allen / Adam Lambert

1

3 5

Pemenang kedua
  • Catatan Karena juri menggunakan satu save mereka untuk menyelamatkan Matt Giraud , Top 7 tetap utuh selama satu minggu.

Lambert menampilkan " Mad World " di The Early Show ,  dan Live with Regis dan Kelly .  Dia memulai American Idols LIVE! Tour 2009 di bulan Juli dan musim panas itu juga menerima dua penghargaan: Young Hollywood Award untuk Artist of the Year dan Teen Choice Award untuk Male Reality / Variety Star

2009–2011: Untuk Hiburan dan tur Anda[sunting | sunting sumber]

Lambert di 16th Screen Actors Guild Awards (2010)

For Your Entertainment , album studio pertama Lambert, dirilis pada 23 November 2009. Debut di nomor tiga di Billboard 200 dan terjual 198.000 eksemplar di AS pada minggu pertama, album tersebut melihat Lambert bekerja sama dengan produser seperti Rob Cavallo , Dr. Luke dan Max Martin ; dan penulis termasuk Matthew Bellamy , Ryan Tedder , Rivers Cuomo , Justin Hawkins , P! nk , Linda Perry dan Lady Gaga . Di Metakritik, album tersebut menerima skor 71, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya disukai". Spin mengatakan album itu "mungkin kumpulan lagu terkuat dan paling beraroma untuk mencapai dokter hewan AI , dan keterampilan vokal polimorf Lambert menyatukan strut dancefloor dan kemegahan hard-rock dalam paket glam yang meyakinkan". Rolling Stone , bagaimanapun, memberikan review yang lebih beragam: "Lagu-lagunya terdengar bagus tapi anehnya terasa pengap— [ini] sepertinya seperti disk yang terlalu dipikirkan. Lain kali, Lambert yang sangat berbakat harus memastikan dia langsung melakukannya. "  Its Claude Kelly dan Dr Luke Diproduksi lead single " For Your Entertainment"mendahului rilis album tetapi tidak sesukses single kedua" Whataya Want from Me "yang berdampak pada tangga lagu di seluruh dunia, menjadi single dengan puncak tertinggi (di nomor 10) di Billboard Hot 100 , dan dinominasikan untuk Grammy Award untuk Penampilan Vokal Pop Pria Terbaik pada upacara penghargaan ke- 53 . Single terkenal lainnya adalah " Time for Miracles ", tema penutup untuk film bencana tahun 2012. Per April 2012 , For Your Entertainment telah terjual hampir 2 juta kopi di seluruh dunia  dan telah disertifikasi emas di AS pada bulan Juni 2010.

Pada 22 November, Lambert menampilkan " For Your Entertainment " di American Music Awards tahun 2009 . Penampilan kontroversial, yang merupakan final malam itu, menunjukkan Lambert mencium seorang bassis laki-laki dan meraih selangkangan yang lain.  Sebagai tanggapan, Parents Television Council , sebuah kelompok kesusilaan konservatif, mendesak pemirsa untuk mengajukan keluhan kepada FCC,  meskipun pertunjukan tersebut ditayangkan "di luar kerangka waktu FCC yang biasanya pukul 6 pagi - 10 malam yang melarang penyiaran materi tidak senonoh".  ABC menerima sekitar 1.500 keluhan melalui telepon dan membatalkan penampilan Lambert pada 25 November di Good Morning America . Dia malah diundang untuk tampil diPertunjukan Awal di tanggal yang sama. Membahas insiden tersebut dalam sebuahwawancara Rolling Stone , Lambert menyatakan: "Para artis wanita telah melakukan ini selama bertahun-tahun — mendorong amplop tentang seksualitas — dan begitu seorang pria melakukannya, semua orang ketakutan. Kami berada di tahun 2009 — itu terjadi. waktu untuk mengambil risiko, menjadi sedikit lebih berani, waktu untuk membuka mata orang dan jika itu menyinggung mereka, maka mungkin saya bukan untuk mereka. Tujuan saya bukan untuk membuat orang marah, itu untuk mempromosikan kebebasan berekspresi dan kebebasan artistik . " Lambert kembali ke AMA dua tahun kemudian sebagai presenter, dan diterima dengan hangat. Menolak klaim bahwa penyanyi itu dilarang tampil pada tahun 2009, Produser Eksekutif Larry Kleinmengatakan bahwa dia mengantisipasi penampilan Lambert di masa depan: "Adam Lambert adalah teman kami, dia berbakat dan saya menyukai segala sesuatu tentang dia."  Penampilan Lambert dimasukkan dalam daftar Billboard dari "Sepuluh Momen Penghargaan Musik Amerika Teratas" pada malam ulang tahun ke-40, pada November 2012.

Dalam bulan-bulan menjelang rilis albumnya, Lambert tampil di sampul majalah seperti Entertainment Weekly pada Mei 2009,  Rolling Stone pada bulan Juni 2009  dan Detail pada bulan November 2009.  Nya Rolling Stone cerita sampul menjadi edisi majalah terlaris tahun ini.  Dia muncul di sampul majalah Out dalam edisi 2009 "Out 100", memicu kontroversi saat penerbit Out mengeluarkan dia surat terbuka yang mempertanyakan "gayness" dari citranya.  Pada bulan April, ia menjadi salah satu Orang Tercantik di Majalah People 2010 . Dia terpilih untuk 10 Orang Paling Menarik Barbara Walters tahun 2009 , dan diwawancarai di acara 10 Desember Pada akhir 2009, dia tampil di Pertunjukan Akhir dengan David Letterman ,Pertunjukan Malam Ini dengan Conan O'Brien , akhir musim So You Think You Can Dance ,The Jay Leno Show  dan The Oprah Winfrey Show . Ia melakukan konser solo resmi pertamanya, yang terjual habis, di Fantasy Springs Resort Casino di Indio, California.

Pada April 2010, Lambert kembali ke American Idol sebagai mantan kontestan pertama yang menjadi mentor selama minggu bertema Elvis Presley , di mana ia juga tampil.  Pada bulan Juni, ia muncul di Penghargaan Video MuchMusic Kanada untuk menerima penghargaan Video Internasional UR Fav untuk " Whataya Want from Me ."

Pada awal Juni 2010, Lambert memulai debutnya dengan headlining Glam Nation Tour , bermain di Amerika Serikat, Eropa dan Asia untuk 113 pertunjukan, hampir semuanya terjual habis.  Pertunjukan Indianapolis difilmkan untuk rilis video pertama Lambert Glam Nation Live , CD 13-track dengan DVD.  Konser, yang disebut MTV "keluar dari dunia ini", dan rilis video berikutnya, diterima dengan baik, dengan Entertainment Weekly mengatakan itu "mendesis" dengan energi yang dibawa vokal Lambert dalam pengaturan konser langsung.  Glam Nation Live memulai debutnya di nomor satu di tangga lagu Video Musik SoundScan  dan mendarat di nomor 12 diBillboard ' s akhir tahun 2011 penjualan musik video grafik. Ini mengikuti rilis drama diperpanjang pertamanya, Acoustic Live! , terdiri dari versi akustik lagu yang direkam secara langsung di berbagai negara. EP tersebut mengumpulkan ulasan yang sangat baik dan disebut "menggemparkan" oleh New York Daily News .

Pada bulan Agustus, ia diprofilkan dalam film dokumenter selama satu jam untuk VH1 's Behind the Music seri;  dan kemudian di tahun itu menjadi mentor untuk kedua kalinya di Majors & Minors Jaringan TV Hub , melatih kontestan menyanyi yang masih anak-anak.  Pada November 2011, Lambert bergabung dengan Queen sebagai penyanyi utama di MTV Europe Music Awards , di mana band ini mendapat penghargaan Global Icon Award dan mereka menampilkan medley hits klasik.

2012–2013: Masuk Tanpa Izin[sunting | sunting sumber]

Lambert tampil dalam tur di Kiev, Ukraina Maret 2013

Lambert mengubah manajemen dari 19 Entertainment menjadi Direct Management Group pada Agustus 2011.  Judul lagu dari album studio keduanya, Trespassing , ditulis bersama dengan Pharrell Williams ; sedangkan single utama album, " Better Than I Know Myself ", kolaborasi dengan Dr. Luke dan Claude Kelly , dirilis secara digital pada tanggal 20 Desember 2011. [ rujukan? ]

Masuk tanpa izin dirilis pada 15 Mei 2012 dengan ulasan positif.  Pada tanggal 23 Mei, album debut di nomor satu di tangga lagu Billboard 200 , terjual 77.000 eksemplar.  dan di nomor tiga di grafik tengah pekan Britania Raya.

Single keduanya " Never Close Our Eyes ", yang ditulis oleh Bruno Mars dan diproduksi oleh Dr. Luke, dirilis secara digital pada 17 April, mendapat ulasan positif.  Lambert kembali ke American Idol untuk tahun ketiga berturut-turut pada hasil acara yang mendahului minggu terakhir Idol. Penampilan "Never Close Our Eyes" pada 17 Mei dipuji karena energinya yang bersemangat dan mempesona, serta untuk vokal pembangkit tenaga listrik yang telah menjadi ciri khasnya.

Sepanjang musim semi dan musim panas 2012, Lambert tampil di seluruh Eropa, Amerika Utara, Asia dan Australia, tampil di festival, di radio dan televisi, dan dalam konser, termasuk salah satu dari beberapa tempat utama di Summer Sonic Festival 2012.  Pada bulan September , dia muncul di akhir The Voice of China , program paling populer di negara itu.

Lambert bergabung dengan Queen untuk kolaborasi enam tanggal konser, dimulai dengan ekstravaganza dua jam di bawah naungan UEFA di Kiev pada 30 Juni, malam Kejuaraan Sepak Bola Euro 2012 . Dilihat secara langsung oleh ratusan ribu orang di alun-alun utama Ukraina ,  pertunjukan tersebut dipuji karena kekuatan kecakapan memainkan pertunjukan Lambert, keunggulan vokal dan keterampilan interpretatif, yang dengan percaya diri menyeimbangkan antara yang lama dan yang baru.  Hampir seragam, ulasan mencatat vokal Lambert, kehadirannya yang "mendesis" dan "menggetarkan"; seiring dengan sinergi kolaborasi tersebut, yang oleh Brian May disebut "organik".

Single ketiga Lambert, "Trespassing", dirilis sebagai bagian dari delapan lagu EP remix yang menyertakan edit radio dari lagu aslinya. Berjudul Trespassing Remixes , itu menjadi tersedia untuk outlet radio dan digital pada bulan Oktober, dengan hard copy dijual dari situs resminya saja.  "Trespassing" memulai debutnya di nomor satu di tangga lagu Billboard Hot Dance Singles Sales , memberi Lambert entri nomor satu di Billboard yang kesepuluh .

Pada tanggal 23 Oktober, Lambert berakting dan membawakan dua lagu dari Trespassing in the Halloween special dari serial televisi Pretty Little Liars .

Lambert muncul untuk pertama kalinya di Afrika Selatan pada bulan November, memimpin konser arena di Cape Town dan Johannesburg . The Sunday Times Afrika Selatan menyebut penampilan Lambert di Johannesburg "epik" dan "menggetarkan", yang menyatakan: "Suaranya menakjubkan dan faktor hiburannya menembus atap."  Belakangan bulan itu dia berada di Hong Kong memberikan "penampilan yang kuat" di Mnet Asian Music Awards 2012 (MAMA 2012)

Album Trespassing diberi penghargaan dalam daftar akhir tahun dan polling, di antaranya album terbaik tahun ini di Rolling Stone ,  nomor tiga di Billboard untuk album "Favorit 200 No.1",  dan nomor delapan di daftar majalah People dari "Top Ten Music" dalam edisi akhir tahun.  Queen + Adam Lambert dinobatkan sebagai artis live terbaik tahun 2012 di Gigwise ,  dan salah satu acara teratas majalah Classic Rock tahun ini.

Lambert meninggalkan 19 Recordings, ketika kontraknya habis, tetapi tetap bersama RCA Records .  Pada tanggal 17 Februari, "We Are Glamily Tour" yang baru dijuluki dimulai di Seoul , dengan tujuh belas perhentian di seluruh Asia dan Eropa.  Konser solo pertamanya di Hong Kong pada tanggal 5 Maret tercatat untuk debut langsung dari dua lagu, " Time for Miracles " dan sebuah cover dari " Shout ", yang disebut "memukau" dan secara vokal mengesankan.

Lambert memenangkan kategori "Artis Internasional Favorit" di Penghargaan Musik China ke - 17 STAR TV yang diadakan di Makau pada bulan April, juga membawakan dua lagu dari Trespassing .  Lambert juga muncul sebagai juri tamu selama audisi di Chinese Idol .

Pada 11 Mei, Lambert untuk albumnya Trespassing bersama dengan Frank Ocean untuk Channel Orange adalah penerima bersama penghargaan untuk Artis Musik Luar Biasa di GLAAD Media Awards ke - 24 .  Ia kembali ke American Idol pada 16 Mei untuk tahun keempat berturut-turut, melakukan duet dengan Angie Miller di final musim kedua belas American Idol , di mana Miller menjadi finalis di tiga besar. Keduanya memainkan lagu " Titanium ."

Dalam sebuah surat yang dikirim ke The Hollywood Reporter pada 12 Juli, Lambert mengungkapkan bahwa dia akan meninggalkan RCA karena "perbedaan kreatif" yang berpusat paling langsung pada rilis berikutnya. Dengan RCA "mendorong" untuk album sampul, Lambert menyatakan: "hati saya tidak cukup dalam membuat album sampul ... Saya sudah jauh ke dalam menulis materi baru dengan beberapa rekan yang sangat berbakat untuk album baru, dan saya bisa ' Saya tidak memberi tahu Anda betapa bersemangatnya saya untuk membagikan suara dan arahan baru ini. Musik ini adalah tempat hati saya ".

Lambert meluncurkan kolaborasi dengan Nile Rodgers dan produser DJ Avicii ketika ketiganya tampil bersama di atas panggung untuk debut lagu AS di konser amal Agustus di Long Island .  Lagu, berjudul "Lay Me Down", dirilis di album debut Avicii TRUE pada 17 September di AS, meskipun sudah mulai naik tangga lagu di seluruh dunia.  Ia menerima pengakuan luas di preview, dan mendarat di nomor satu di kompilasi Rolling Stone ' s lagu-lagu favorit, album dan video.

Lambert dan Queen membuat penampilan konser live pertama mereka di Amerika Serikat, menutup malam pada tanggal 20 September, di Festival Musik iHeartRadio 2013 di MGM Grand Arena . Review untuk pertunjukannya sangat bagus, dengan Rolling Stone menyatakan bahwa mereka mendominasi malam pertama, juga menyebut mereka tindakan yang paling ditunggu malam itu, dengan Lambert "memukau penonton".  Billboard sama-sama dipuji, berkomentar tentang "kekuatan magnet" dari vokal, menambahkan bahwa Lambert "memancarkan karisma".

Lambert memulai debutnya pada musim kelima Glee pada 7 November, memainkan peran Elliot "Starchild" Gilbert dalam apa yang menjadi busur multi-episode. Lagu Lady Gaga " Marry the Night " dirilis sebelum tanggal tayang, mengumpulkan publisitas dan ulasan positif. Penghargaan untuk debut Lambert menonjolkan vokalnya yang kuat dan kehadirannya yang dinamis. Remake dari "Marry the Night" mempengaruhi Billboard minggu berikutnya, memulai debutnya di nomor 39 di chart Lagu Digital Pop.

Lambert hadir untuk menerima dua penghargaan di China Huading Music Awards, Vokalis Pria Internasional Terbaik dan Penghargaan Pilihan Penggemar, pada 18 Desember di Shanghai.  Lambert berada di urutan ketiga pada daftar tahunan Forbes dari American Idols berpenghasilan tertinggi, karena pertunjukan live dan upaya lainnya.

2014–2018: The Original High and Queen + Adam Lambert[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Queen + Adam Lambert

Lambert dan May dalam tur Queen + Adam Lambert 2014

Pada Februari 2014, Lambert kembali ke American Idol , di mana dia menjadi mentor tamu selama lokakarya "Boot Camp" dua malam Randy Jackson .  Dia adalah juri tamu pada pemutaran perdana musim 6 Drag Race RuPaul minggu berikutnya.  Glee kembali pada 25 Februari dengan episode " Frenemies " yang menampilkan Lambert dalam penampilan " I Believe in a Thing Called Love " dari The Darkness .

Pada tanggal 27 Mei 2014, sebuah album kompilasi The Very Best of Adam Lambert dirilis oleh Sony Legacy 's Playlist seri, menampilkan rekaman dari dua album studio Lambert bersama dengan studio rekaman dari American Idol dan Glee .  Album ini memulai debutnya di tangga lagu Billboard Top Internet Albums di nomor 14.

Lambert mulai tur dengan Roger Taylor dan Brian May dari Queen pada Juni 2014, dengan 35 tanggal di Amerika Utara , Korea, Jepang, Australia dan Selandia Baru. Itu adalah kesuksesan kritis dan komersial, karena ulasan menyoroti keahlian musik May dan Taylor, di samping ketangkasan vokal yang mengesankan, karisma, dan kedekatan Lambert dengan repertoar Queen - semua ditambah dengan tontonan produksi yang rumit.  Pada tahun 2015, babak kedua dari sebelas negara dan 26 tanggal di Eropa dan Inggris dilakukan.  Pada tanggal 4 November, Ratu + Adam Lambert dinobatkan sebagai Band of the Year di Penghargaan Penghargaan Rock Roll of Honor tahunan ke-10 .

Menyusul penampilan "melonjak" yang banyak ditinjau pada X Factor Inggris ,  Lambert dan Queen mempersembahkan konser Malam Tahun Baru eksklusif di London di Central Hall Westminster, Queen + Adam Lambert Rock Big Ben Live . Konser yang dipuji itu disebut "pitch-perfect".  Pada bulan Januari, Queen + Adam Lambert muncul di sampul majalah Rock Klasik ; dia mendapat tepuk tangan di cerita sampul oleh Taylor dan May, yang menyebutnya "hadiah dari tuhan".  Pada bulan September, Queen dan Lambert menjadi headline Rock dalam "Perayaan 30 Tahun" Rio di Brasil , sebagai bagian dari tur enam tanggal di Amerika Selatan. Tur itu sukses kritis; dan pertunjukan Rock in Rio mereka adalah festival tujuh hari yang paling populer, berdasarkan penjualan tiket.

Pada tanggal 15 Januari 2015, Lambert menjadi mantan kontestan pertama yang tampil sebagai juri tamu di American Idol pada musim keempat belas di audisi Kota New York, menggantikan Keith Urban .  Pada hari yang sama, Lambert mengungkapkan dalam wawancara Billboard bahwa ia telah menandatangani kontrak dengan Warner Bros. Records dalam waktu dua puluh empat jam setelah mengumumkan kepergiannya dari RCA. Dia lebih lanjut menyatakan bahwa perilisan studionya yang akan datang, dijadwalkan untuk awal musim panas dengan single keluar pada bulan April, akan diproduksi eksekutif oleh penulis lagu-produser Swedia Max Martin dan Shellback .

Promosi untuk album baru, The Original High , dimulai dengan serangkaian cerita sampul majalah, penampilan televisi dan teaser dari singel utama, " Kota Hantu ", sebelum dirilis pada tanggal 21 April 2015. Yang juga terkenal adalah "Kota Hantu" penampilan di 2015 Logo Trailblazer Honors;  dan penampilannya pada awal Agustus di The Voice Australia . Spin menamakannya salah satu lagu terbaik tahun 2015 sejauh ini; dan The New York Times menyatakan itu "mungkin single terbaiknya sampai saat ini."  "Kota Hantu" memasuki Billboard Hot 100 di nomor 73, dan masuk dalam Billboard Adult Top 40 .  Album ini mencapai 100 juta streaming Spotify pada awal Desember 2015  dan mendapatkan sertifikasi emas di AS pada 15 Januari 2016.

The Original High memulai debutnya di nomor tiga di Billboard 200 dengan menjual 42.000 album dan memindahkan total 47.000 unit, termasuk lagu dan streaming album yang setara.  Lambert mengumpulkan sepuluh album pertamanya di Britania Raya, dengan debut nomor delapan di UK Albums Chart .  Seperti halnya "Kota Hantu", ulasannya sebagian besar positif. The Original High Tour dimulai pada Januari 2016 dengan enam tanggal di Australia dan Selandia Baru dan tujuh tanggal di Jepang.

Pada tanggal 29 Agustus, Lambert menerima penghargaan sebagai Artis Asing Terbaik di Eska Music Awards 2015 yang diadakan di Szczecin , Polandia .  Pada tanggal 30, ia membuat penampilan festival Inggris pertamanya, menampilkan satu set di Festival Fusion 2015 di Birmingham .

Pada awal Oktober, Lambert merilis " Another Lonely Night ".  Ini debut live sebagai single baru di 538 LIVE XXL di Ziggo Dome di Amsterdam, dan beberapa hari kemudian di X Factor Australia .  Dua puluh tanggal kemudian ditambahkan ke "The Original High Tour" untuk memasukkan tiga belas negara Eropa; "RedFest DXB", festival musik dua hari, di Dubai ; dan dua buah kurma di Cina .  Tur dimulai pada # Celebrate2016 di The Float di Marina Bay , Singapura pada tanggal 31 Desember 2015. Pada bulan November, sebuah petisi online yang didukung oleh kelompok konservatif diluncurkan untuk menghapus Lambert dari program Singapura, mengutip penampilannya yang kontroversial di AMA pada tahun 2009, dan dukungan aktif untuk hak-hak LGBT. Dia tidak dihapus dari posisi headlining, tetapi ditegaskan bahwa penampilannya akan sesuai dengan peraturan penyiaran yang ketat.

Sepanjang musim gugur, Lambert terus tampil di AS, Eropa, dan Asia. Pertunjukan terkenal termasuk Today , Swedish Idol , The Voice of Poland dan BBC One 's Strictly Come Dancing , sebagai tamu musik. Setelah berpartisipasi dalam konferensi pers Billboard di Beijing yang mengumumkan masuknya China dalam tangga musiknya, dia menjadi bintang tamu di acara Alibaba 's Singles 'Day .  Pada tanggal 2 Desember, ia tampil di CMT "Artists of the Year" khusus, untuk menghormati Little Big Town dan lagu kontroversial mereka " Girl Crush," Dalam duet dengan Leona Lewis .  Kinerja dinominasikan untuk "Kinerja of the Year" di 2016 CMT Music Awards .

Lambert menerima beberapa penghargaan akhir tahun, di antaranya menjadi nomor satu dalam peringkat pendapatan tahunan Forbes dari kontestan American Idol ;  dan teratas di Rolling Stone ' s 'Sepuluh Terbaik Album of 2015' pembaca' polling, dengan publikasi mencatat nya "vokal adalah sebagai besar sebagai penampilannya."  Pada Januari 2016, dua puluh tiga tanggal di AS ditambahkan ke "The Original High Tour", menjadikannya 56 tanggal di seluruh dunia.  Pada pertengahan Januari, Lambert bermitra dengan Oreo untuk meluncurkan kampanye iklan global yang berfokus pada keragaman, "Open Up", menampilkan vokalnya di tempat animasi.  Pada bulan Februari,dia tampil di penghormatan terakhir untukDavid Bowie di Clive Davis dan acara pra- Grammy The Recording Academy .  Pada bulan Maret, ia memulai debutnya "Selamat datang di Show" di final musim kelima belas dari American Idol .  Minggu berikutnya, DJ memproduseri lagu Steve Aoki dan Felix Jaehn "Can't Go Home" memulai debutnya, dengan Lambert sebagai vokalis utama.

Pada Mei 2016, Lambert menjadi wajah baru merek gaya hidup Macy , INC International Concepts, dan peserta kampanye musim panas "American Icons".

Queen + Adam Lambert menjadi headline Rock di Rio Lisbon , Swedia Rock Festival , Isle of Wight Festival , dan dua belas festival dan pertunjukan Eropa lainnya di bulan Mei dan Juni 2016.  Pada bulan September, mereka menjadi headline di Formula 1 Singapore Grand Prix 2016 , tampil satu kencan di Tel Aviv , tiga kencan di Tokyo, dan masing-masing satu di Bangkok , Hong Kong , Shanghai dan Taipei sebagai bagian dari Tur Asia.  Pada bulan Juni, Lambert bergabung dengan panel juri untuk musim kedelapan The X Factor Australia .

Lambert merilis video musik independen pertamanya yang diproduksi sendiri pada bulan Juli untuk mengiringi "Welcome to the Show."  Ia tampil Iman di final musim ABC 's Greatest Hits pada bulan Agustus.  Lambert ditampilkan di single "Broken," dirilis pada bulan Agustus oleh DJ / produser Tritonal bekerja sama dengan produser Jenaux.

Pada bulan Oktober, Lambert ikut membintangi remake televisi The Rocky Horror Picture Show .  X Factor Australia menyelesaikan musim 2016 pada bulan November, dengan anggota tim Lambert mengumumkan pemenangnya.  Pada bulan Desember, ia berduet dengan finalis Saara Aalto di final The X Factor UK , dan mempersembahkan penghargaan untuk Artis Inggris Tahun Ini di siaran langsung BBC Music Awards 2016.  Lambert tampil di album soundtrack dari DreamWorks Animation 's Captain Underpants: The First Epic Movie dengan " Think ," dirilis pada Juni 2017.

Queen + Adam Lambert memulai tur arena di seluruh dunia pada 23 Juni 2017 di Glendale, Arizona yang terdiri dari tanggal di Amerika Utara, Eropa, Australia, dan Selandia Baru.  Grup ini muncul di The Late Late Show dengan James Corden dengan Lambert dan Corden bernyanyi untuk menjadi vokalis Queen.  Lambert dan Queen menampilkan konser mini di Jimmy Kimmel Live! , dengan empat daftar lagu yang mencakup debut lagu baru dari Lambert berjudul " Two Fux ."  Ulasan awal untuk pertunjukan tersebut sangat positif, menyoroti sinergi kolaborasi, yang manaBillboard menyatakan mungkin yang paling "fusi kebetulan dari dua tindakan rekaman mapan" sejak Fleetwood Mac; dan munculnya sesuatu yang baru, memajukan band. "Two Fux" dirilis ke pengecer digital pada tanggal 30 Juni, dengan ulasan yang juga positif: Yahoo! Musik menyebutnya "waltz rock 'n' roll dengan sikap yang menyenangkan" yang menunjukkan Lambert "hampir manusia super" yang sangat percaya diri;Esquire menyatakan bahwa lagu itu "berbuih, dan sebuah karya untuk ketinggian yang memicu mimisan yang dapat diskalakan oleh falsetonya; itu juga berfungsi sebagai penggabungan pengaruh Queen dan pengalaman serta perspektif Lambert sendiri". "Dua Fux"

Lambert muncul sebagai juri tamu dan pelatih musik pada episode musim ketiga Drag Race RuPaul: All Stars .  Karena kesuksesannya, tur Queen + Adam Lambert mengumumkan leg keempat yang akan dimulai 7 Juni di Lisbon, berakhir 8 Juli di Dublin.  Pada bulan Maret, Billboard melaporkan bahwa Queen + Adam Lambert menduduki puncak rekap "Hot Tours" mereka, dengan pertunjukan mereka di Australia.

Pada bulan Mei, Lambert bekerja sama dengan Melissa Etheridge untuk membuka GLAAD Media Awards ke - 29 dengan penampilan yang "merobek" dari " I'm the Only One ".  Beberapa hari kemudian, dia muncul di Live with Kelly and Ryan , mengumumkan residensi 10 tanggal di Las Vegas untuk Queen + Adam Lambert pada September 2018, di Park Theater di Park MGM . Produksi baru, berjudul "The Crown Jewels", diterima dengan baik.  Lambert mengubah manajemen menjadi Philymack.

Lambert adalah juri tamu di segmen "Rumah Juri" di The X Factor pada bulan Oktober.  Dia melakukan duet "As Long As kau milikku" dengan Ledisi di NBC 's A Very Jahat Halloween , memperingati Jahat ' s lima belas tahun di Broadway. Penampilan tersebut dipuji karena harmoni yang brilian dan "riff vokal yang mengesankan", dan kemudian dirilis di album Wicked: The 15th Anniversary Special Edition .  Pada tanggal 2 Desember, ia muncul di acara Strictly Come Dancing 's Musicals Week, menyanyikan " We Are the Champions ,"dari We Will Rock You.  Pada tanggal yang sama, dia tampil langsung di Kennedy Center Honors untuk mendukung penerima kehormatan Cher , menyanyikan " I Got You Babe " bersama Cyndi Lauper dan versi balada orkestra dari " Believe ," yang disebut "event high point" oleh The Washington Post .  Setelah acara tersebut disiarkan pada tanggal 26 Desember, penampilan Lambert dipuji secara luas.

2019 – sekarang: Velvet dan Queen + Adam Lambert[sunting | sunting sumber]

Lambert muncul bersama James Corden di The Late Late Show pada 20 Januari 2019, untuk episode bertema NFL , menyanyikan parodi " Don't Stop Me Now ".  Pada tanggal 17 Februari, ia tampil dengan baik Ulasan "goyang" versi " Biru Suede Shoes " di NBC 's Elvis All-Star Tribute , sebuah rekreasi dari Elvis Presley ' s '68 Comeback Special .

Lambert menyuarakan karakter Kaisar Maximus dan menyanyikan lagu asli untuk Playmobil: The Movie , sebuah film aksi langsung animasi kombinasi yang dirilis pada 2019.  Pada 3 Desember, Queen dan Adam Lambert mengumumkan 23 tanggal arena dan tur stadion dengan merek baru produksi untuk Amerika Utara. Tur Rhapsody menambahkan tanggal tambahan di NYC dan LA; pada tanggal 25 tur berlangsung dari 10 Juli hingga 23 Agustus 2019.

Lambert merilis lagu "Feel Something" pada 22 Februari, yang disebut "balada yang sangat merindukan" oleh Rolling Stone yang "menampilkan rentang vokal akrobatik [nya]". Ditulis bersama dengan Benedict Cork , Josh Cumbee dan diproduseri oleh Cumbee dan Afshin Salmani, itu adalah lagu pertama yang terungkap dari album studio keempat penyanyi itu, yang dirilis melalui label independen Empire .  Menyebut lagu itu sebagai "hadiah" untuk para penggemar dan peluncuran era baru sebelum single resminya yang pertama, Lambert menjelaskan melalui Instagramproses di mana dia muncul dari periode gelap tebak-tebakan, kompromi, dan kekecewaan. Menemukan dirinya "mati rasa", dia mencari bantuan, menghubungkan kembali baik secara spiritual maupun artistik, membuat musik sesuai keinginannya — dengan "Feel Something" sebagai titik awal emosional untuk karya barunya.  Beberapa hari kemudian ia merilis pertunjukan studio live yang "menawan" dari "Feel Something", yang keindahan dan nada menenangkannya menangkap maksud dari lagu tersebut.

Pada 24 Februari 2019, Lambert dan Queen menjadi band rock pertama yang membuka Oscar dengan penampilan "eksplosif" dari dua lagu klasik Queen yang mendapatkan tepuk tangan meriah. Keesokan harinya, mereka mengumumkan film dokumenter berdurasi dua jam, The Show Must Go On: The Queen + Adam Lambert Story, yang menggambarkan perjalanan kolaborasi mereka yang sedang berlangsung. Film tersebut ditayangkan di ABC pada bulan April, menawarkan rekaman konser di balik layar yang langka dan wawancara baru.  Roger Taylor muncul di Good Morning America pada pagi yang sama, menyebut kolaborasi dengan Lambert "ajaib", dan contoh "takdir yang sedang berlangsung".  Pada tanggal 28 April, tamu Lambert menjadi mentorAmerican Idol ' s atas 8 finalis pada malam Queen-bertema, dan dipuji karena saran ditindaklanjuti yang ditinggikan pertunjukan.

Pada April 2019, The Rhapsody Tour diperluas hingga mencakup tujuh jadwal stadion di Australia dan tiga di Selandia Baru, yang dijadwalkan pada Februari 2020; empat pertunjukan di Jepang dan dua di Korea Selatan, untuk Januari 2020; dan 26 pertunjukan di Eropa termasuk sepuluh pertunjukan residensi di The O2 Arena di London.

Pada 15 Mei 2019, Lambert merilis " New Eyes ", single utama dari album studio keempatnya, Velvet , ditulis bersama dengan Paris Carney dan diproduksi oleh Jamie Sierota. Lagu "easylessly cool, sleek" memadukan rock modern dan klasik, sementara videonya mencerminkan lirik lagu dan estetika yang terinspirasi tahun 70-an. Disutradarai oleh Miles & AJ, video tersebut adalah bagian pertama dari film pendek yang menyertai perilisan album.  Lambert kembali ke American Idol untuk final musim 19 Mei untuk menampilkan "New Eyes" dan berduet dengan seorang kontestan.  Pada tanggal 31 Mei, dia membawakan lagu tersebut di The Ellen DeGeneres Show ; dan pada 24 Juni,di finalThe Voice Australia .

Lambert merilis lagu yang diproduksi The Monarch "Comin in Hot" pada 26 Juni, bersama dengan video kedua dari film pendek yang mendukung Velvet . Video itu disebut "bewitching" dan "mesmerizing", dan lagu itu dikatakan memperpanjang suara rock tahun 70-an dari single pertama album itu. Lambert mengungkapkan bahwa Velvet akan dirilis dalam dua bagian, dengan Side A dijadwalkan untuk September 2019.  "Comin In Hot" melihat debut siarannya pada 28 Juni ketika Lambert menampilkan lima set lagu dan diwawancarai di Good Seri Konser Musim Panas Morning America , dalam rangka merayakan Pride month dan WorldPride NYC 2019 .

Pada 4 September, Lambert merilis single dan video untuk "Superpower", muncul di Velvet: Side A , paruh pertama dari album studio keempatnya. The Tommy English menghasilkan lagu itu co-ditulis oleh Lambert, Inggris dan Ilsey Juber , dengan arah video dengan Millient Hailes. Baseline berbobot dan "falsetto halus" mencerminkan rock tahun 70-an, inti funk-heavy dari album multi-genre, yang dirilis pada 27 September. Billboard menyebut EP 6 lagu sebagai "karya terbaik", memancarkan kepercayaan diri dan vokal mentah kekuasaan.  Kemahiran dan keseniannya lintas genre juga dicatat.  Dia menampilkan "Superpower"live pada tanggal 2 Oktober di Live with Kelly and Ryan, dan untuk minggu Halloween dari BBC One 's Strictly Come Dancing .  Pada tanggal 12, ia membawakan penampilan "Superpower" yang "memukau" di The Talk .  Pada tanggal 15 Oktober, versi video hitam-putih langsung dari lagu "Closer to You" dari Velvet: Side A dirilis, dipuji sebagai "kelas master vokal."  Debut siarannya di The Late Late Show dengan James Corden sangat dipuji, ditandai sebagai "meningkatkan ketinggian lagu dengan keahlian opera pop."

Pada 28 September, Lambert bersama Queen menjadi penampil utama dalam Festival Warga Global 2019 di Central Park Kota New York . Didedikasikan untuk memobilisasi pemerintah dunia untuk memberantas kemiskinan ekstrem dan mengatasi perubahan iklim, festival ini membukukan peringkat terbaiknya: dengan 60.000 penonton dan hampir 21 juta tampilan di seluruh dunia, festival ini menghasilkan hampir $ 1 miliar dalam bentuk ikrar.

Pada bulan November, Lambert merilis sebuah cover, " Please Come Home for Christmas " untuk Spotify Singles: Holiday Collection .  Dia termasuk di antara beberapa pemain di konser penghormatan Avicii di Friends Arena di Stockholm pada tanggal 5 Desember, untuk mendukung pencegahan bunuh diri dan mempromosikan kesadaran kesehatan mental.  Pada 6 Desember, Lambert merilis sebuah cover dari " Believe " Cher berdasarkan penampilannya di tahun 2018 di Kennedy Center Honors .  Ia membawakan lagu sebagai duet dengan Katie Kadan pada Desember 17 final dari musim ketujuh belas dari The Voice.  Pada tanggal 22 Desember, ia tampil di CBS A Home for the Holidays khusus Natal untuk meningkatkan kesadaran tentang adopsi dan sistem pengasuhan.  Lambert memberikan empat konser solo diterima dengan baik sepanjang Desember untuk mempromosikan Velvet: Side A .

Pada Januari 2020 Lambert dinominasikan untuk GLAAD Media Award dalam kategori Outstanding Music Artist untuk Velvet: Side A .  Lambert akan membuka Penghargaan Media GLAAD ke - 31 dengan penampilan khusus pada tanggal 19 Maret di New York City.  Pada 16 Februari di Sydney, Lambert bersama Queen tampil di konser Fire Fight Australia untuk mengumpulkan dana bantuan dari kebakaran hutan Australia dan mereplikasi set Live Aid Queen secara keseluruhan pada tahun 1985 .

Pada 4 Februari 2020, Lambert merilis lagu retro-funk "Roses" yang menampilkan Nile Rodgers . Velvet Tour dimulai pada 3 Agustus di Manchester Pride , diikuti oleh SSE Arena Wembley London dan tujuh pertunjukan lainnya di seluruh Eropa. Tur itu didahului oleh kediaman mini dari lima pertunjukan di Las Vegas di Teater Venesia pada bulan April.

Lambert dengan Queen bersatu secara virtual pada tanggal 30 April untuk merilis "You Are the Champions", sebuah konsep ulang dari " We Are the Champions ," pada layanan streaming dan download, dengan hasil akan disalurkan ke Dana Respon Solidaritas COVID-19 Organisasi Kesehatan Dunia .  Pada bulan Mei, Lambert adalah bagian dari acara streaming langsung 3 hari yang disebut "Stronger Than You Think", percakapan untuk membahas masalah kesehatan mental yang memengaruhi remaja dan dewasa muda, terutama selama pandemi COVID-19 .  Pada bulan Juni, ia muncul di The Late Late Show dengan James Corden untuk membahas dukungan dan pengalamannya dari gerakan Black Lives Matter , dan memberikan penampilan akustik "Di Bulan "dariBeludru .  Lambert berpartisipasi dalam Program virtual GRAMMY Museum di Rumah , dengan wawancara mendalam dan empat set lagu akustik.  Pada bulan Juli, untuk mendukung tawaran kepresidenan Joe Biden , ia membawakan lagu "Ready to Run" dari Velvet di acara penggalangan dana live-streaming Biden, "Celebration for Change".  Pada bulan September, ia mewawancarai Pete Buttigieg di saluran Instagram - nya , membahas politik dan pentingnya pemilihan presiden yang akan datang.

Queen with Lambert merilis album pertama mereka pada 2 Oktober 2020, Queen + Adam Live Around the World .  Debut di nomor satu di Tangga Album Resmi Inggris  diikuti oleh film konser dengan nama yang sama pada tanggal 29 Januari 2021, dengan rekaman tur dan streaming atau akses pembelian.  Grup ini kemudian mengumumkan bahwa tur Eropa dan Inggris mereka akan ditunda untuk kedua kalinya hingga tahun 2022 dengan dua pertunjukan Glasgow ditambahkan.

Pada bulan November, komedi Showtime Moonbase 8 memulai debutnya, dengan Lambert dalam peran akting tamu non-musikal.  Sebagai bagian dari susunan pemain "epik", Lambert menyanyikan Starman "kemenangan" untuk acara streaming langsung tiga jam, "A Bowie Celebration", pada kesempatan yang akan menjadi ulang tahun ke-74 Bowie.  Lambert memainkan peran "Emile" dalam Ratatouille the Musical , usaha pertama dari jenisnya yang bersumber dari kerumunan dan disusun oleh TikTok , bekerja sama dengan komunitas teater dan hiburan. Yang muncul adalah musikal bergaya Broadway, yang disiarkan pada tanggal 1 Januari,meningkatkan rekor memecahkan 2 juta dolar untuk The Actors Fund.  Pada bulan Desember diumumkan bahwa ia akan tampil di rekaman pemeran asli dari "Cinderella" Andrew Lloyd Webber .

Pada akhir Januari 2021, Lambert mengumumkan bahwa Feel Something Foundation akan bermitra dengan Pride Live untuk mengoordinasikan dan mengurasi perayaan tahunan global Hari Stonewall Juni . Line-up tersebut akan mempertemukan berbagai kelompok seniman dan presentasi; dan akan mencakup Lambert yang menyelenggarakan dua streaming langsung Stonewall Day Unplugged, semuanya untuk meningkatkan kesadaran dan mendukung warisan Stonewall dari aktivisme LGBTQ +.  Dia muncul di The Kelly Clarkson Show pada 26 Januari, dan membahas kemungkinan mengembangkan merek kecantikannya sendiri.

Juga pada tahun 2020, dia seharusnya melakukan tur dengan Christina Aguilera di Amerika Utara tetapi rencana itu dibatalkan karena pandemi COVID-19 .

Seni[sunting | sunting sumber]

Suara[sunting | sunting sumber]

Kritikus, selebriti, dan kolega telah blak-blakan memuji perintah vokal Lambert. Kathie Bretches-Urban, salah satu pendiri Metropolitan Educational Theatre Network (sekarang MET2)  mana Lambert tampil sebagai pemuda, berkata "Dia telah menginvestasikan seluruh hidupnya dalam musik dan pertunjukan ... Dia baru saja tampil di atas panggung, dan itu muncul ".  Produser rekaman Rob Cavallo pernah menggambarkan Lambert memiliki jangkauan yang tidak terbatas, dan mampu menyanyikan setiap nada pada gitar dari yang terendah hingga yang tertinggi.  Dalam wawancara Maret 2012, artis rock Meat Loaf menilai suara Lambert hanya ditemani oleh dua orang lainnya, Whitney Houston dan Aretha Franklin, berdasarkan "kualitas paket jet yang sesuai dengan suara mereka yang membuatnya lepas landas."  Total rekaman vokal Lambert berkisar dari bass E hingga B datar di atas tenor tinggi C (E2 - B ♭ 5), memberinya tiga oktaf dan enam seminada.

Pada tahun 2011, ketika dia naik panggung di MTV Europe Music Awards , gitaris Queen Brian May mencatat bahwa suara Lambert memiliki "kepekaan, kedalaman, kedewasaan, dan jangkauan dan kekuatan yang luar biasa yang akan membuat rahang jatuh";  sementara Roger Taylor menambahkan bahwa Lambert memiliki "jangkauan terbaik yang pernah saya dengar" dalam wawancara BBC pada tahun 2012.  Pharrell Williams , setelah berkolaborasi dengan Lambert di album Trespassing- nya, berkomentar, "Anak ini memiliki suara seperti sirene - tidak ada orang yang bernyanyi dalam lagu Steve Winwood - Peter Cetera itu . "

Oktober 2012, Sunday Mirror melaporkan bahwa Lambert telah mengasuransikan suaranya sebesar $ 48 juta. Seorang sumber mengatakan kepada surat kabar tabloid: "Asuransi untuk bintang adalah masalah besar di AS dan suara Adam adalah dagingnya."

Dalam wawancara tahun 2019, James Michael , vokalis utama band Sixx: AM , memuji teknik vokal, kekuatan, dan fasilitas kontrol vokalnya Lambert - menilainya sebagai salah satu vokalis terbaik di dunia.

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Lambert terinspirasi ketika ayahnya memberinya akses ke koleksi rekaman musik tahun 1970- annya yang besar . Dia tertarik pada teater rock dari artis-artis seperti Madonna , David Bowie, Michael Jackson, Queen, Aerosmith , dan Led Zeppelin.  Lambert menyebut Michael Jackson dan Madonna sebagai "Raja dan Ratu" karena mereka secara kreatif menggabungkan musik dengan riasan, mode, dan video sinematik.  Di antara pengaruh terkuatnya adalah penyanyi Inggris seperti Freddie Mercury, David Bowie dan Robert Plant : "Mereka adalah orang-orang yang saya sukai".

Pada Maret 2013, Lambert menulis artikel untuk penghargaan majalah Out kepada David Bowie, yang akan merilis album baru. Di dalamnya, dia menjelaskan bagaimana Bowie membantu mengungkapkan ekspresi seksualitas dan gendernya sendiri dalam karyanya: "Bola lampu padam — saya tidak tertarik, saya tidak ingin berpakaian seperti wanita, tetapi saya ingin melakukannya. mengekspresikan identitas gender dan artistik saya secara berbeda dari arus utama. Bowie adalah inspirasi utama. Itu tentang androgini dalam mencampurkannya, dan itulah yang sangat luar biasa tentang konsepnya — dia adalah salah satu bintang rock pertama yang benar-benar mendorong Ide bahwa seksualitas bukan hitam putih tapi eksplorasi ".

Musik Lambert sendiri telah dipengaruhi oleh berbagai genre termasuk musik rock klasik , pop , dan elektronik ; dan gaya penampilannya sangat menarik dari pengalaman panggungnya.  Lambert membayangkan dirinya sebagai tipe artis "yang menciptakan dari bawah ke atas, tidak hanya lagu yang luar biasa, tapi juga dengan irama, dan cerita, dan tampilan, dan tema".  Untuk album keduanya, ia menggunakan inspirasi dari disko klasik , electronica 1990-an , funk dan musik dubstep .  Lambert juga mengutip Christina Aguilera sebagai inspirasi.

Kedermawanan[sunting | sunting sumber]

Lambert tampil pada pembukaan Life Ball 2013 di Wina, Austria

Sejak kemunculannya di American Idol , Lambert telah memberikan banyak dukungan dan waktu untuk kegiatan amal. Pada Oktober 2011 , sumbangan keuangan telah mencapai angka $ 1.000.000.

Pada Januari 2010, sebagai pengganti hadiah untuk ulang tahunnya yang ke 28, Lambert meminta penggemar untuk menyumbang ke DonorsChoose .org, karena 2.435 penggemar menyumbang $ 322.700.  Pada bulan Juni 2010, Lambert bekerja sama dengan badan amal untuk kampanye "Glam A Classroom", mengumpulkan $ 208.590 lagi, didukung oleh 3.020 penggemar.  Pada bulan Oktober 2010, ia berkolaborasi dalam Koleksi Tanda Tangan kedua dengan The Pennyroyal Studio, yang terjual habis setelah mengumpulkan $ 43.092 untuk DonorsChoose.  Lambert berkontribusi pada amal MusiCares ketika dia dan The Pennyroyal Studio berkolaborasi dalam desain liontin Eye of Horus , yang penjualannya berhasil mengumpulkan $ 32.000 dalam 7 hari.

Pada Januari 2011, ia memulai kampanye untuk mengumpulkan $ 29.000 untuk amal: air untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-29 dan kampanye tersebut mengumpulkan $ 323.803, yang membantu 16.190 orang menerima air bersih.  Ia melanjutkan upayanya untuk ulang tahunnya yang ke-30, pada Januari 2012, kali ini meminta penggemar untuk "menyerahkan" ulang tahun mereka dalam drive berkelanjutan yang telah mengumpulkan $ 82.000 pada Mei 2012.  Pada bulan Juni 2013, akuntansi oleh badan amal : daftar air 55 proyek sejauh ini diselesaikan dengan dana yang dikumpulkan oleh Lambert.

Lambert kembali ke panggung American Idol untuk 10 Maret 2011, hasil menunjukkan, menyanyikan versi akustik dari lagu Untuk Hiburan Anda "Aftermath". Setelah pertunjukan, versi dance remix tersedia untuk dibeli, dengan hasil yang diperoleh dari The Trevor Project .

Lambert tampil di konser Royal Albert Hall pada 7 Juni 2012 di bawah naungan Rays Of Sunshine Children's Charity.

Pada tanggal 30 Juni, Elton John dan Queen + Adam Lambert berkoordinasi dengan Olena Pinchuk ANTIAIDS Foundation untuk konser bersama guna memerangi HIV / AIDS .  Pada tanggal 25 September 2012, Lambert menjadi tajuk utama acara penggalangan dana di Washington, DC atas nama Marylanders for Marriage Equality.

Pada tanggal 31 Januari 2013 ia menerima Unity Award, yang menghormati artis yang musiknya menyebarkan "pesan damai", dari We Are Family Foundation pada 2012 Celebration Gala 2.0.  Lambert "menyumbangkan" ulang tahunnya yang ke-31 untuk amal, mengumpulkan lebih dari $ 82.000 hanya dalam waktu seminggu.  Untuk ulang tahunnya yang ke-32, ia memilih badan amal itu lagi, berkoordinasi dengan artis Chris \\ Saunders dalam pembuatan cetakan dan poster edisi terbatas dan terbuka yang penjualannya menguntungkan yayasan.

Pada 25 Mei, Lambert menjadi peserta acara pembukaan Life Ball 2013 di Wina .  Tampil sebagai Ali Baba , dia membawakan lagu resmi gala, "Love Wins Over Glamour", yang dia tulis bersama dengan tim produksi yang berbasis di Wina, Beat4Feet.

Pada tanggal 23 Juni, dia menyanyikan " The Star-Spangled Banner " untuk membuka Broadway Bares guna membantu Broadway Cares / Equity Fights AIDS .  Lambert adalah penampil unggulan pada acara Pesta Dansa 19 Agustus di Riverhead , Long Island , memberikan penghargaan kepada All For The East End (AFTEE).  Pada tanggal 2 November, dia menjadi penghibur musik untuk Make-A-Wish Foundation Ball di Florida Selatan .  Bola 2013 yang terjual habis mengangkat rekor 2 juta dolar.

Lambert ditampilkan dalam peluncuran video untuk kampanye #IMAGINE UNICEF .  Bekerja sama dengan Queen, dia adalah peserta kampanye [RED] Coca-Cola untuk membantu mengakhiri penularan HIV dari ibu ke anak.  Pada bulan Juni 2015 ia tampil di Roundhouse untuk Fashion Ball "One for the Boys".  Awal bulan itu, dia tampil di konser "Live Aid Uusi Lastensairaala" di Finlandia.  Pada Juli 2016, ia mengambil bagian dalam single amal " Hands ", sebuah penghormatan kepada para korban penembakan klub malam Orlando .

Pada Agustus 2017, Lambert menampilkan mini-set tribute untuk George Michael di gala Project Angel Food 's Angel Awards, di mana Michael adalah penerima Elizabeth Taylor Humanitarian Award, sebagai pengakuan atas filantropinya.  Lambert melalui "Feel Something Foundation" kembali bekerja dengan badan amal tersebut pada November 2020 untuk memberikan makanan Thanksgiving yang disesuaikan secara medis kepada mereka yang paling rentan selama COVID.  Dia melakukan duet pada bulan Oktober dengan Cynthia Erivo untuk Bola Harapan Korsel 2020 virtual untuk mendukung Children's Diabetes Foundation.

Advokasi LGBT dan aktivisme sosial[sunting | sunting sumber]

Lambert di Penghargaan Media GLAAD ke - 21 (2010)

Lambert telah menjadi kontributor keadilan sosial .  Lambert menyatakan, "Saya merasa seperti selebriti, visibilitas, dan ketenaran, ada tanggung jawab untuk mencoba memberi kembali dan mencoba menggunakan visibilitas untuk kebaikan yang lebih besar. Ini bukan tentang saya. Ini tentang mencoba meningkatkan kesadaran dan mendapatkan orang untuk mengambil tindakan. "  Penampilan AMA-nya yang sangat provokatif, menampilkan ciuman gay di televisi langsung, berfungsi untuk mendorong batas-batas masyarakat dengan menyoroti standar ganda etika dalam regulasi media juga.

Lambert dianugerahi "Equality Idol Award" oleh Sam Sparro di Equality California Los Angeles Equality Awards pada bulan Agustus 2011 karena menjadi teladan teladan bagi komunitas LGBT.  Dia dihormati bersama ibunya pada bulan berikutnya di acara PFLAG National Los Angeles untuk suaranya yang "asli".

Lambert menerima nominasi GLAAD Media Award untuk Artis Musik Terkemuka pada 2010. Pada tahun yang sama, ia meminjamkan suaranya ke pesan video satu setengah menit di YouTube untuk kampanye It Gets Better - sebuah proyek yang dibuat oleh kolumnis Dan Savage sebagai tanggapan atas perundungan di sekolah dan serangkaian kasus bunuh diri di kalangan remaja LGBT .

Pada bulan Maret berikutnya, ia merilis versi remix Billboard dari lagu Untuk Hiburan Anda " Aftermath " dengan sebagian dari hasil penjualan akan mendukung The Trevor Project , organisasi nasional terkemuka yang menyediakan layanan intervensi krisis dan pencegahan bunuh diri kepada kaum muda LGBT.  Dia mengumpulkan tambahan $ 43.500 untuk The Trevor Project setelah berkolaborasi dengan The Pennyroyal Studio untuk membuat liontin Perdamaiannya sendiri.  Pada bulan Oktober 2011, sumbangan atas nama Tentara Penggemar Adam Lambert Glambert untuk Maraton Pesta Dansa MTV mengumpulkan dana untuk memerangi penindasan untuk menghormati Bulan Pencegahan Penindasan Nasional .  Lambert adalah peserta diSpirit Day , sebuah gerakan yang dimulai pada tahun 2010 untuk menghormati nyawa LGBT yang tewas karena bunuh diri, "menjadi ungu" dalam upaya untuk mendukung pemuda LGBT dalam memerangi penindasan.

Pada bulan Desember, ia tampil di konser amal " Cyndi Lauper & Friends: Home for the Holidays", yang mengumpulkan dana untuk mendukung "True Colours Fund" dan organisasi "Forty to None Project", menargetkan epidemi tunawisma di antara LGBT pemuda.  Pada Januari 2012, dalam sebuah wawancara eksklusif dengan majalah berita musik Inggris Pressparty , Lambert mencatat bahwa meskipun ada kemajuan sosial di AS, jalan masih panjang, terutama di industri musik: "Saya masih merindukan LGBT keberagaman komunitas agar lebih terwakili secara luas dalam industri hiburan. Saya pikir langkah yang lebih besar telah dibuat dalam film dan TV, tetapi kami masih di awal dengan musik arus utama.Saya menganggap diri saya seorang pria pasca-gay yang bekerja di industri pra-gay. "

Lambert adalah pemain utama di Miami Beach Gay Pride Parade and Festival pada 14 April 2013, dan juga diberi kunci kota.  Lambert dianugerahi GLAAD Davidson / Valentini Award yang bergengsi pada tanggal 11 Mei di San Francisco . Penghargaan kehormatan diberikan setiap tahun kepada para profesional media yang telah membuat perbedaan signifikan dalam mempromosikan persamaan hak dalam komunitas LGBT.

Pada tanggal 30 Mei, dia dianugerahi dengan "Hope of Los Angeles Award" sebagai bagian dari Bulan Warisan LGBT Tahunan ke-3 di kota itu.  Lambert ditampilkan dalam kampanye "Kata F Baru" yang disponsori oleh organisasi Gerakan Sahabat akar rumput, yang telah meluncurkan upaya global yang bertujuan untuk pemberdayaan diri dan meningkatkan kesadaran anti-intimidasi melalui gambar-gambar positif di media dan seni.  Pada tanggal 15 Juni, yang dideklarasikan sebagai "Hari Adam Lambert" oleh Dewan Kota,  ia menjadi headline konser "Pride in the Street" di Pittsburgh .

Untuk menghormati musim Pride, Lambert bermitra dengan AT&T dan The Trevor Project untuk "Live Proud Campaign", yang bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan kesadaran dalam komunitas LGBTQ .  Sasaran $ 50.000 tercapai dan pada tanggal 3 Juli presentasi cek dibuat untuk Proyek Trevor selama pertunjukan final pribadi yang diberikan oleh Lambert.

Pada pemutaran perdana film Bridegroom tanggal 15 Oktober di Los Angeles , Lambert mengungkapkan bahwa dia telah menyumbangkan sebuah lagu untuk musik tersebut, dan merasa "rendah hati" untuk terhubung dengan proyek tersebut. Film dokumenter yang kuat tentang persimpangan cinta dan politik kesetaraan pernikahan, memenangkan Penghargaan Penonton Festival Film Tribeca 2013 untuk Film Dokumenter Terbaik.

Lambert adalah salah satu penampil unggulan di pesta TrevorLIVE pada 8 Desember, di Hollywood Palladium .  Pada bulan Februari 2014 ia tampil untuk makan malam Penghargaan Los Angeles Tahunan ke-10 Dewan Kesetaraan Keluarga .  Pada bulan Juni 2014, ia bekerja sama dengan AT&T untuk kampanye "Live Proud" tahunan keduanya, sekali lagi untuk mendukung LGBT Pride Month dan musim Pride.

Pada April 2015, dia adalah penerima penghargaan "Ikon Musik" di British LGBT Awards 2015, menghormati mereka yang tindakannya membantu mempromosikan kesetaraan.  Pada bulan Oktober, ia menerima "Penghargaan Musik / Album Internasional" di Attitude Pride Awards di London.

Pada bulan Juni 2017, bulan Pride , Lambert menjadi pembicara di pawai Los Angeles Pride , menyampaikan pesan melawan kebencian dalam semua presentasi hak asasi manusianya.  Beberapa minggu sebelumnya, ia menjadi co-host "Queer Prom" pertama BuzzFeed untuk siswa sekolah menengah atas LGBTQ dari seluruh AS.  Ia ditampilkan dalam Billboard ' upeti kepada Kebanggaan bulan, penamaan komunitas LGBTQ nya 'benar inspirasi' dan 'garis hidup'.  Dirilis selama minggu Pride, single terbaru Lambert, " Two Fux ", adalah lagu kebanggaan.

Lambert tampil untuk Point Foundation Honors Gala pada Oktober 2017, sebagai pengakuan atas mereka yang telah memberikan dampak signifikan pada komunitas LGBTQ. Point Foundation adalah organisasi pemberi beasiswa terbesar bagi siswa LGBTQ berprestasi di negara ini.  Kemudian di bulan itu, dia tampil atas nama GLAAD untuk kickoff tahunan Spirit Day , di acara konser Spirit Day 'Believer'.  Pada Mei 2018, bersama dengan Melissa Etheridge, dia tampil untuk membuka Penghargaan Media tahunan GLAAD ke-29 di New York City ; dan kemudian pada bulan itu menjadi tuan rumah ceramah untuk remaja di Mosaic LGBT Youth Center di London. Mosaic adalah organisasi yang berupaya untuk mendukung, mendidik, dan menginspirasi dengan menawarkan ruang aman dan berbagai program untuk remaja LGBTQ +.

Pada Januari 2020, Lambert meluncurkan kelompok advokasi nirlaba LGBTQ + bernama Feel Something Foundation, nama yang sama dengan rilis single pertamanya dari album Velvet . Misinya adalah untuk mendukung "organisasi LGBTQ + yang menggerakkan jarum untuk komunitas dari segala usia dan latar belakang," dan memengaruhi area penting kehidupan LGBTQ. Tujuan spesifik lainnya adalah untuk "menghapus 'coming out' sebagai istilah yang digunakan untuk mendefinisikan seseorang sebagai dirinya sendiri."  Selama penguncian pandemi COVID-19 , Yayasan bekerja sama dengan eBay meluncurkan dua lelang amal pakaian panggung Lambert, dengan dana yang dikumpulkan diarahkan ke GLAADuntuk orang LGBTQ yang membutuhkan. Lelang pada bulan Juni memulai serangkaian acara untuk Pride 2020 untuk mendukung program keterlibatan pemuda GLAAD, termasuk panel dengan Duta Kampus mereka dari seluruh AS.  Pada bulan April, Lambert berpartisipasi dalam acara streaming langsung GLAAD's Together in Pride: You Are Not Alone , mengumpulkan dana untuk pusat komunitas LGBTQ yang menyediakan layanan penting selama COVID.  Pada awal Juni, ia mengumumkan sumbangan yang cukup besar dari Yayasan kepada Dana Kebebasan LGBTQ, untuk membantu dengan jaminan bagi anggota komunitas yang telah ditangkap selama protes damai Black Lives Matter . Pada tanggal 28 Juni, Meja Bundar Kreasi Bisnis Musik Pride diselenggarakan oleh Yayasan, dengan Lambert dan artis tamu khusus membahas diskriminasi di industri, cerita mereka sendiri, dan langkah maju menuju kesetaraan LGBTQ.

Pertunjukan Pride terkenal lainnya termasuk "Can't Cancel Pride", diproduksi bekerja sama dengan iHeartMedia dan Procter & Gamble untuk mendukung banyak organisasi LGBTQ +;  dan Global Pride , acara streaming langsung 24 jam, mungkin acara LGBTQ terbesar yang pernah ada, di mana dia juga berbicara atas nama Black Lives Matter dan orang-orang kulit berwarna di komunitas - titik fokus kedua acara tersebut.  Lambert tampil dalam segmen pidato di merek LGBTQ Conde Nast , mereka. "Out Now Live", perayaan kebanggaan virtual untuk mendidik, menghibur, dan mengumpulkan uang untuk Ali Forney Center yang menargetkan tunawisma remaja LGBTQ.

Pada bulan Desember ia kembali tampil untuk konser amal tahunan "Home for the Holidays" Cyndi Lauper untuk True Colours United, yang bekerja untuk memerangi tunawisma di kaum muda LGBTQ +.  Dia menjadi tuan rumah yang pertama dari dua sesi Stonewall Day Unplugged pada tanggal 18 Februari sebagai bagian dari menjelang perayaan Hari Stonewall bulan Juni dimana Lambert, melalui Feel Something Foundation, akan melakukan kurasi dengan Pride Live .  url = https://www.pride.com/music/2021/1/26/celebrate-stonewall-day-adam-lamberts-feel-something-foundation%7Ctitle=Celebrate Stonewall Day Dengan Adam Lambert's Feel Something Foundation | author = Rude, Mey | date = 26 Januari 2021 | Pada tanggal 4 Maret, ia berpartisipasi dalam acara perayaan untuk mendukung Center for Gender-Affirming Care di San Diego 'sRumah Sakit Anak Rady.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Lambert secara terbuka gay . Dia menjalin hubungan dengan reporter hiburan Finlandia dan kepribadian reality TV Sauli Koskinen dari November 2010 hingga April 2013, ketika Lambert mengumumkan bahwa mereka telah berpisah secara damai dan diharapkan untuk tetap berteman.  Dari Maret hingga November 2019, Lambert menjalin hubungan dengan model Javi Costa Polo.

Lambert menyatakan dalam sebuah wawancara tahun 2016 bahwa dia "sepenuhnya kecanduan tato".  Dia mendapatkan tato pertamanya, Eye of Horus di pergelangan tangannya sebelum dia mulai di American Idol dan sejak itu menutupi lengan dan tubuhnya dengan lebih banyak lagi.  Ia telah ditato oleh seniman tato terkenal Maxime Plescia-Büchi ,  Daniel Meyer,  dan Roxx.[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  • Untuk Hiburan Anda (2009)
  • Masuk Tanpa Izin (2012)
  • The Original High (2015)
  • Velvet (2020)

Tur Konser[sunting | sunting sumber]

  • American Idols LANGSUNG! Tur 2009 (2009)
  • Glam Nation Tour (2010)
  • Tur Queen + Adam Lambert 2012 (2012)
  • We Are Glamily Tour (2013)
  • Tur Queen + Adam Lambert 2014–2015 (2014–15)
  • The Original High Tour (2016)
  • Tur Festival Musim Panas Queen + Adam Lambert 2016 (2016)
  • Queen + Adam Lambert Tour 2017–2018 (2017–18)
  • The Rhapsody Tour with Queen (2019–21)
  • The Velvet Tour (2020)

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Wewenang Catatan
2006 Sepuluh Perintah: Musikal Joshua Debut film
2009–2010 Idola amerika Dirinya sendiri (kontestan & mentor) Musim 8, tempat ke-2; Musim 9, Episode "9 Besar - Elvis Presley"
2011 Proyek landasan pacu Dirinya sendiri (juri tamu) Episode, "Gambar adalah Segalanya"
Jurusan & Anak di Bawah Umur Dirinya sendiri (mentor) 2 episode
2012 Pembohong Kecil yang Cantik Diri Episode, "This Is a Dark Ride"
VH1 Divas Dirinya sendiri (pembawa acara, pemain) Konser manfaat televisi langsung
2013–2014 Lagu Elliot "Starchild" Gilbert 5 episode
2014 Idola amerika Dirinya sendiri (mentor) Musim 13, "Kamp Pelatihan"
Drag Race RuPaul Dirinya (Juri Tamu) Musim 6, Episode 1: "Pembukaan Besar RuPaul (Bagian 1)
Lennon atau McCartney Diri Film dokumenter pendek; klip wawancara
2015 Idola amerika Dirinya sendiri (juri tamu) Musim 14 Audisi Long Island
2016 The Rocky Horror Picture Show: Let's Do the Time Warp Again Eddie Film TV
2016 Faktor X Dirinya (Hakim) Musim 8
2018 Bohemian Rhapsody Supir truk Cameo tidak terakreditasi
2019 Playmobil: The Movie Kaisar Maximus (suara)
2019 Pertunjukan Harus Terus: Kisah Ratu + Adam Lambert Diri Film dokumenter televisi
2020 Satu Dunia: Bersama di Rumah Diri Televisi spesial
2020 Together in Pride: You Are Not Alone Diri Televisi spesial
2021 Ratatouille si Musikal Emile Streaming Benefit Concert

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. (Inggris) Adam Lambert di Wikipedia Bahasa Inggris

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]