Action figure

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Action figure Superman keluaran DC Direct, berdasarkan karya Alex Ross.

Miniatur tiruan superhero atau Action figure (dibaca eksyen figer) adalah mainan berkarakter yang berpose, terbuat dari plastik atau material lainnya dan karakternya sering diambil berdasarkan film, komik, video game atau acara televisi. Action figure ini sering dipasarkan memang untuk anak lelaki. Action figur yang bisa diganti-ganti pakaiannya sering disebut sebagai action doll (boneka aksi) sebagai sebuah perbedaan dari action figur yang pakaiannya tidak bisa diganti-ganti atau sudah dicetak.

Action figure sangat terkenal dikalangan anak lelaki karena mereka melambangkan suatu sifat maskulin. Awalnya action figure dibuat hanya untuk pasaran anak-anak, kemudian action figure telah berkembang menjadi sebuah barang koleksi bagi para kolektor dewasa dan telah diproduksikan secara spesifik untuk orang dewasa. Dalam hal ini, barang yang dipandang secara cermat adalah mainan yang semata-mata hanya untuk dipajang.

== Sejarah ==

Action Figures pertama kali diperkenalkan di Amerika sebagai bentuk maskulin dari Barbie yaitu seri militer GI Joe yang berasal dari komik pada tahun 50an.Action figures GI Joe ini dibaut oleh produsen mainan Hasbro. Sebelumnya sebetulnya sudah ada action figure yang lebih bersifat feminim yaitu Barbie yang diproduksi oleh Mattel.

-Komunitas Action Figures Indonesia-

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]