Abu Su'ud Al Banjari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Syekh H. Abu Su'ud bin Muhammad Arsyad al-Banjari adalah seorang ulama besar nusantara yang berasal dari Kerajaan Banjar. Beliau merupakan anak dari ulama Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari sekaligus guru beliau dalam ilmu agama. Seluruh ilmu agama diwariskan Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari kepada beliau. Sehingga oleh Sultan Sulaiman sebagai raja Kerajaan Banjar, H. Abu Su'ud diangkat sebagai qadhi kerajaan yang pertama.

Beliau merupakan ulama yang tegas dan penuh tanggungjawab, berani menegakkan hak, arif bijaksana dalam mengambil keputusan. Memerangi kemungkaran dan menegakkan kebenaran.

Suatu saat, ketika rombongan H. Abu Su'ud pulang dari menunaikan ibadah haji dari Mekkah, saat melintas di perairan Kerajaan Kedah terjadi kesalahpahaman antara nakhoda kapal dengan pihak keamanan kerajaan Kedah. Pada saat itu Kerajaan Kedah tengah bersitegang dengan Kerajaan Siam. Akibatnya kapal rombongan dipaksa untuk menepi dan berlabuh di Kedah. Setelah menjelaskan kesalahpahaman antara kedua pihak, akhirnya pihak Kerajaan Kedah bersedia melepas kapal dan mempersilakan untuk melanjutkan perjalanan.

Namun Sultan Kedah meminta kepada H. Abu Su'ud untuk berkenan tetap tinggal sementara di Kedah sambil berdakwah untuk mengajari dan membimbing rakyat Kedah dalam bidang ilmu-ilmu agama. Setelah beliau mempertimbangkan segala sesuatunya, H. Abu Su'ud bersedia menetap di Kedah untuk berdakwah. Selama di Kedah beliau menikah dengan perempuan Kedah dan memperoleh seorang anak yang dinamakan Mas'ud. Dari anak beliau inilah melahirkan zuriat Banjar di tanah Kedah. H. Mas'ud selanjutnya menikah dngan Rahmah memiliki anak H.M. Thayyib (ayah dari H. Husein Kedah al-Banjari), H.M. Zein yang kelak menjadi hakim dan Bahauddin, yaitu seorang pahlawan bagi Kerajaan Kedah.