Absis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ilustrasi suatu bidang dalam sistem koordinat Kartesius. Nilai pertama adalah dalam setiap pasangan koordinat adalah absis dari titik itu.

'Absis (bahasa Inggris: abscissa; bentuk jamak abscissae, abscissæ atau abscissas), di dalam matematika, adalah jarak tegak lurus suatu titik dari sumbu-y. Absis merupakan unsur pertama dari pasangan terurut dari dua suku (xy) pada sistem koordinat Kartesius untuk mengalamatkan suatu titik, di dalam sumbu sistem koordinat tegak lurus tetap. Absis juga dikenal sebagai koordinat "x" suatu titik, yang ditunjukkan pada garis mendatar. Koordinat kedua, atau ordinat, juga dikenal sebagai koordinat "y" suatu titik, yang ditunjukkan pada garis tegak.

(\overbrace{x}^\text{absis}, \overbrace{y}^\text{ordinat})

Dalam persamaan parametrik[sunting | sunting sumber]

Dalam penggunaan varian yang sudah jarang digunakan, absis suatu titik dapat pula merujuk kepada bilangan yang menyatakan lokasi suatu titik pada suatu jalur, misalnya parameter suatu persamaan parametrik.[1] Dalam penggunaan ini, absis dapat dipandang sebagai suatu analog geometri-koordinat untuk variabel independen dalam sebuah model matematika atau eksperimen (dengan ordinat mengisi peran analog terhadap variabel dependen).

Contoh[sunting | sunting sumber]

  • Titik (12, -18) memiliki absis 12.
  • Titik (-7, 3) memiliki absis -7.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hedegaard, Rasmus; Weisstein, Eric W. "Abscissa". MathWorld--A Wolfram Web Resource. Diakses 14 July 2013. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]