Abnus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penampang potongan kayu abnus yang belum diolah

Kayu eboni atau abnus adalah kayu keras berwarna hitam/coklat lebat, berasal dari beberapa spesies dalam genus Diospyros, yang juga termasuk pohon kesemek . Beberapa spesies Diospyros seperti makasar dan mun ebony cukup padat untuk tenggelam dalam air. Kayu abnus bertekstur halus dan memiliki lapisan cermin saat dipoles, sehingga berharga sebagai kayu hias.[1] Kayu ini sering disebut-sebut sebagai salah satu kayu termahal di dunia.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Spesies kayu abnus termasuk Diospyros ebenum (eboni srilanka) , yang berasal dari India selatan dan Sri Lanka ; D. crassiflora (eboni gabon), berasal dari Afrika bagian barat; D. humilis (eboni queensland), berasal dari Queensland, Northern Territory, New Guinea dan Timor ; dan D. celebica , asli Indonesia dan dihargai karena serat kayunya yang beraneka warna dan mewah. Kayu abnus Mauritius, D. tessellaria, sebagian besar dieksploitasi oleh Belanda pada abad ke-17. Beberapa spesies dalam genus menghasilkan kayu abnus dengan sifat fisik serupa, namun bergaris, bukan berwarna hitam pekat seperti D. ebenum .

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Label kayu abnus yang menggambarkan Firaun Den, ditemukan di makamnya di Abydos, sekitar tahun 3000 SM

Kayu abnus memiliki sejarah penggunaan yang panjang, dan potongan ukiran telah ditemukan di makam Mesir Kuno .[2]

Pada akhir abad ke-16, lemari bagus untuk perdagangan barang mewah terbuat dari kayu abnus di Antwerp . Kekerasan kayunya yang padat cocok untuk cetakan halus yang membingkai panel bergambar dengan detail halus dengan ukiran pada relief yang sangat rendah ( bas-relief ), biasanya subjek alegoris, atau dengan pemandangan yang diambil dari sejarah klasik atau Kristen. Dalam waktu singkat, lemari semacam itu juga dibuat di Paris, dan pembuatnya dikenal sebagai ébénistes, yang merupakan istilah Perancis untuk pembuat lemari .

Penggunaan modern sebagian besar terbatas pada benda-benda kecil, seperti salib, bagian utama dari beberapa alat musik seperti klarinet, oboe, atau piccolo dan bagian-bagian alat musik, termasuk piano hitam, organ, dan tuts harpsichord ; biola, viola, mandolin, gitar, double bass, dan cello fingerboard ; potongan ekor ; pasak penyetelan ; sandaran dagu ; dan katak busur . Banyak plectrum, atau pick gitar, terbuat dari kayu abnus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gaboon Ebony". www.wood-database.com/ Lumber Identification (Hardwoods). The Wood Database. Diakses tanggal 2016-12-11. 
  2. ^ D.M. (Tesis Doctoral).