Abas Sutan Pamuntjak Nan Sati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Abas Sutan Pamuntjak Nan Sati
Lahir(1899-02-17)17 Februari 1899
Bendera Belanda Magek, Agam, Hindia Belanda
Meninggal4 Oktober 1975(1975-10-04) (umur 76)
Bendera Indonesia Jakarta
KebangsaanBendera Indonesia Indonesia
Nama lainAntares dan Rinaldo
PekerjaanSastrawan

Abas Sutan Pamuntjak Nan Sati (17 Februari 1899 – 4 Oktober 1975)[1] ia adalah seorang sastrawan Indonesia. Dalam berkarya, Abas sering menggunakan nama samaran seperti Antares dan Rinaldo. Di samping itu, ia juga pernah menyingkat namanya seperti Abas St Pamuntjak Nan Sati, A St Pamuntjak N S, dan Aspns.

Latar Belakang Kesastraan[sunting | sunting sumber]

Abas mulai menulis sejak usia lima belas tahun. Saat itu ia duduk di Kweekschool. Banyak tulisannya yang mengisi beberapa surat kabar, misalnya Oetoesan Melajoe dan Tjaja Soematera.[2]

Abas mulai dikenal melalui novel Pertemuan yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1927. Dalam peta perjalanan sastra Indonesia, Abas digolongkan oleh Ajip Rosidi sebagai pengarang angkatan Balai Pustaka.

Karya[sunting | sunting sumber]

Abas Sutan Pamuntjak Nan Sati menulis novel, puisi, dan feuilleton.[2] Di samping itu, ia juga menulis dan menerjemahkan buku-buku pelajaran, misalnya ilmu bumi, sejarah, ilmu pendidikan, ilmu alam, dan ilmu menggambar.[2] Namun hingga saat ini, karya-karyanya belum dapat ditemukan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Kratz EU. 1988. Bibliography of Indonesian Literature in Journal. Yogya: Gadjah Mada University Press.
  2. ^ a b c d Danardana AS. 1997. Di dunia kepengarangan, Abas Sutan Pamuntjak Nan Sati. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]