Abas Sutan Pamuntjak Nan Sati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Abas Sutan Pamuntjak Nan Sati
Lahir 17 Februari 1899
Bendera Belanda Magek, Agam, Hindia Belanda
Meninggal 4 Oktober 1975 (umur 76)
Bendera Indonesia Jakarta
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Nama lain Antares dan Rinaldo
Pekerjaan Sastrawan
Agama Islam

Abas Sutan Pamuntjak Nan Sati (lahir di Magek, Agam, Sumatera Barat, 17 Februari 1899 – meninggal di Jakarta, 4 Oktober 1975 pada umur 76 tahun)[1] ialah seorang sastrawan Indonesia. Dalam berkarya, Abas sering menggunakan nama samaran seperti Antares dan Rinaldo. Di samping itu, ia juga pernah menyingkat namanya seperti Abas St Pamuntjak Nan Sati, A St Pamuntjak N S, dan Aspns.

Latar Belakang Kesastraan[sunting | sunting sumber]

Abas mulai menulis sejak usia lima belas tahun. Saat itu ia duduk di Kweekschool. Banyak tulisannya yang mengisi beberapa surat kabar, misalnya Oetoesan Melajoe dan Tjaja Soematera.[2]

Abas mulai dikenal melalui novel Pertemuan yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1927. Dalam peta perjalanan sastra Indonesia, Abas digolongkan oleh Ajip Rosidi sebagai pengarang angkatan Balai Pustaka.

Karya[sunting | sunting sumber]

Abas Sutan Pamuntjak Nan Sati menulis novel, puisi, dan feuilleton.[2] Di samping itu, ia juga menulis dan menerjemahkan buku-buku pelajaran, misalnya ilmu bumi, sejarah, ilmu pendidikan, ilmu alam, dan ilmu menggambar.[2] Namun hingga saat ini, karya-karyanya belum dapat ditemukan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Kratz EU. 1988. Bibliography of Indonesian Literature in Journal. Yogya: Gadjah Mada University Press.
  2. ^ a b c d Danardana AS. 1997. Di dunia kepengarangan, Abas Sutan Pamuntjak Nan Sati. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]