Aashiqui

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Aashiqui
आशिकी
SutradaraMahesh Bhatt
ProduserGulshan Kumar
Mukesh Bhatt
PenulisRobin Bhatt
Akash Khurana
PemeranRahul Roy
Anu Aggarwal
Deepak Tijori
MusikNadeem-Shravan
SinematografiPravin Bhatt
DistributorVishesh Films
Tanggal rilis
  • 17 Agustus 1990 (1990-8-17)
Durasi
148 menit
NegaraIndia
BahasaHindi
Pendapatan kotorNett Gross:
2.50 crore
GBOC:
5 crore[1]

Aashiqui (Terjemahan: Romantis) adalah film musikal, Romantis India tahun 1990 dan angsuran pertama dari seri Aashiqui yang disutradarai oleh Mahesh Bhatt, dibintangi Rahul Roy, Anu Aggarwal dan Deepak Tijori dalam peran penting. Film ini dikenal karena musiknya, oleh komposer duo Nadeem-Shravan, membangun karier mereka bersama dengan penyanyi Kumar Sanu dan label musik T-Series.[2] Setelah dirilis, ia menerima ulasan positif dan muncul sebagai blockbuster sepanjang masa. Album soundtrack telah dinilai terbaik keempat oleh Planet Bollywood pada "100 Soundtrack Bollywood Terbaik" mereka.[3]

Album soundtrack terjual 20  juta unit,[4] menjadikannya album Bollywood soundtrack terlaris sepanjang masa.[5] Versi cover dari salah satu lagunya, "Dheere Dheere", kemudian dilakukan oleh Yo Yo Honey Singh dan dirilis pada tahun 2015.[6] Sekuel film, Aashiqui 2, dengan tema yang benar-benar baru, disutradarai oleh Mohit Suri dengan Aditya Roy Kapur dan Shraddha Kapoor, dirilis pada 26 April 2013.[7]

Plot[sunting | sunting sumber]

Rahul (Rahul Roy) marah dengan ayahnya karena menikahi istri kedua, sementara ibunya masih hidup; dalam kemarahan dan kemarahan dia membayar kunjungan tanpa diundang ke pernikahan di mana dia melempar ibunya (mangalsutra) dan semua barang rumah tangga lainnya yang dia lestarikan. Dia merusak jendela mobil pernikahan dan karenanya ditangkap dan dikirim ke kantor Polisi terdekat secepat mungkin.

Sementara itu, Anu (Anu Aggarwal) melarikan diri dari asrama gadis-gadis yang menindas yang dijalankan oleh Arnie Campbell (Tom Alter), yang segera melapor ke kantor polisi bahwa dia hilang. Polisi menangkapnya dan menjaganya di kantor Polisi terdekat (yang kebetulan sama di mana Rahul berada).

Sambil menunggu Arnie, Rahul menawarkan Anu jaketnya, yang dia terima. Arnie kemudian tiba dan membawanya kembali ke asrama yang menindas, menjanjikan inspektur polisi bahwa ini tidak akan pernah terjadi lagi. Setelah mereka pergi, inspektur itu berpaling ke Rahul dan menawarkan kepadanya beberapa saran dan kemudian membiarkan dia kembali ke rumahnya yang rusak.

Rahul tidak bisa berhenti memikirkan Anu yang cantik. Keesokan harinya, Rahul kembali ke area hostel dan melihat jaketnya tergantung di luar asrama dan ingin bertemu Anu. Karena dia tinggal di asrama perempuan tidak mungkin dia bisa masuk. Oleh karena itu, dia bermain kriket dengan temannya dan dengan sengaja mengarahkan bola ke dalam kompleks. Keamanan memungkinkan dia masuk untuk mengambil bola. Rahul masuk ke dalam dan melihat Anu memanjat tangga. Dia sangat terkejut dengan kehadirannya dan jatuh dari tangga itu. Rahul tidak dapat mengungkapkan perasaannya untuknya dan menulis catatan tentang tagihan listrik yang ibunya katakan kepadanya untuk membayarnya hari itu juga. Anu mengambil catatan dan pergi. Ibunya kemudian marah karena Rahul tidak membayar tagihan dan meminta Master (Tailor) untuk membantu mendapatkan tagihan kembali.

Penjahit membantu Rahul mendapatkan tagihan bersama dengan catatan di mana Anu memintanya untuk menemuinya di Perpustakaan Kota Utama pada hari Sabtu berikutnya. Dia tiba tepat waktu dengan bersemangat, di mana Anu mengatakan kepadanya bahwa dia tidak memiliki apa pun untuk memberinya kecuali "terima kasih", tetapi Rahul mengatakan tidak ada yang bisa menghentikannya untuk mencintainya, bahkan dirinya sendiri.

Segera setelah dia pergi, Arnie menangkapnya dan membawanya ke Ooty (kota lain) untuk diterima di asrama lain. Rahul mempekerjakan seorang mata-mata untuk menguping dan melihat ke mana Anu akan pergi berikutnya. Mata-mata itu belajar tentang rencana perjalanan Anu dan memberi tahu Rahul, yang pergi bersama temannya untuk mencari Anu dan menemukan tempat tinggal mereka. Mereka mengetahui bahwa Arnie sebenarnya ingin agar Anu menikah dan berbohong kepadanya tentang mengakuinya ke hostel baru, karena dia tidak akan datang.

Di asrama, Arnie menyelenggarakan pesta perpisahan untuk Anu dan Anu mengundang Rahul. yang berjanji untuk menghadiri pesta. Setelah pesta ini, mereka berencana kawin lari (lari bersama). Di pesta itu, ia melarikan diri dengan Anu dan kemudian Arnie menangkap mereka berdua menggunakan polisi. Anu harus kembali dengan Arnie dan pergi ke Ooty, sementara Rahul kembali ke rumahnya.

Setelah beberapa bulan, Rahul mendekati Mr. Arnie karena dia tidak bisa melupakan temannya Anu, yang dia tahu tidak bahagia. Rahul kemudian mengetahui dari Arnie semua perincian bahwa Anu memiliki kerabat jauh di Ooty bernama Paman Peter yang seorang pecandu alkohol. Dahulu kala, Peter telah menandatangani dokumen dan sekarang dia memiliki hak asuh penuh atas dirinya.

Rahul bertanya kepada Arnie tentang keberadaannya dan lebih banyak rincian sehingga dia bisa membantunya menetap (dan menjadi lebih bahagia) dan Arnie (ingin membantu Anu) mengungkapkan segalanya. Mereka berdua menemukan Anu dalam keadaan yang menyedihkan dengan Paman Peter dan menyuap pamannya sejumlah 15.000 rupee dengan syarat ia menandatangani dokumen dan bukan lagi wali hukum Anu.

Setelah Anu akhirnya bebas dari Arnie, asrama dan Paman Peter, ia ingin menjadi mandiri dan mencari pengakuan di sebuah lembaga mengetik. Suatu hari, ia menemukan iklan pekerjaan mencari model untuk mencari merek pakaian "Jean Cardin" di Mumbai dan meminta Anu untuk ikut audisi. Anu setuju dan memenangkan sejumlah 10.000 rupee bersama dengan tur gratis ke Paris dan tempat tinggal yang aman. Dia mengucapkan terima kasih kepada Rahul atas semua bantuannya, tetapi Rahul mengatakan kepadanya bahwa dia sangat mencintainya dan ingin menikahinya secepatnya, yang mana Anu setuju, tetapi dia mengatakan dia akan membutuhkan waktu untuk mempersiapkannya.

Ibu Rahul, ketika mendengar cerita ini mengunjungi Anu dan menawarkan beberapa saran, karena dia tahu Anu adalah seorang yatim piatu dan kesepian.

Keesokan harinya, Rahul datang ke tempat dimana Anu sedang menjalani sesi pemotretan. Dia mendengar pria yang bertanggung jawab menyuruhnya berganti menjadi kostum renang, yang menurut Rahul tidak sependapat. Dia mengatakan kepadanya bahwa mereka berencana untuk menikah segera dan dia tidak menyetujui ketelanjangan seperti itu. Dia bahkan lebih terkejut ketika dia mengetahui bahwa Anu sudah menandatangani kontrak yang menjanjikan dia tidak akan menikah dalam rentang waktu dua tahun.

Rahul sedih dengan keputusan ini dan menulis surat yang ditulis dengan darahnya.

Seiring berjalannya kehidupan, bertahun-tahun berlalu, dan Rahul menetapkan dirinya sebagai penyanyi.

Anu juga sukses sebagai model dan memutuskan untuk melanjutkan kariernya di bawah sutradara Padamsee (Homi Wadia) yang membujuknya untuk menemaninya ke Paris.

Ketika Rahul datang untuk menghentikannya dari menaiki pesawat, Anu setuju untuk meninggalkan direktur dan tetap di belakang untuk memperbarui hubungan mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Kredit[sunting | sunting sumber]

Diproduksi oleh Super Cassettes Industries Limited & Vishesh Film.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Aashiqui dikreditkan sebagai blockbuster di box office pada tahun 1990 terutama karena musik, anggaran rendah dan koleksi terlaris dengan pertunjukan berjalan ke rumah penuh.

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Nominasi Kategori Hasil
1991 Nadeem Shravan Filmfare Award for Best Music Director Menang
Kumar Sanu (for "Ab Tere Bin") Filmfare Award for Best Male Playback Singer Menang
Anuradha Paudwal (for "Nazar Ke Saamne") Filmfare Award for Best Female Playback Singer Menang
Sameer (for "Nazar Ke Saamne") Filmfare Award for Best Lyricist Menang

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Aashiqui
Album musik tema karya Nadeem-Shravan
Dirilis26 Desember 1989
Direkam1989
StudioSudeep Studios Pvt. Ltd.
GenreFeature film soundtrack
Durasi58:13
BahasaHindi
LabelT-Series
SutradaraMahesh Bhatt
ProduserGulshan Kumar
Kronologi Nadeem-Shravan
Pyar Pyar
(1990)
Aashiqui
(1989)
Apmaan Ki Aag
(1990)

Musik untuk Aashiqui disusun oleh duo Nadeem-Shravan dan lirik ditulis oleh Sameer, Rani Mallik dan Madan Pal.

Penilaian profesional
Nilai pendapat
Sumber Penilaian
Planet Bollywood 9/10 stars[8]

Aashiqui menjadi album terlaris dalam sejarah industri musik India dan dalam sebuah wawancara, Bhushan Kumar mengatakan bahwa tidak ada album musik yang mampu memecahkan rekor musik Aashiqui.[9]

Lagu-lagu di Aashiqui direkam untuk membuat album pada tahun 1989, tetapi ketika Mahesh Bhatt mendengarnya, dia memutuskan untuk membuat film dan dia meminta Gulshan Kumar untuk hal yang sama.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Kumar Sanu mendapatkan popularitas dengan lagu-lagu dari album ini dan memenangkan penghargaan Filmfare pertamanya.
Anuradha Paduwal
No Judul Penyanyi Penulis lirik Dibintangi Panjang
1 "Jaane Jigar Jaaneman" Kumar Sanu, Anuradha Paudwal Sameer Rahul Roy, Anu Agarwal 05:15
2 "Main Duniya Bhula Doonga" Kumar Sanu, Anuradha Paudwal Sameer Rahul Roy, Anu Agarwal 05:19
3 "Bas Ek Sanam Chaahiye (male)" Kumar Sanu Sameer Rahul Roy 06:14
4 "Nazar Ke Saamne" Kumar Sanu, Anuradha Paudwal Sameer Rahul Roy, Anu Agarwal 05:36
5 "Tuu Meri Zindagi Hain" Kumar Sanu, Anuradha Paudwal Sameer Rahul Roy, Anu Agarwal 04:46
6 "Dil Ka Aalam" Kumar Sanu Madan Pal Aamna Shariff, Rohit Kumar 05:01
7 "Ab Tere Bin" Kumar Sanu Sameer Rahul Roy, Anu Agarwal 05:46
8 "Dheere Dheere Se" Kumar Sanu, Anuradha Paudwal Rani Malik Rahul Roy, Anu Agarwal 05:31
9 "Mera Dil Tere Liye" Anuradha Paudwal, Udit Narayan Sameer Rahul Roy, Anu Agarwal 04:36
10 "Bas Ek Sanam Chaahiye (female)" Anuradha Paudwal Sameer Anu Agarwal 06:11
11 "Jaane Jigar Jaaneman (II)" Kumar Sanu, Anuradha Paudwal Sameer Rahul Roy, Anu Agarwal 03:59
12 "Dil Ka Aalam (II)" Nitin Mukesh Madan Pal 04:40

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Rakesh Bandhu dari Planet Bollywood memberikan album 9 bintang yang mengatakan, "Aashiqui sukses dalam dirinya sendiri. Ini benar-benar koleksi komposisi yang indah oleh Nadeem-Shravan."[8] The soundtrack became very popular upon release, becoming the best selling Bollywood soundtrack of the year by a wide margin.[10]

Album soundtrack terjual 20  juta unit.[4] Ini menjadikannya album Bollywood soundtrack terlaris sepanjang masa,[5] serta salah satu album terlaris dari genre apa pun di India.

Dheere Dheere[sunting | sunting sumber]

versi cover dari lagu "Dheere Dheere Se" kemudian dilakukan oleh artis Indi-pop Yo Yo Honey Singh, dirilis sebagai "Dheere Dheere" pada tahun 2015.[6] Video musik lagu, yang menampilkan Hrithik Roshan dan Sonam Kapoor, memiliki lebih dari 250 juta penayangan, per 4 Desember 2017.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://ibosnetwork.com/asp/filmbodetails.asp?id=Aashiqui/
  2. ^ Nihalani, Govind; Chatterjee, Saibal (2003). Encyclopaedia of Hindi Cinema (dalam bahasa Inggris). Popular Prakashan. hlm. 44. ISBN 9788179910665. 
  3. ^ "Aashiqui fourth best album". Diakses tanggal 10 December 2011. 
  4. ^ a b "India Today". India Today (dalam bahasa Inggris). Aroon Purie for Living Media India Limited. 19: 70. 1994. 
  5. ^ a b "Music Hits 1990-1999 (Figures in Units)". Box Office India. 2 January 2010. 
  6. ^ a b "Nadeem Saifi to take legal action against Honey Singh". Asian Age. 7 May 2016. 
  7. ^ "Aditya, Shraddha right choice for 'Aashiqui 2': Mohit Suri". The Times Of India. 10 July 2012. 
  8. ^ a b "Aashiqui Music Review". Diakses tanggal 23 October 2011. 
  9. ^ "EXCLUSIVE- Nobody has broken the music record of Aashiqui". 
  10. ^ "Internet Archive Wayback Machine". Web.archive.org. 2009-01-22. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-02-15. Diakses tanggal 2012-05-09. 
  11. ^ Dheere Dheere Se Meri Zindagi Video Song (OFFICIAL) di YouTube

Pranala luar[sunting | sunting sumber]